5 Cara Baru Proteksi Keuangan 2017 untuk Anda

Proteksi Keuangan 2017

Tahun baru, resolusi keuangan baru,

dan tentunya 5 cara baru ini bisa Anda terapkan untuk proteksi keuangan!

Resolusi keuangan Anda tahun ini harus tetap meningkat. Jangan lagi, mengeluh, “Tanggal masih muda, tapi kondisi dompet sudah kosong”. Lalu, apa kabar Anda sampai gajian berikutnya? Sudah waktunya meninggalkan sisi-sisi gelap itu. Tahun baru, strategi baru. Dan tentunya waktunya Anda kembali mulai memproteksi keuangan di tahun ini.

Kalau bisa, tahun ini Anda harus kembali lagi bisa berada dalam kondisi keuangan yang stabil, bisa liburan, dan deret angka di buku rekening semakin memanjang.

Jadi, segera mulai dengan 5 langkah mudah mengatur keuangan Anda dengan cara-cara berikut dari Futuready.

Pembagian Gaji

Ramit Sethi, penulis I Will Teach You to Be Rich, memecahkan pengaturan keuangan ke dalam empat kategori dengan masing-masing persentasi yang berbeda:

1. Pengeluaran Pokok

Untuk pengaturan pokok, Sethi memasang angka 50-60% dari gaji Anda. Semua di kategori ini akan berisi pengeluaan seperti biaya sewa rumah, makan, pulsa, segala cicilan, pakaian, internet, hingga biaya asuransi kesehatan.

2. Investasi

Sethi memasang angka 10% dari gaji Anda untuk berinvestasi. Di post ini termasuk biaya untuk jaminan pensiun Anda. Kalau selama ini Anda belum memilikinya, akhir bulan ini saat yang tepat untuk Anda mulai memasukkan kategori ini dalam pengaturan keuangan.

3. Tabungan

Sebesar 5-10% dari tabungan Anda akan ditujukan untuk tabungan. Spesifikasi tabungan ini Anda gunakan untuk apa, itu tergantunya Anda sendiri. Anda bisa memakai tabungan untuk liburan, mencicil rumah, atau rencana Anda untuk melanjutkan pendidikan.

4. Guilt-free Spending

Sethi tahu benar kalau Anda pun butuh hiburan. Nah, sebesar 20-35% dari gaji Anda silakan untuk digunakan untuk bersenang-senang. Mulai dari tiket nonton, nongkrong di bar, beli games terbaru, pokoknya apa saja yang Anda inginkan.

Proteksi Keuangan 2017

Buka Tabungan Tanpa ATM

Sebelumnya, sudah ada kan pembagian untuk tabungan dari setiap gaju bulanan Anda. Nah, untuk membuatnya semakin “aman”, Anda harus membuka rekening tabungan tanpa ATM. Jadi setiap bulannya 5-10% gaji Anda akan aman tersimpan di rekening tanpa ATM ini. Bukan apa-apa, pengeluaran tak akan terasa bila Anda selalu membayar dengan debet dan menggesek kartunya.

Proteksi Keuangan 2017

Gunakan Selalu Uang Tunai

Demi mengatur keuangan Anda, sebaiknya mulai kebiasaan untuk tidak membawa kartu ATM setiap kali Anda pergi. Anda bisa menyiapkan uang tunai sejumlah yang Anda butuhkan. Dengan ATM, biasanya tanpa sadar timbul keinginian untuk terus menarik uang atau membayar belanjaan dengan uang dalam rekening Anda.

Proteksi Keuangan 2017

Sesuaikan Gaya Hidup

Anda mungkin melihat fashion items, tempat nongkrong, atau gadget yang sedang tren. Yakin mau mengikuti hal tersebut terus-menerus? Anda harus pintar mengendalikan diri dan memilah mana kebutuhan dan gaya hidup yang cocok. Tren selalu berubah, kalau Anda terus mengejarnya bisa jadi tak akan pernah ada sisa dari tabungan Anda.

Proteksi Keuangan 2017

Gaya Hidup Sehat

Sudah kerja begitu rajin, jangan sampai gaji Anda habis karena harus membayar biaya rumah sakit. Rutinlah berolahraga dan jaga asupan makanan Anda. Menurut Prita Hapsari Ghozie dalam tulisannya Mengenal Proteksi Keuangan yang dimuat oleh Kompas, Sabtu, 10 Desember 2016 lalu, salah satu solusi untuk memproteksi keuangan keluarga yang berkaitan dengan hilangnya potensi penghasilan adalah polis asuransi jiwa. Asuransi berfungsi sebagai proteksi atas kondisi keuangan. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi bila sakit atau sesuatu terjadi pada anggota keluarga. Sebab asuransi akan menanggungnya.

Asuransi Kesehatan: Proteksi perlindungan risiko atau kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Proteksi Kuangan 2017

Leave a Reply