3 Dana Penting Sebelum dan Setelah Melahirkan

All About MoneyFamily

Biaya persalinan tidak murah. Persiapkan semua dana penting sebelum dan setelah melahirkan agar kehadiran si kecil menjadi kebahagiaan yang sempurna.

Umumnya pasangan suami istri akan berbahagia ketika mengetahui mereka akan punya anak. Apalagi bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Bayangan anak yang lucu dan menambah keseruan keluarga akan muncul. Namun, kenyataannya tak selalu indah seperti yang dibayangkan. Ada kerepotan dan beban yang akan muncul, termasuk beban keuangan.

Sudah Siapkan Dana Penting Sebelum dan Setelah Melahirkan?

Masalah beban keuangan ini bisa dihindari atau setidaknya dikurangi bila Anda mempersiapkan dana sejak dini. Berikut ini tiga dana penting yang perlu dipersiapkan mulai dari kehamilan hingga pasca melahirkan:

Biaya Dokter dan Perlengkapan Bayi

Ketika istri positif hamil, pasangan suami-istri harus mulai mempersiapkan pos-pos keuangan. Biaya periksa ke dokter, membeli susu dan vitamin bagi ibu hamil, membeli baju hamil dan perlengkapan bayi adalah beberapa pos anggaran yang harus dipersiapkan. Agar bisa berhemat Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa cara. Misalnya membeli baju hamil yang bisa dipakai sepanjang masa kehamilan. Jadwal pemeriksaan juga bisa dilakukan bergantian antara dokter dan bidan. Misalnya bulan genap periksa ke dokter dan bulan ganjil periksa ke bidan.

BACA JUGA: Hitung-hitungan Biaya Masa Depan Anak

Persiapan Biaya Persalinan

Salah satu pos yang memerlukan persiapan matang adalah biaya persalinan. Bila persalinan dilakukan dengan normal, biayanya tidak terlalu besar. Tapi bila proses persalinan dilakukan dengan operasi, biaya akan menjadi mahal. Sebagai gambaran, biaya persalinan normal di bidan bisa kurang dari Rp1 juta. Sementara persalinan normal di rumah sakit berkisar Rp3 juta-Rp15 juta, tergantung pilihan kamar dan rumah sakitnya. Bila persalinan harus melalui proses operasi, biaya lebih besar lagi berkisar Rp15 juta-Rp45 juta.

BACA JUGA: Ingin Program Punya Anak Lagi? Jangan Lupa 2 Hal Ini

Biaya Setelah Melahirkan

Biaya setelah melahirkan juga harus dipersiapkan sejak dini. Setelah kelahiran anak, akan ada biaya seperti periksa ke dokter, imunisasi, pembelian popok, susu, dan biaya pengasuh bila diperlukan. Biaya-biaya tersebut tidak sedikit. Bila beberapa biaya di atas ada yang menanggung seperti asuransi kesehatan dari kantor, tentu sangat membantu. Bila tidak, ada baiknya Anda harus mempersiapkan sendiri. Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan bagi Anda, pasangan, dan si kecil.

BACA JUGA: Dana Penting untuk Anak Berkebutuhan Khusus

 

Leave a Reply