Bagi Freelancer Cerdiklah Dalam Mengatur Keuangan

All About Money

 Bagi para freelancer yang berpenghasilan besar, jangan sampai anggaran keuanga Anda menipis di saat belum ada pemasukan proyek lagi. Bagaimana cara mengatur keuangan bagi para freelancer?

Para pekerja lepas atau freelancer terkadang mempunyai penghasilan yang tidak menentu. Bisa saja dalam bula ini kebanjiran pekerjaan melimpah, tapi belum tentu di bulan-bulan berikutnya ramai pekerjaan yang datang. Di sinilah dibutuhkan para freelancer harus lebih cermat dalam mengatur keuangan. Agar anggaran keuangannya lebih teratur dalam melakukan pengeluaran.

Buat Anggaran

Jangan tergiur untuk menghabiskan penghasilan Anda sekaligus. Anda perlu mengalokasikan dana Anda dengan bijak. Misalnya, Anda bisa membaginya untuk biaya pokok hidup, biaya untuk cicilan, dan biaya-biaya yang berkaitan dengan pekerjaan (seperti transportasi, menjamu klien di kafe, dan lainnya).

Sisihkan Dana Untuk Hal Darurat

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga, Anda perlu menyisihkan dana darurat. Idealnya, dana darurat itu sebesar 12 kali pengeluaran bulanan. Namun jika belum mempunyai dana cadangan sebanyak itu, Anda bisa membeli asuransi dengan biaya di bawah 12 kali pengeluaran, tapi tetap bisa menjamin keperluan darurat Anda, misalnya saat harus dirawat di rumah sakit.

Selain itu, sisihkan pula sebagian penghasilan Anda untuk dana tambahan. Dana ini berguna untuk membayar pajak penghasilan, polis asuransi, tabungan pensiun, atau bahkan untuk dana sosial jika ada saudara atau relasi yang membutuhkan.

Gunakan Aplikasi Pengelola Uang

Beberapa ponsel pintar kini dilengkapi dengan aplikasi pengelola keuangan. Pilih dan gunakan aplikasi yang dapat membantu Anda mengatur keuangan, termasuk mengingat kapan harus membayar tagihan.

Perhitungkan Kapan Dana Cair Saat Proyek Selesai

Secara teori, saat proyek dikerjakan dan sudah selesai, uang akan segera dibayarkan. Tapi sering kali uang baru dibayar setelah melalui proses administrasi yang cukup lama. Anda perlu memperhitungkan waktu pelunasan ini. Sebab sering kali saat uang belum ada, Anda sudah harus memulai proyek lain yang juga butuh dana. Jika ini tidak sinkron, bisa jadi uang yang sudah Anda sisihkan untuk kebutuhan hidup akan terpakai untuk menggarap proyek, sehingga bisa mengganggu rencana keuangan Anda.

Lindungi diri Anda dan masa depan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik. Sebelum pasti pilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, cek lalu bandingkan asuransi kesehatan untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan premi terjangkau di Futuready.com

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.