Apa Arti dan Manfaat VPN Tarumanegara?

All About Money

VPN Tarumanegara merupakan fitur canggih yang membuat transaksi nasabah Bank BCA lebih aman dan nyaman. Terdengar sepele, nyatanya manfaatnya sangat besar.

Perkembangan teknologi begitu memberi manfaat bagi banyak orang, termasuk di industri perbankan. Semua bergerak menyesuaikan perubahan zaman, serba digitalisasi, online, dan terhubung akses internet. Transaksi perbankan makin canggih menggunakan mobile banking maupun internet banking.

Bagi Anda nasabah Bank BCA, pasti sudah tahu dengan layanan mobile banking yang disebut MobileBCA. Anda dapat menggunakan layanan tersebut, dengan lebih dahulu mengunduh aplikasinya di Appstore pada Apple atau Google PlayStore pada android.

Ada satu lagi layanan internet banking dari bank swasta tersebut, yakni KlikBCA. Anda bisa memakai layanan tersebut untuk mengakses rekening dan melakukan transaksi kapanpun dan di manapun lewat ponsel Anda. Tentunya harus terhubung dengan jaringan internet.

Penggunaan layanan internet banking KlikBCA untuk nasabah bisnis, seperti pengusaha harus berurusan dengan yang namanya VPN (Virtual Private Network) Tarumanagara. Bank BCA menjamin keamanan transaksi nasabah dengan adanya VPN tersebut.

Baca juga: Mengenal Lengkap Payment Gateway di Indonesia

Nah, sebenarnya apa sih VPN Tarumanagara, kelebihan, dan bagaimana cara penggunaannya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian VPN Tarumanegara

Pengertian VPN  atau Virtual Private Network merupakan koneksi atau jaringan private internet. Jadi semacam teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik, namun tetap aman karena dapat menerima dan mengirim data secara terenskripsi sehingga nasabah tak perlu khawatir dengan kerahasiaan data akan bocor.

VPN Tarumanegara adalah jaringan yang digunakan oleh Bank BCA dalam transaksi melalui internet. Jadi, beda bank tentu beda pula VPN yang digunakan. Jadi, VPN Tarumanegara hanyalah digunakan oleh Bank BCA dan nasabahnya.

Kelebihan VPN Tarumanegara

Sejatinya, setiap VPN memiliki keunggulan masing-masing, tapi yang utama adalah menjaga data agar tidak bocor. Hal ini pun berlaku pada VPN Tarumanegara yang digunakan oleh Bank BCA. Apa saja kelebihan jaringan satu ini? Ini dia!

Tidak Perlu Mengunduh

Jika pada VPN lain, nasabah harus mengunduh dan menginstal software-nya pada komputer, berbeda dengan VPN Tarumanagara ini. Anda tingga input di https://vpn.tarumanagara.com/, tanpa perlu mengunduhnya.

Terbuka untuk Sistem Operasi Apapun

VPN Tarumanagara sifatnya terbuka atau dapat digunakan di sistem operasi apa saja, seperti Windows, Linux, bahkan untuk ponsel pintar Anda.

Koneksi Internet Tetap Berfungsi untuk Kebutuhan Lain

Menggunakan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis, tidak membuat Anda mati gaya. Sebab, Anda tetap bisa memakai koneksi internet untuk keperluan lain, seperti browsing, chatting pada saat Anda mengakses layanan KlikBCA Bisnis.

Baca juga: Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia

Cara Menggunakan VPN Tarumanegara

Adapun cara menggunakan VPN Tarumanagara antara lain:

Ada Akun KlikBCA Bisnis

Pertama pastinya Anda harus mempunyai akun KlikBCA Bisnis. Jika belum punya, kunjungi kantor pusat atau cabang Bank BCA dan mengajukan pembuatan layanan KlikBCA.

Setelah itu, pihak bank akan memberikan Anda formulir. Kemudian isi formulir dan Anda akan diminta melampirkan dokumen, seperti fotokopi kartu identitas diri atau KTP, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Selanjutnya, Anda akan diberikan KeyBCA, User ID, Corporate ID, PIN KeyBCA, dan cara atau panduan penggunaan KlikBCA Bisnis.

Kunjungi Website Resmi VPN Tarumanagara

Tahap berikutnya, Anda dapat mendaftar VPN Tarumanagara. Caranya kunjungi website KlikBCA Bisnis, lalu klik login.

Kemudian situs akan meminta Anda untuk loginVPN dengan cara klik alamat situs https://vpn.tarumanagara.com/+CSCOE+/logon.html.

Daftar VPN Tarumanagara

Ada dua langkah yang bisa ditempuh untuk dapat mendaftar dan mengakses VPN Tarumanagara, yakni:

– Masukkan username Anda. Username yang digunakan untuk masuk ke VPN Tarumanagara biasanya gabungan dari Corporate ID dan User ID yang sudah diberikan pihak Bank BCA pada saat pengajuan KlikBCA Bisnis sebelumnya.

– Masukkan nama Corporate ID dan User ID tanpa membubuhkan spasi. Disusul password-nya (bisa didapatkan dari KeyBCA Anda/token BCA), lalu tekan APPLI 1. Selanjutnya akan tampil 8 digit angka yang dapat Anda masukkan saat melakukan login.

– Anda harus login kembali. Dengan cara yang sama seperti langkah pertama, namun untuk tahap kedua ini Anda diminta untuk mencantumkan Corporate ID dan User ID pada kolom yang terpisah. Kemudian password bisa Anda dapatkan melalui cara yang sama seperti saat Anda login pertama.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Seputar Rekening Bersama

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tip Menggunakan VPN Tarumanegara

Demi kelancaran pendaftaran maupun penggunaan VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis, perhatikan tip berikut ini:

  1. Anda perlu memastikan jaringan internet stabil agar terhindar dari putus nyambung. Pasalnya jika koneksi internet terputus saat transaksi belum selesai diproses, akun KlikBCA Anda akan keluar secara otomatis lewat sistem VPN Tarumanagara. Dengan begitu Anda harus mulai lagi dari halaman login awal.
  2. Kalau sesi transaksi sudah habis (login ke awal), Anda harus menunggu sekitar 10 menit untuk bisa kembali login.
  3. Jika Anda sudah selesai transaksi, pastikan Anda telah melakukan logout yang sesuai dengan prosedur. Bukan cuma menutup halaman internet, lho, tapi dengan menekan tulisan logout pada bagian sisi kiri atas.

Dengan berbagai layanan digital dari perbankan saat ini, diharapkan semakin memudahkan para pengusaha untuk melakukan transaksi bisnis mereka. Pengusaha harus terus mengikuti perkembangan zaman termasuk untuk mengelola keuangan agar lebih efektif dan efisien. Jadi, bagi Anda yang merupakan nasabah Bank BCA dan memiliki KlikBCA Bisnis, manfaatkanlah VPN Tarumanegara untuk transaksi yang lebih aman dan nyaman tanpa perlu khawatir terjadi kebocoran data.

Comments are closed.