Akuratkah Test Pack untuk Uji Kehamilan?

Selamat siang, Dok,

Hari pertama haid terakhir (HPHT) saya biasanya di akhir bulan dan seharusnya hari ini saya sudah haid, tapi saya sudah beberapa hari belum haid. Saya sudah cek dengan test pack dan ternyata garis-garisnya 2, apakah memang positif hamil Dok? Satu lagi Dok, tapi itu membaca kadar hCG kan ya Dok? Apakah hCG yang dihasilkan sama juga pada wanita yang tidak hamil?

Terima kasih sebelumnya.

Wati

Ê

Jawaban:

Dear Ibu Wati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Dua garis tipis menunjukkan hasil yang positif, yang berarti peluang Anda hamil pada kondisi ini sangat besar. Namun memang tanda tersebut masih memiliki kemungkinan menunjukkan hasil positif palsu. Yang dimaksud dengan positif palsu adalah hasil pemeriksaan test pack positif, tapi sebenarnya belum terjadi kehamilan.

Beberapa penyebab terjadinya positif palsu, di antaranya karena kondisi urine yang terlalu lama ditampung sebelum dilakukan pemeriksaan test pack, pengaruh obat atau bahan kimia (obat terapi kesuburan, obat diuretik, obat anti parkinson,Êdan konsumsi vitamin C dosis tinggi), serta adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta.

hCG (human chorionic gonadotropin) adalah hormon yang diproduksi pada masa kehamilan, yang dibuat oleh embrio segera setelah pembuahan dan selanjutnya oleh syncytiotrophoblast (bagian dari plasenta). Jadi terkait dengan pertanyaan Anda, pada wanita yang tidak hamil tentu saja tidak ditemukan hormon hCG ini.

Kami sarankanÊAnda untuk melakukan tes kembali satu minggu ke depan, dan jika ingin lebih yakin, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang yang lebih akurat untuk mendiagnosis kehamilan, seperti USG abdomenÑyang dapat melihat apakah sudah terdapat kantong janin di dalam rahim. Bila pemeriksaan kehamilan menunjukkan positif hamil, sebaiknya Anda membaca rambu-rambu selama kehamilan berikut ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Dyah Novita Anggraini

Leave a Reply