Cara Alami Atasi Susah Tidur

Ketika badan lelah ingin istirahat, namun mata tak kunjung terpejam, rasanya tentu sangat menyebalkan. Apalagi di kepala Anda sudah terbayang-bayang padatnya jadwal kegiatan Anda esok hari. Atau ada meeting penting yang memerlukan pikiran yang fokus dan segar.
Ê
Jangan langsung meminum obat tidur yang dijual bebas untuk mengobati susah tidur Anda. Cobalah tempuh dulu cara alami untuk mengobati gangguan tidur Anda. Siapa tahu dengan cara sederhana Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak.Ê
Ê
Ê

Rebusan Daun Kangkung

Konon daun kangkung bisa membantu Anda cepat mengantuk. Caranya, bersihkan daun kangkung pada bagian batang bawah. Rebus tiga gelas air hingga mendidih. Lalu masukkan daun kangkung bersama dengan dua genggam daun seledri, dan biji pala secukupnya. Rebus terus hingga air menjadi sisa 1 gelas. Agar rasa lebih manis Anda bisa menambahkan madu sebanyak satu sendok teh. Minum setelah makan malam dan sebelum tidur.
Ê

Mandi Air Hangat

Salah satu cara mengobati susah tidur yaitu dengan cara mandi air hangat. Mandi menggunakan air hangat bisa merelakskan otot-otot tubuh dan memperlancar peredaran darah, sehingga Anda merasa relaks dan ujung-ujungnya mengantuk. Untuk hasil yang lebih baik, campur air hangat untuk mandi dengan beberapa tetes minyak esensial lavender.
Ê

Berjemur

Cara lain untuk mengobati susah tidur yaitu dengan berjemur. Tak harus di pantai, tapi pastikan Anda mendapat cukup sinar matahari saat pagi dan siang hari. Saat bangun tidur, langsung buka jendela dan keluarlah menyambut sinar mentari. Kalau cuaca sedang mendung, Anda bisa menggunakan lampu sinar ultraviolet pada pagi hari.
Ê

Olahraga

Gerakkan tubuh Anda setidaknya 30 menit per hari. Namun hindari olahraga yang terlalu keras pada pagi dan malam hari. Sebelum tidur Anda bisa melakukan pose-pose yoga yang membantu Anda tidur lebih baik. Beberapa gerakan yoga yang membantu Anda cepat tidur adalah, childÕs pose, supported bridge, legs up the wall, dan reclined spinal twist.
Ê

Buat Jurnal

Bukan jurnal ilmiah tentunya, tapi jurnal kecemasan. Jika ada sesuatu hal yang terbersit di pikiran Anda ketika Anda mencoba tidur, tulis pada sebuah kertas, sehingga Anda bisa melihat lagi pada hari berikutnya.
Ê

Hindari Makanan dan Minuman yang Membuat Susah Tidur

Beberapa bahan dalam makanan dan minuman dipercaya bisa membuat mata Anda susah terpejam untuk tidur. Minuman yang mengandung kafein misalnya, sebaiknya jangan dikonsumsi malam hari atau tidak usah minum kopi seharian. Minuman yang beralkohol juga sebaiknya dihindari setidaknya 2 jam sebelum tidur. Makanan tinggi gula juga bisa membuat Anda susah tidur. Begitu pula makanan yang tinggi lemak. Lemak memperlambat pencernaan, sehingga bisa membuat pencernaan Anda terasa tidak nyaman.
Ê

Leave a Reply