5 Trik Aman Belanja Online

Sebelum klik tombol ÔbeliÕ, pastikan transaksi Anda di toko online benar-benar aman.

All About Money

Ê
Ê
Kondisi jalan yang tak bersahabat membuat kita terkadang enggan mampir ke pusat perbelanjaan hanya untuk membeli sepotong baju. Bukan hanya tidak efisien dari segi waktu, tapi juga biaya untuk bensin dan parkir. Belanja melalui toko online menjadi pilihan yang praktis.

Cukup dengan klik tombol ¥beli¥ di laptop atau gadget Anda, lalu lakukan transaksi pembayaran dengan transfer bank atau kartu kredit, baju yang Anda inginkan bisa diantar sampai pintu rumah Anda. Sehingga Anda bisa lebih hemat biaya transportasi yang bisa dialokasikan untuk menambah simpanan darurat. Untuk mengetahui berapa dana darurat yang Anda perlukan, cek di sini.

Tetaplah berhati-hati saat melakukan transaksi karena belanja onlineÊrentan terhadap modus penipuan. Agar belanja online tetap aman dan tidak merugikan, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.Cek Kredibilitas Toko Online

Ê

Pilihlah toko online yang terkenal dan tepercaya. Pastikan alamat dan nomor kontak ditampilkan dengan lengkap. Carilah ulasan atau testimoni dari konsumen yang pernah membeli produknya untuk mengetahui kredibilitas toko tersebut.

2.Perhatikan Spesifikasi Produk

Ê

Ê

Agar tak salah membeli produk, perhatikan keterangan produk secara detail. Perlu diwaspadai jika toko online tersebut tidak menampilkan spesifikasi serta foto produknya.

3.Waspadai Harga yang Terlalu Murah

Ê

Ê

Jangan terkecoh dengan tawaran harga yang terlalu murah dibandingkan harga pasaran. Termasuk barang bermerk yang ditawarkan dengan potongan harga yang sangat besar dan tak masuk akal. Sebab iming-iming harga murah ini bisa jadi jebakan untuk mengelabui pembeli.

4.Cara Pembayaran

Ê

Ê

Sistem pembayaran untuk transaksi belanja online di Indonesia biasanya dengan transfer bank, kartu kredit, dan COD (cash on delivery) yang lebih aman.

Ê

Untuk mengantisipasi hal-hal seperti pencurian identitas, Prita Ghozie, Perencana Keuangan dari ZAP Finance, memberikan saran agar menggunakan satu kartu kredit saat belanja online. ¥Usahakan untuk menyimpan setiap bukti pembayaran hingga barang dan bukti tagihan datang. Jika ada perbedaan jumlah tagihan dengan harga awal, Anda memiliki bukti yang tidak bisa diperdebatkan,¥ ungkap Prita.
Mengingat banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem PayPal atau Transfer Kirim juga bisa dipertimbangkan.

5.Bacalah Kebijakan dengan Seksama

Ê

Dapatkan informasi tentang kebijakan pengembalian barang, jika barang yang diterima tidak sesuai. Sebab transaksi tidak dilakukan secara tatap muka maka Anda tak bisa mengecek secara langsung kondisi barangnya. Pastikan ada garansi jika barang yang Anda terima dalam kondisi cacat, termasuk menanggung biaya untuk pengembalian barang tersebut.

Ê

Leave a Reply