4 Cara Cerdas Melunasi Kartu Kredit

All About Money

Meskipun kartu kredit memberikan kemudahan untuk Anda mendapatkan barang yang diinginkan, tetapi bukan berarti Anda bisa melakukannya terus menurus yang justru menjadi boomerang untuk hidup Anda. Sebab, jika Anda terlilit utang, tentu banyak faktor yang harus dikorbankan untuk melunasi kartu kredit.

Kartu kredit merupakan alat transaksi pembayaran yang memberikan banyak manfaat. Salah satunya memberikan keringanan dalam bertransaksi dengan mendapatkan pinjaman dari pihak bank terlebih dahulu dan Anda bisa membayarnya dengan dicicil (sesuai ketentuan) dalam tempo yang sudah ditentukan. Namun, kemudahan ini sering sekali disalah gunakan. Masih banyak masyarakat yang tertipu dan berdampak boomerang untuk kehidupannya.

Tidak sedikit masyarakat yang kelilit utang kartu kredit dikarenakan tidak bisa mengaturnya dengan baik. Namun, setiap musibah tentu bisa diatasi jika ada kemauan dan niat untuk menyelesaikannya. Anda sedang mengalami utang kartu kredit yang menumpuk, berikut ini cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk melunasi kartu kredit.

Hentikan Sementara Penggunaan Kartu Kredit

Utang yang menumpuk membuat kondisi finansial Anda bermasalah. Ketika Anda hendak melunasi kartu kredit, ada baiknya untuk menghentikan semua transaksi menggunakan kartu kredit. Hal ini dilakukan agar tidak ada tagihan baru dan Anda bisa lebih fokus terlebih dahulu untuk melunasinya.

Membuat Skala Prioritas

Tip kedua ini bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki utang lebih dari satu kartu kredit. Buatlah skala prioritas dari utang yang terbesar hingga yang terkecil. Anda bisa melunasi kartu kredit dari jumlah utang dan bunga yang lebih besar terlebih dahulu.

Gunakan Aset dan Tabungan

Jika memang tidak bisa melunansi kartu kredit dengan penghasilan perbulan, Anda bisa mencoba hal lain dengan menjual aset yang dimiliki atau menggunakan tabungan. Tentu cara ini lebih baik dibanding Anda harus menggali lubang baru untuk menutup lubang yang lama. Meskipun setelah menjual aset dan menggunakan tabungan masih belum melunasi kartu kredit sepenuhnya, setidaknya utang Anda berkurang dan sedikit meringankan beban.

Mencari Pemasukan Tambahan

Cara ini tentu harus dilakukan agar Anda bisa melunasi kartu kredit dengan cepat. Dengan mencari pemasukan tambahan, Anda bisa membayar hutang dengan nominal yang lebih besar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan, seperti mencari pekerjaan tambahan di luar jam normal kerja atau membuka usaha yang memiliki keuntungan besar.

Kini, Anda sudah tahu cara melunasi kartu kredit. Memulai melunasi kartu kredit memang berat, namun dengan kemauan kerasa dan aksi nyata dari Anda pribadi seharunya tidak menjadi satu hal yang sulit. Apakah Anda pernah melunasi kartu kredit dan punya trik lain? Share ya ke Futuready.com dengan mengisi kolom komentar di bawah!

Comments are closed.