ATM Bersama yang Memudahkan Segala Transaksi

All About Money

ATM Bersama merupakan jaringan ATM pertama di Indonesia yang menguhubungkan antar satu bank dengan yang lain. Tentu memudahkan kebutuhan Anda betransaksi.

Lain dahulu, lain sekarang. Anda juga pasti bersepakat bahwa zaman sekarang sudah tidak sesulit dahulu. Misalkan saja dalam hal transaksi keuangan Anda. Anda yang ingin mengirim uang bisa langsung melakukan transfer ke rekening bank yang dituju. Transfer merupakan salah satu pembayaran masa kini yang sudah beralih secara online. Dahulu, mungkin Anda hanya bisa melakukannya melalui teller di bank atau mesin ATM. Untungnya, sistem ini terbilang singkat prosesnya. Anda hanya membutuhkan internet untuk mengirimnya, baik jauh ataupun dekat jadi gampang deh buat kirim-kirim uang.

Namun, pengiriman uang melalui transfer di mesim ATM memiliki kategorinya masing-masing. Anda bisa mengirim uang langsung tanpa terkena biaya admin jika pengirim dan penerima masih dalam bank yang sama. Namun, jika Anda mengirim uang ke bank berbeda dari rekening yang Anda miliki, tentu akan dikenakan biaya transfer bank.

Dulu, untuk mengirim uang ke benda bank, cukup sulit. Hanya ada beberapa mesin ATM saja yang bisa dan selebihnya hanya menyediakan layanan transfer. Itu pun hanya untuk nasabah yang memiliki rekening yang sama. Akan tetapi, semuanya terus melakukan perubahan dan pengembangan dengan menjalin kerja sama antara pihak bank lain untuk membuka akses transfer antar bank. Dengan memasukkan daftar kode dari bank masing-masing, proses transfer bisa dilakukan baik melalui fasilitas ATM atau mobile banking.

biaya atm bersama

 

Salah satu program yang dihasilkan dari kerja sama itu adalah layanan jaringan ATM Bersama. Jaringan ini terdiri dari beberapa bank seperti BRI, Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN), BNI, dan beberapa bank swasta seperti CIMB Niaga, Danamon, dan Bank Permata. Selain itu, terdapat satu layanan lain yang juga sering digunakan untuk aktivitas transfer antar bank. Jaringan ATM Prima yang terdiri dari bank swasta seperti BCA, OCBC NISP, UOB, dan Bank Bukopin. Bukan hanya bank swasta saja, di jaringan Prima juga ada bank milik pemerintah, di antaranya adalah BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Terakhir, terdapat satu jaringan ATM yang diberi nama LINK, dan jaringan ini hanya berisikan bank milik pemerintah yang terdiri BNI, Bank Mandiri, BTN, dan BRI.

Baca juga: KlikBCA, Memudahkan Anda Bertransaksi!

Perbedaan ATM Bersama, ATM Prima, dan ATM Cirrus

ATM Bersama

ATM Bersama merupakan salah satu jaringan interbank yang ada di Indonesia. Jaringan ini didirikan pada 1993 dan hingga kini telah menggabungkan hingga 21 bank yang ada di Indonesia. ATM ini telah memiliki 70 anggota dan sekitar 17.000 mesin ATM yang ada dan tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan ini dimiliki oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik.

Fasilitas yang ditawarkan dengan melayani koneksi interbank, artinya pada satu mesin ATM, Anda bisa mengakses layanan berupa cek saldo, penarikan uang tunai, serta online transfer antar bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Seperti yang sudah dijelaskan, adapun bank-bank yang tergabung dalam jaringan tersebut antara lain adalah Bank Bukopin, HSBC, Bank daerah (Bank Jatim, Bank Kalbar, Bank DKI, dll), Commonwealth, Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, Bank Mandiri, CIMB Niaga, UOB Indonesia, Citibank, dan masih banyak lagi.

ATM Prima

Sama halnya dengan Anjungan Tunai Mandiri Bersama, ATM Prima juga merupakan salah satu jaringan interbank yang ada di Indonesia dan dimiliki oleh PT Rintis Sejahtera. Perseroan terbatas ini merupakan penyedia jasa komunikasi satelit. Sebelum dikenal dengan ATM Prima, jaringan ini juga dikenal dengan jaringan ATM BCA dan memang merupakan jaringan ATM Bank Central Asia tersebut.

Bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Prima antara lain BCA, Bank Mega, BRI, OCBC NISP, BNI, Bank Maspion, Bank Mandiri Syariah, CIMB Niaga, dan masih banyak lagi. Kini ATM Prima telah dapat digunakan di lebih dari 73.000 ATM di Indonesia yang tergabung dalam jaringan ATM Prima. Anda bisa melakukan cek saldo, tarik tunai, serta transfer antar bank secara online selama 24 jam melalui jaringan ATM tersebut.

Baca juga: BNI Internet Banking: Manfaat dan Kelebihan Dalam Bertransaksi

ATM Cirrus

Jaringan yang satu ini merupakan jaringan ATM internasional dan merupakan cabang atau anak perusahaan dari MasterCard. Berbasis di New York, Amerika Serikat dan didirikan pada 1982, jaringan ini menggabungkan kartu MasterCard serta kartu-kartu yang memiliki lambang atau tergabung dalam jaringan Maestro di seluruh dunia. Anda biasanya akan menemukan ketiga logo tersebut (MasterCard, Maestro, dan Cirrus) pada satu kartu.

Negara-negara yang ATM-nya menggunakan jaringan ini bersamaan dengan jaringan lokal mereka antara lain Amerika Serikat, Kanada, Saudi Arabia, Venezuela, Chili, India, dan Bangladesh. Jaringan yang merupakan rival dari Cirrus adalah jaringan Plus yang dimiliki oleh Visa.

Bank-bank di Indonesia yang tergabung dalam jaringan Cirrus antara lain adalah BCA dan BNI. Sehingga bila Anda memiliki kartu ATM bank tersebut dengan logo MasterCard, Maestro, dan Cirrus, maka kartu ATM Anda akan dapat digunakan untuk bertransaksi perbankan selama Anda di luar negeri dan menemukan mesin ATM dengan jaringan Cirrus. Anda bisa melukan tarik tunai hingga berbelanja menggunakan kartu debit berlogo tersebut di hampir 93 negara di seluruh dunia.

Perbedaan lain mengenai ketiga kartu ATM dengan jaringan tersebut adalah besarnya jumlah biaya yang dikenakan pada nasabah setiap kali menggunakan kartu ATM di mesin ATM jaringan tadi. Pada jaringan Cirrus, misalnya, nasabah BCA dan BNI akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000 per transaksi tarik tunai. Cek saldo pun akan memakan biaya Rp5.000. Namun bila Anda melakukan transfer antar bank, maka Anda tidak akan dikenai biaya.

Baca juga: Internet Banking Mandiri: Hanya 5 Menit Daftarnya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Jaringan ATM Bersama dan Prima memiliki tarif yang jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan Cirrus, setiap tarik tunai, Anda akan dikenai biaya Rp7.500. Untuk cek saldo, akan ada biaya sebesar Rp4.000. Serta biaya transfer antar bank tidaklah gratis seperti pada jaringan Cirrus dan Anda akan dikenai biaya sebesar Rp6.500 per transaksi. Tarif administrasi tersebut pun sebenarnya telah naik per 1 Oktober 2014.

Selain bank yang telah kami sebutkan di atas, layanan ATM ini pun akan menggandeng beberapa BPR atau Bank Perkreditan Rakyat ke dalam jaringannya untuk menggenapi 87 bank yang saat ini telah tergabung dalam jaringan ATM tersebut. BPR yang sudah tergabung dalam jaringan tersebut hingga kini antara lain BPR Karyajatnika Sadaya dan BPR Eka Bumi Artha.

Seiring dengan berjalannya waktu, ATM Bersama akan menambah lagi bank lokal yang terdaftar dalam jaringannya guna memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk mengakses dan menggunakan produk perbankan yang kerap digunakan dan telah menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat masa kini.

Comments are closed.