5 Karakter Pengusaha Sukses

Meraih kesuksesan dalam bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk menjadi seorang pengusaha sukses dibutuhkan karakter tertentu.

All About Money

Meraih kesuksesan dalam bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk menjadi seorang pengusaha sukses dibutuhkan karakter tertentu. 
Menjadi pengusaha atau wirausaha sukses merupakan impian hampir setiap orang. Namun, hanya sedikit orang yang mampu meraih kesuksesan karena jalan yang ditempuh tidaklah mudah. 
Di awal perjalanan memulai bisnis pasti akan ada hambatan-hambatan yang ditemui. Akan tetapi seorang calon wirausaha sukses harus mampu mengubah persepsi meskipun gagal, karena kegagalan bukan akhir dari segalanya tetapi merupakan pembelajaran. 
Ingin menjadi wirausaha sukses? Berikut beberapa karakter yang paling tidak harus Anda miliki dalam diri Anda agar dapat berhasil. 
1. Motivasi tinggi 
Tantangan seorang pengusaha lebih besar ketimbang seorang karyawan. Ada banyak hambatan di jalan menuju sukses. Oleh karena itu perlu motivasi tinggi untuk melewatinya. Banyak orang berpikir menjadi pengusaha sukses dapat diraih secara instan. Akan tetapi, umumnya pengusaha sukses mengatakan bahwa kesuksesannya didorong oleh semangat dan motivasi tinggi. 

2. Berani ambil risiko 
Berani mengambil risiko bukan berarti bertindak tanpa pertimbangan. Mereka yang sukses berani akan memilih langkah yang menurut kebanyakan orang sangat berisiko. Biasanya risiko yang tinggi mendatangkan hasil yang tinggi pula, high risk, high return. Seseorang yang takut untuk mengambil risiko sebaiknya memang jangan berbisnis. Sebaliknya bagi mereka yang berani mengambil risiko juga perlu untuk mengidentifikasi risiko dan implikasinya terhadap keputusan yang dibuatnya. 
3. Visioner
Visi adalah gambaran masa depan yang ingin diraih. Tentukan dengan jelas bisnis apa yang ingin Anda bangun. Dengan memiliki visi yang jelas, jalan yang akan ditempuh semakin fokus. Salah satu contohnya pengusaha batik tradisional ingin produknya masuk etalase mal sehingga target pembelinya bisa lebih beragam mulai dari menengah sampai ke atas. 
4. Inovatif 
Jika dulu trik bisnis yang biasa dilakukan adalah mengamati dan meniru. Pengusaha biasanya mengamati tren yang sedang berjalan dan menirunya. Namun, kadang dalam jangka waktu dan keadaan tertentu, Anda harus menciptakan produk dan pelayanan berbeda dan unik dibanding produk lain yang sejenis untuk meningkatkan bisnis Anda. Jika Anda berbisnis makanan, memberi nama menu makanan dengan nama yang unik, interior yang khas, dan pelayanan yang ramah bisa menjadi salah satu pembeda bagi restoran Anda. 
Jika produk akan lebih baik jika bisa berinovasi, membuat sesuatu yang baru. Seperti yang dilakukan Steve Jobs ketika membuat iPod yang mudah dibawa dan nirkabel di saat pemutar musik masih mengandalkan CD atau kaset. 
5. Tahan banting 
Pengusaha disebut gagal jika berhenti dan menyerah pada suatu keadaan. Pengusaha sejati tidak mudah menyerah. Ketika satu pintu ditutup, maka pintu lain akan terbuka. Masih banyak arena pertarungan lain yang akan bisa mengantarkannya pada kesuksesan sejati. 
Seperti yang ditulis oleh Ester Meryana dari situs bisniskeuangan.kompas.com (13/12/2011), salah satunya adalah Hendy Setiono yang pernah menjajal bisnis industri makanan. Usahanya memang gulung tikar karena pengelolaan yang kurang tepat namun dia tidak berhenti. Hendy justru beralih ke bisnis kuliner yang menjual jenis makanan yang berbeda dari sebelumnya dan akhirnya sukses besar berkat sistem franchise
Jadi, sudah siap menjadi pengusaha? Semoga sukses, ya!

Leave a Reply