4 Trik Agar Tak Rugi Membeli Mobil Bekas

All About Money

Membeli mobil bekas bila dilakukan dengan cermat bisa menguntungkan Anda. Tapi bila salah pilih bisa membuat rugi.

Bagi Anda yang baru pertama kali akan membeli mobil dengan budget yang minim, mencari mobil bekas mungkin bisa jadi pilihan. Salah satu keuntungan membeli mobil bekas adalah harganya yang lebih murah dibanding mobil baru. Pilihan mobil bekas sekarang ini juga semakin banyak. Selain datang ke dealer mobil bekas, Anda bisa mencari mobil di toko jual beli online.

Meskipun pilihan banyak dan harga relatif terjangkau, Anda harus berhati-hati sebelum membeli mobil bekas. Bila salah pilih, mobil bekas yang Anda beli bisa merongrong keuangan Anda.

Perhatikan dan lakukan beberapa hal berikut ini agar tidak rugi saat membeli mobil bekas:

Cek Kelengkapan Surat

Hal pertama ketika Anda sudah tertarik dengan sebuah mobil bekas, pastikan surat-suratnya lengkap. Cocokkan juga nomor mesin dan nomor rangka. Bila surat-surat tidak lengkap tinggalkan dan jangan membelinya. Bila surat-surat tidak lengkap atau bermasalah, Anda akan menemui banyak masalah di kemudian hari seperti kesulitan saat akan balik nama. Anda pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengurusan surat kendaraan.

BACA JUGA: Asuransi Kendaraan All Risk atau Total Lost Only: Lebih Untung Mana?

Teliti Bodi Mobil

Perhatikan dengan saksama bodi mobil. Bukan hanya cat yang mengilap. Perhatikan juga apakah ada bagian bodi yang penyok atau tidak. Cek juga apakah mobil pernah terendam banjir. Cara mengeceknya adalah dengan membuka ruang mesin. Bila pernah terendam banjir, biasanya ada garis bekas air pada dinding kabin mesin.

Uji Kinerja Mesin

Cek juga kinerja mesin. Salah satu caranya adalah dengan mendengar suara mesin. Bila masih bagus umumnya suara mesin masih halus dan tidak keluar asap dari knalpotnya. Bila suara mesin kasar dan knalpot mengeluarkan asap, lebih baik mencari alternatif lain.

BACA JUGA: 5 Checklist Memilih Asuransi Kendaraan

Lakukan Ini Bila Tak Paham Mobil

Sama sekali tak paham seluk beluk mobil? Anda bisa mengajak mekanik yang Anda kenal. Seorang mekanik umumnya tahu apakah kondisi mobil masih bagus atau tidak. Lebih baik membayar sedikit ongkos ke mekanik, tapi bisa mendapat barang bagus. Daripada memilih sendiri tapi dapat mobil dengan kualitas jelek.

Semoga 4 trik agar tak rugi membeli mobil bekas ini benar-benar bisa membantu Anda saat ingin membeli mobil bekas. Dengan begitu mobil impian akan bisa Anda dapatkan dan keuangan Anda pun aman. Setelahnya, Anda tinggal melengkapi kendaraan Anda dengan asuransi agar Anda lebih tenang mengendarainya ke manapun.

BACA JUGA: Belanja Asuransi Online: Cepat Gak Pakai Ribet

 

Leave a Reply