10 Langkah Memulai Bisnis Food Truck

All About MoneyAsuransiAsuransi KecelakaanAsuransi KesehatanEntrepreneurship

Memulai Bisnis Food Truck

Tertarik memulai bisnis food truck? 10 langkah memulai bisnis food truck ini bisa jadi modal Anda merancang bisnis food truck.

Tahukah Anda: Food truck pertama kali datang ke Indonesia di tahun 2013. Sejak saat itu lebih dari 50 bisnis food truck bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). Jumlah bisnis food truck di Jakarta mulai tahun 2014 hingga 2015 meningkat 100% dari sebanyak 35 bisnis hingga 70 bisnis.

Lalu bagaimana caranya kalau Anda tertarik membuka bisnis rumahan atau bisnis food truck semacam ini? Apa yang harus mulai Anda lakukan untuk memulai bisnis food truck? Persiapkan semuanya dan tak perlu khawatir yang perlu Anda lakukan adalah coba perhatikan poin-poin di bawah ini lalu mulai membuka bisnis food truck Anda sendiri:

Langkah Pertama Memulai Bisnis Food Truck: Urus Lisensi

Mengurus izin tentunya jadi prioritas. Nah¸perizinan seperti Sertifikat Departemen Kesehatan, izin truk, mengizin permohonan parkir semuanya bisa Anda mulai lakukan sendiri dengan mengurusnya ke pemerintah setempat. Sebagai informasi coba cari berbagai informasi lengkapnya untuk situs remi DKI Jakarta: www.jakarta.go.id untuk area Jawa Barat: www.jabrprov.go.id dan untuk area Bali, situs resmi yang bisa Anda kunjungi adalah www.baliprov.go.id

Langkah Kedua Memulai Bisnis Food Truck: Miliki Mobil atau Truk

Membuka bisnis food truck tentunya Anda membutuhkan si truk kesayangan untuk tempat berjualan Anda. Nah, bila Anda telah memiliki truk Anda hanya cukup memodifikasinya saja sesuai dengan tema brand produk yang Anda ingin jual. Atau pilihan lainnya, Anda bisa membeli truk baru dengan modal yang Anda miliki atau melakukan kredit mobil. Ingat, pilihlah kendaraan yang besar saat Anda memilih. Agar nantinya, Anda bisa banyak memasukkan segala alat dan bahan operasional Anda berjualan.

Langkah Ketiga Memulai Bisnis Food Truck: Tentukan Menu Makanan

Tacos, nachos, sandwiches, cupcakes, pastry, kopi, milkshakes, mie ramen, es krim, yoghurt, frozen yoghurt, sate padang, martabak, kebab, atau nasi kotak? Hmmm… banyak sekali ragam pilihan menu makanan untuk bisnis food truck Anda. Triknya, Anda harus memilih mana menu makanan yang akan jadi menu makanan utama dan menu unggulan lainnya. Agar nantinya konsumen memiliki banyak pilihan. Oh ya, pastikan juga Anda mengemasnya dalam kemasan yang unik.

Langkah Keempat Memulai Bisnis Food Truck: Buat Rencana Bisnis

Rencana yang Anda buat seharusnya hingga detail. Mulai dari langkah pertama Anda harus menentukan tujuan bisnis, mengelola modal sebaik mungkin mulai dari penjabaran kebutuhan keuangan dari biaya perijinan, biaya bahan baku, juga biaya-biaya pendukung lainnya. Anda juga harus membuat gambaran keuntungan dan kerugian, lalu menjabarkan rencana bisnis dan manajemen hingga mendesain brand dan produk Anda. Tips: Cari tahu berapa banyak produk yang perlu Anda jual setiap bulannya untuk menggambarkan keuntungan. Jika Anda mengambil pinjaman, Anda setdaknya harus memperhitungkan kemampuan Anda untuk membayar cicilan pinjaman dari keuntungan bisnis Anda.

Langkah Kelima Memulai Bisnis Food Truck: Atur Anggaran

Banyak cara untuk mendapatkan modal bisnis Anda. Salah satunya adalah Anda bisa membuat rencana keuangan dengan melakukan pinjaman dari bank. Tipnya, Anda harus tahu seberapa banyak down payment (DP) yang dapat Anda bayar dan berapa banyak bunga yang akan Anda bayar selama masa pinjaman. Anda memerlukan perencanaan bisnis yang jelas dan membuat gambaran keuntungan dan kerugian bisnis Anda. Sehingga, setidaknya Anda dapat membayar pinjaman dari keuntungan bisnis yang Anda dapatkan.

Langkah Keenam Memulai Bisnis Food Truck: Beli Asuransi

Sebelum bisnis berjalan dan dapat mengembalikan modal Anda, sebaiknya lebih berhati-hati mengatur keuangan Anda bukan? Nah, jangan sampai malah Anda harus membayarkan segala biaya rumah sakit atau perbaikan kendaraan saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk melindungi aset kendaraan Anda dan diri sendiri adalah dengan membeli asuransi kendaraan dan asuransi kecelakaan diri. Cari produk asuransi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda ya.

Memulai bisnis food truck

Langkah Ketujuh Memulai Bisnis Food Truck: Cari Tempat Parkir

Lokasi yang strategis, jadi prioritas bisnis. Tapi bukannya cuma pertimbangan tempat yang ramai yang bisa Anda jadikan lokasi berdagang. Semua hal ada aturannya. Hubungi pemerintah setemoat untuk mendapatkan info mengenai larangan parkir, agar Anda bisa menghindari lokasi-lokasi tersebut untuk berdagang. Coba urus perijinan di sekitar taman kota, atau catat tanggal acara-acara besar atau festival food truck yang digelar di area Anda.

Langkah Kedelapan Memulai Bisnis Food Truck: Tetap Terhubung

Dalam bisnis semakin luas jaringan Anda akan semakin banyak hal yang bisa meringankan Anda. Bukan tidak mungkin dengan kenalan-kenalan dan pertemanan ini Anda mendapatkan banyak referensi konsumen. Jadi, sangat cerdas bila Anad bergabung dengan asosiasi food truck juga menjalin hubugan baik dengan asosiasi pedagang makanan lainnya. Sebagai pemula di bisnis ini, nantinya Anda akan dapat banyak mendapatkan masukan dan info yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Langkah Kesembilan Memulai Bisnis Food Truck: Manfaatkan Media Sosial

Instagram, Facebook, Twitter, hingga website. Yup, manfaatkan media sosial yang Anda miliki untuk mempromosikan brand Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan mulai dari membuat akun brand sendiri lalu mempromosikannya dari akun pribadi Anda, atau mandiri membuat kontennya. Hal terpenting dengan menggunakan media sosial brand Anda akan mudah terhubung dengan pelanggan, juga Anda bisa dengan mudah menginformasikan lokasi di mana Anda berjualan, dan Anda bisa melakukan berbagai program mulai dari promosi brand hingga menggelar kuis.

Langkah Kesepuluh Memulai Bisnis Food Truck: Konsistensi untuk Mengembangkan Bisnis

Sukses sepenuhnya berada di tangan Anda. Terus kembangkan ide-ide unik untuk mempromosikan brand Anda. Semakin besar bisnis dan semakin unik ide Anda, semakin banyak pelanggan yang akan mempromosikan bisnis Anda.

Leave a Reply