Jenis-Jenis Biaya Tambahan yang Sering Dilupakan

All About MoneyAsuransi

Jika tidak dirancang dengan hati-hati, biaya tambahan bisa menyedot keuangan cukup besar, seperti tagihan kartu kredit, hutang, tagihan telpon, dan juga listrik.

Saat menghitung anggaran untuk kebutuhan rumah tangga, seringkali para keluarga melupakan berbagai biaya tambahan, yaitu biaya penunjang kebutuhan hidup seperti pembayaran tagihan listirk, tagihan kartu kredit, dan pembelian pulsa prabayar. Berbagai kebutuhan tambahan yang tidak dikelalola dengan benar dapat memberatkan keuangan keluarga.

Biaya tambahan juga sering disepelekan karena nominalnya yang sangat kecil. Namun, karena jumlah kebutuhan tambahan itu sendiri banyak, maka ketika dikalkulasikan biayanya juga tinggi. Akibatnya para debitur pun terkejut ketika melihat besar biaya tambahan yang dibebankan. Sebab, semakin banyak pengeluaran artinya resiko biaya tambahan juga semakin besar.

Baca juga: Penyebab Mahalnya Biaya Pengobatan Diabetes

Sebenarnya tidak ada cara lain untuk mengurangi beban tersebut selain berhemat dan membatasi kebutuhan tambahan, atau menggantinya dengan pilihan yang lebih murah. Meski dengan konsekuensi fasilitas yang kurang nyaman.

Jenis-Jenis Biaya Tambahan yang Kerap Dilupakan

Dikarenakan biaya tambahan memiliki nilai kecil, akhirnya banyak yang melupakan keberadaannya. Namun, saat lebih dari satu biaya tambahan ini dikalkulasikan maka nilainya tidak main-main mungkin bisa mencapai jutaan rupiah. Apa saja biaya tambahan yang sering dilupakan? Berikut ulasannya.

Asuransi

Seringkali orang salah dalam memilih produk asuransi jiwa. Banyak diantara kalian yang membeli produk asuransi ini untuk seluruh anggota keluarga. Padahal jeni proteksi jiwa hanya diperlukan untuk pencari nafkah atau kepala keluarga. Fungsinya adalah menggantikan pemasukan finansial yang hilang ketika pencari nafkah meninggal dunia atau mengalami cacat permanen.

Dengan memberikan proteksi jiwa untuk seluruh anggota keluarga, tentu menjadikan biaya tambahan keluarga membengkak. Sebagai ganti, sebaiknya pilihlah jenis produk asuransi kesehatan yang menjamin biaya pengobatan untuk seluruh anggota keluarga. Biasanya premi untuk kesehatan juga lebih terjangkau sehingga banyak dana yang bisa dihemat.

Jenis-Jenis Biaya Tambahan

Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit juga tanpa disadari sering membebani finansial keluarga. Salah satunya karena kepemilikan kartu kredit yang banyak. Sering orang memiliki lebih dari dua kartu kredit yang bahkan jarang digunakan. Padahal annual fee atau biaya tahunannnya cukup membani. Ingat semakin besar limit kartu yang dipilih maka annual fee semakin tinggi.

Untuk menyiasati hal ini, batasi penggunaan kartu kredit, misalnya maksimal dua jenis saja. Pilihlah produk kartu kredit yang memberikan gratis annual fee seumur hidup. Ingat ya, biaya tambahan pada kartu kredit ini tidak sedikit, yaitu berupa biaya materai, biaya pembayaran dalam mata uang asing, dan biaya-biaya lain yang nampak kecil, tapi jika dijumlahkan sangat besar.

Jenis-Jenis Biaya Tambahan

Belanja Kebutuhan Makan

Kebiasaan orang-orang masa kini adalah jsarangnya memasak di rumah sendiri. Mereka lebih sering memesan makanan dari luar yang dianggap cukup praktis. Padahal, tanpa disadarai, kebiasaan ini sangat menyedot pengeluaran. Sebab biaya tambahan, seperti ongkos pengiriman jika dikalkulasikan jumlahnya juga lumayan besar. Oleh karena itu, ubah kebiasaan ini dan sebaiknya ganti dengan belajar memasak sendiri. Selain lebih hemat kita juga bisa bereksplorasi mencoba berbagai menu dengan dana yang terjangkau.

Denda dan Iuran

Utang berbunga tinggi, seperti kartu kredit, pinjaman multi guna, atau kredit cepat cair online dapat menghabiskan penghasilan bulanan Anda. Lantaran bunga yang dibebankan sangat tinggi bisa mencapai 3% perbulan alias 36% pertahun. Belum lagi jika terlambat membayar tagihan maka bunga bisa lebih tinggi lagi.

Baca juga: Gaji Tak Mencukupi? Cari Penghasilan Tambahan Saja!

Meski jumlah yang Anda pinjam kecil, jika sering mengangguhkan pembayaran cicilan dan denda maka jumlah hutang bisa semakin menumpuk, bahkan bisa mencapai lebih dari jumlah kredit. Sebaiknya segera lunasi hutang baik di kartu kredit maupun jenis pinjaman cepat cair lainnya. Jika Anda ingin hidup lebih nyaman berhentilah berhutang untuk kebutuhan yang tidak berguna dan alangkah baiknya Anda alokasikan untuk menabung.

Paket Ponsel

Manusia masa kini sulit hidup tanpa bantuan teknologi, ponsel pun menjadi teman paling setia menemani setiap detiknya. Internet menjadi kebutuhan dasar manusia, mulai dari untuk berkomunikasi, membeli kebutuhan sehari hari, hingga bekerja. Namun, harga paket internet di Indonesia tidaklah murah, terutama bagi golongan menengah ke bawah.

Tanpa disadari jutaan rupiah bisa kita gelontoran untuk pembelian data internet, khususnya bagi Anda yang bekerja mengandalkan internet. Ada cara agar pengeluaran Anda tidak membengkak, yakni memiliki wifi dibanding paket data. Memasang wifi dirumah terbukti dapat memotong biaya tambahan dibidang komunikasi. Sebab wifi dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga sehingga Anda tak perlu memikirkan alokasi dana untuk setiap ponsel.

Jenis-Jenis Biaya Tambahan

Listrik

Sejak pandemi virus corona melanda, program work from home sudah digalakkan hampir seluruh perusahaan. Akibatnya konsumsi listrik rumahan pun membengkak, sebab ada laptop yang harus dicharger, belum lagi ponsel yang hampir dinyalakan 24 jam, mesin pendingin, dan lain-lain. Bahkan beberapa rumah tangga mengaku bahwa tagihan listrik naik 3x lipat dari era sebelum bekerja dari rumah.Tagihan listrik yang terus membengkak ini tentunya menjadi biaya tambahan tak terduga yang bisa sangat memberatkan, terutama bagi pekerja yang terpaksa bekerja di rumah dengan gaji yang dibayarkan tidak full. Untuk menyiasatinya cobalah kurangi konsumsi listrik pendingin, dispense,r dan lampu.

Tagihan Langganan Televisi

Biaya tambahan lain yang cukup menguras kantong adalah biaya tv berlangganan. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah menghentikan langganan layanan TV kabel atau satelit Anda dan beralih ke alternatif yang lebih murah. Banyak penyedia TV-berbayar terbesar menaikkan tarif untuk tahun 2020.

Baca juga: Tips Jitu Menambah Penghasilan Bulanan Secara Cepat

Itulah beberapa jenis kebutuhan tambahan yang menyedot anggaran cukup besar. Bijaklah dalam mengelola keuangan agar hidup keluarga lebih nyaman.

Comments are closed.