5 Langkah Hemat Biaya Sosialisasi

Kebutuhan untuk bersosialisasi sering kali menguras isi kantong. Bagaimana cara berhemat?

All About Money

Pernahkah Anda menghitung berapa uang yang dikeluarkan untuk sosialisasi, misalnya menghadiri pesta ulang tahun sahabat, reuni dengan teman sekolah, arisan dengan tetangga, dan hang out dengan rekan kerja? Dana untuk sosialisasi ini sering kali terlewat dari rencana keuangan rumah tangga. Akhirnya, tanpa Anda sadari pengeluaran untuk sosialisasi membengkak. Jika ingin berhemat, tentukan dana untuk bersosialisasi dalam anggaran. Dengan begitu, Anda dapat memantau setiap pengeluarannya. Dalam buku Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya, Perencana Keuangan Prita Ghozie memberikan saran berikut agar bisa menghemat dana sosialisasi:

1. Tetapkan anggaran untuk bersosialisasi dari awal untuk tiap bulannya. Hitunglah berapa kali Anda dapat bersosialisasi dalam sebulan berdasarkan anggaran tersebut. Patuhi anggaran yang telah Anda buat.

2. Gunakan promo diskon dari berbagai deal di internet. Anda dapat menghemat pengeluaran makan, maupun hiburan bersama teman-teman Anda.

3. Pada jam tertentu, tempat hiburan seperti karaoke biasanya memberikan promo happy hour dengan harga yang lebih murah. Mengapa tidak memanfaatkan penawaran menguntungkan tersebut?

4. Bila ingin nonton bioskop dengan teman-teman, pilihlah hari kerja karena harga tiketnya lebih murah dibandingkan akhir pekan.

5. Arisan di rumah dengan sistem potluck atau masing-masing peserta membawa makanan sendiri akan lebih hemat daripada dilakukan di restoran.

Siap menerapkan langkah-langkah di atas? Jika bisa menghemat pengeluaran untuk sosialisasi, Anda bisa mengalokasikan dana yang berhasil disisihkan untuk kebutuhan lain, salah satunya menyiapkan dana darurat. Cek dana darurat yang Anda butuhkan, di sini.

Leave a Reply