Cara Jitu Dapatkan Beasiswa Kuliah Unggulan

All About Money

Sulit memang untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Namun, rasa sulit itu bisa menjadi mudah jika Anda fokus dan terus berusaha untuk mengikuti serangkaian persyaratan dan juga tes-tes yang diberikan.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi memang membutuhkan biaya yang besar. Apalagi jika Anda menjurus kepada suatu jurusan tertentu. Misalnya, Anda mengidamkan jurusan kedokteran, arsitektur, dan lainnya. Namun, untuk mencapai itu Anda bisa mendapatkannya tanpa biaya sendiri. Anda bisa melanjutkan pendidikan dengan mengikuti berbagai program beasiswa yang ditawarkan.

Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan berbagai perusahaan ataupun universitas di Indonesia. Namun, untuk mendapatkannya tentu dibutuhkan kerja keras dan juga kemampuan yang tinggi. Setiap perusahaan atau universitas memiliki persyaratannya masing-masing. Jangan khawatir dahulu, secara umum ada beberapa syarat yang semestinya harus Anda siapkan dan lakukan. Apa saja syarat tersebut?

Memiliki Motivasi dan Niat yang Kuat

Di benak Anda mungkin ada banyak keinginan yang harus dicapai. Beasiswa kuliah termasuk salah satu di dalamnya. Jika memang hal ini sudah menjadi keinginan yang harus tercapai, tentu motivasi dan niat biasanya sudah tertanam sangat kuat. Berbeda jika beasiswa bukan prioritas, tentu Anda harus menanamkan motivasi dan juga niat untuk mencapai itu semua. Jika hal itu sudah tertanam, biasanya Anda akan lebih fokus untuk menggapainya.

Tentukan Pilihan Beasiswa Kuliah

Dalam hal menentukan pilihan ada banyak kategori. Seperti, universitas mana yang ingin dituju, jika memang Anda ingin kuliah di luar negeri, tentu harus memilih negara mana yang akan menjadi tempat Anda menuntut ilmu. Selain itu, Anda juga harus menentukan jurusan dan juga minat Anda. Jangan sampai semua ini bukan dari keinginan Anda atau paksaan orang. Biasanya, jika semua yang dilakukan terpaksa, hal ini tidak akan berhasil sesuai harapan.

Tidak Pernah Atau Sedang Menerima Beasiswa Kuliah dari Manapun

Pada saat Anda ingin mengajukan program beasiswa, tentunya pastikan bahwa tidak sedang menerima atau tidak pernah menerima beasiswa dari pihak mana pun.

Memastikan Lulus Secepatnya

Jika sudah bulat untuk mengambil beasiswa, Anda harus memastikan dan berkomitmen untuk bisa lulus secepatnya. Biaya selama Anda kuliah hingga lulus kan sudah ditanggung oleh pihak ketiga, biasanya ada ikatan kontrak untuk memastikan kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

Mempunyai Prestasi Secara Akademik

Salah satu syarat wajib untuk pengajuan program beasiswa adalah Anda harus mempunyai nilai-nilai yang bagus atau di atas rata-rata. Sebab para penyelenggara beasiswa akan melihat nilai-nilai tersebut sebagai bagian dari prestasi akademik yang dimiliki oleh kandidat.

Melengkapi Persarayaratan Dokumen

Ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi sebagai penunjang. Misalnya, nilai rapot, surat keterangan tidak mampu, piagam atau pengharagaan, serta sertifikat yang bisa membantu Anda untuk lolos dan mendapatkan beasiswa tersebut.

Berperilaku Baik

Syarat lainnya yang harus Anda ketahui adalah terkait perilaku. Hampir semua beasiswa yang ada hanya akan membiayai calon mahasiswa yang berperilaku baik, tidak suka melanggar aturan dan norma-norma yang berlaku. Apalagi melanggar aturan hukum yang berlaku di negara ini.

Jenis-Jenis Program Beasiswa Kuliah

Beasiswa Kuliah Bidik Misi

Bidik misi adalah sebuah program beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk siswa-siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, tetapi terkendala secara ekonomi. Untuk mahasiswa yang lolos dalam bidik misi ini, semua biaya perkuliahan atau sekolah akan ditanggung pemerintah. Biasanya ada uang saku juga yang diterima setiap bulannya.

Beasiswa Kuliah Unggulan

Beasiswa unggulan adalah program beasiswa bagi para sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat S2 atau S3. Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan dan ingin menjadi dosen atau tenaga pengajar. Biasanya, beasiswa ini bisa untuk dalam negeri dan luar negeri.

Beasiswa Swasta

Beasiswa swasta merupakan program dari pihak non pemerintah. Penyelenggara beasiswa ini diadakan oleh para perusahaan swasta yang berskala besar.

BBP-PPA

Sama seperti Bidikmisi, Beasiswa kuliah BBP-PPA juga merupakan beasiswa kuliah dari pemerintah RI melalui Dikti. Beasiswa kuliah ini biasanya diberikan antara semester dua hingga semester delapan berupa bantuan dana tunai untuk dua semester. Dana kuliah juga mungkin diberikan mulai dari semester awal jika penerimanya memiliki prestasi akademik saat di sekolah.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Beasiswa Astra

PT Astra Internasional, Tbk tidak henti-hentinya memberikan beasiswa bagi siswa yang berperestasi setiap tahunnya. Ada dua jenis beasiswa kuliah S1 yang diberikan oleh perusahaan ini. Pertama adalah Beasiswa Astra 1st untuk mahasiswa yang berkuliah di Pulau Jawa dan diutamakan dari jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik yang berada di semester 2, 4, atau 6.

Beasiswa kuliah S1 yang kedua disalurkan melalui Yayasan Toyota Astra yang diberikan untuk membantu mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Ini juga berlaku untuk mahasiswa yang ada di perguruan tinggi terpilih di Indonesia.  Selain beasiswa kuliah untuk bantuan tugas akhir jenjang S1, tersedia juga beasiswa kuliah untuk penelitian dan disertasi.

Djarum Beasiswa Plus

Selain Astra, Anda pasti juga sudah tidak asing lagi dengan beasiswa yang satu ini. Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu beasiswa kuliah yang cukup populer di Indonesia. Kontribusi Djarum Foundation di dunia pendidikan telah dilakukan sejak 1984. Program Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa perguruan tinggi yang diberikan untuk mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Penerima beasiswa kuliah yang satu ini disebut dengan Beswan Djarum.

Beswan Djarum akan mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun. Bukan hanya itu saja, para Beswan Djarum ini juga akan mendapatkan berbagai pelatihan. Pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill. Pelatihan yang diberikan mencakup nation building, character building, leadership development, competition challenger, dan international exposure.

Itulah syarat-syarat dan juga beberapa program beasiswa kuliah yang bisa Anda ikuti. Bagi Anda yang memang sedang mencari beasiswa, jangan lupa untuk terus mencari informasi-informasi agar Anda tidak tertinggal.

Comments are closed.