5 Solusi Atasi Hutang Hari Raya

Siasati membayar hutang pasca Lebaran tanpa menganggu anggaran keuangan.

All About Money

Siasati membayar utang pasca Lebaran tanpa menganggu anggaran keuangan. 

Sering kali, berapapun Tunjangan Hari Raya (THR) yang diperoleh seakan tidak pernah cukup. Dengan anggapan bahwa segala sesuatu harus baru di hari Lebaran, mulai dari pakaian, peralatan ibadah, bahkan sampai mobil baru untuk mudik, maupun renovasi rumah agar tampak baru, tak heran bila dana THR akhirnya tak tersisa samasekali. 

Apalagi tanpa membuat anggaran pengeluaran THR terlebih dulu, perilaku memaksakan kehendak tersebut dipastikan membuat kebablasan belanja yang berakibat gaji pun ikut terkuras hanya untuk kebutuhan Lebaran, bahkan sampai rela berutang. 

Jika Anda terlanjur meninggalkan utang Lebaran, inilah solusi untuk membayarnya: 

1. Jual atau Gadai Aset 
Jika memiliki aset fisik yang tidak produktif atau tidak memberikan keuntungan yang signifikan, sebaiknya dijual untuk membayar utang ini. Apalagi barang tersebut hanya disimpan di gudang, misalnya lukisan, furnitur atau peralatan elektronik yang tak terpakai lagi. Kalau sulit melepas aset berharga yang punya banyak kenangan, Anda bisa gadaikan dulu ke lembaga pegadaian. 

2. Manfaatkan Emas 
Keunggulan emas sebagai investasi adalah mudah diuangkan dalam waktu cepat. Nilai emas cenderung fluktuatif, jadi perhatikan momentum saat Anda menjualnya apakah harga sedang naik atau justru turun. Nilai emas berbentuk perhiasan cenderung turun dibandingkan bentuk batangan. Disarankan menjual emas yang batangan, kecuali Anda tak mau memakai lagi perhiasan tersebut dan ingin menjualnya. 

3. Gunakan Dana Darurat 
Bila Anda telah menyiapkan dana darurat, mungkin inilah saat yang tepat untuk memanfaatkannya. Namun Anda harus berkomitmen kembali menyisihkan dana dari pendapatan untuk mengganti dana darurat yang telah terpakai. Untuk menghitung dana darurat yang perlu Anda persiapkan, cek di sini. 

4. Cairkan Deposito 
Salah satu keuntungan memiliki deposito berjangka adalah Anda bisa menariknya sesuai waktu yang telah ditetapkan. Meskipun deposito dalam jangka waktu singkat, yakni tiga hingga enam bulanan, namun suku bunga relatif sama. Nah jika Anda memiliki jenis deposito semacam itu dapat dijadikan solusi yang tepat untuk melunasi utang Hari Raya. 

5. Konsolidasi Utang 
Berutang lagi untuk menutupi utang Hari Raya disebut dengan istilah konsolidasi utang. Pilih pinjaman bank yang menawarkan bunga bersuku rendah. Pinjaman pribadi juga bisa menjadi alternatif karena suku bunganya lebih rendah dibandingkan suku bunga kartu kredit.

Leave a Reply