Berbagai Jenis Tabungan BNI Syariah, Ingin Tahu Apa Saja?

All About Money

Menjadi salah satu Bank tersohor di Indonesia, BNI Syariah hadir sebagai pilihan layanan tabungan dengan akad dan prinsip syariah.

Keberadaan bank syariah, kini menjadi pilihan bagi Anda yang ragu menggunakan jasa bank konvensional. Terdapat banyak sekali bank syariah yang berkembang di Indonesia, salah satu yang paling banyak diminati adalah BNI Syariah.

Produk ini menawarkan beragam produk keuangan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial atau ekonomi masyarakat yang lebih aman dan sejahtera. Produk keuangan yang ditawarkan salah satunya dalam bentuk simpanan atau tabungan.

Bank syariah ini memiliki 9 jenis tabungan yang bisa digunakan oleh nasabah untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Mulai dari simpanan sehari-hari hingga simpanan bisnis. Anda bisa membuka rekening di kantor-kantor cabang BNI berlabel syariah yang ada di seluruh Indonesia dengan persyaratan yang sangat mudah.

Baca juga: BNI Internet Banking: Manfaat dan Kelebihan Dalam Bertransaksi

Jenis-Jenis Tabungan di BNI Syariah

Semua produk tabungan ini menggunakan akad dan prinsip syariah agar dapat menciptakan transaksi yang halal dan berkah. Anda bisa memilih dari 9 jenis tabungan di bawah ini:

Tabungan BNI Hasanah iB

tabungan BNI Syariah

Tabungan ini merupakan tabungan syariah yang dapat dibuka oleh siapa saja. Akad yang digunakan ada 2 yaitu Mudharabah dan Wadiah yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam menabung menggunakan mata uang Rupiah.

Nasabah yang memiliki tabungan ini akan mendapatkan fasilitas perbankan berupa buku tabungan, kartu ATM dan fitur transaksi seperti ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking. Sehingga kapanpun Anda melakukan transaksi dapat dengan mudah.

Tabungan BNI Bisnis iB Hasanah

Jika Anda memiliki sebuah bisnis dan membutuhkan dukungan untuk mengontrol keuangan bisnis Anda maka Anda bisa mengajukan permohonan pembukaan rekening bisnis hasanah. Secara rinci keluar masuknya uang akan tercatat pada buku tabungan dan mutasi rekening yang jelas, serta bagi hasil yang lebih kompetitif dibandingkan dengan tabungan di bank lain.

Untuk membuka rekening tabungan bisnis syaratnya adalah membawa KTP dan setoran awal minimal Rp5 juta dan permohonan pembukaan rekening dapat dilakukan di kantor cabang BNI dekat tempat tinggal Anda.

Tabunganku BNI Syariah

Tabunganku merupakan program dari pemerintah untuk mendukung budaya hidup hemat dengan menabung, BNI salah satu bank yang ditunjuk untuk melayani masyarakat yang ingin menabung dengan setoran awal yang ringan yaitu hanya Rp20 ribu saja.

Akad yang digunakan dalam tabunganku syariah ini adalah Wadiah atau titipan. Sehingga tidak ada perjanjian bagi hasil, hanya saja bank berhak memberikan hadiah tertentu kepada nasabah yang aktif menabung tanpa ditentukan sejak awal. Syarat membuka tabungan ini yaitu KTP dan setoran awalnya saja.

BNI Prima iB Hasanah

Untuk yang punya dana lebih, Anda bisa membuka rekening tabungan prima karena tabungan ini menggunakan akad Mudharah dengan sistem bagi hasil yang menguntungkan dan dengan ketentuan nisbah sebagai berikut 72:28 antara bank dan nasabah.

Untuk mengajukan permohonan pembukaan tabungan prima ini, nasabah harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor)
  • Setoran awal minimal Rp25 juta
  • Memiliki dana minimal Rp250 juta

BNI Dollar iB Hasanah

Jika Anda menabung dollar di BNI, salah satu keuntungannya yaitu tabungan Anda dipastikan tidak akan terkena inflasi. Tabungan yang dikelola dengan akad syariah (Wadiah dan Mudharabah) memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi nasabah BNI Syariah dalam mata uang USD. Syaratnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan:

  • Menunjukan identitas diri yang berlaku.
  • Menunjukan NPWP.
  • Setoran awal minimal $50 USD.
  • Menandatangani ketentuan pembukaan rekening  iB Dollar di atas materai.
  • Melakukan setoran awal.

BNI Baitullah iB Hasanah

tabungan BNI Syariah

Bagi Anda yang punya niat untuk mengumpulkan dana untuk biaya ibadah haji dan umroh maka Anda bisa menabung di rekening tabungan BNI Baiktullah iB Hasanah, dijamin berkah.

Tabungan Baitullah Hasanah ini menggunakan akad Mudharabah dan Wadiah, sebagai saranan Anda untuk mendapatkan kepastian porsi berangkat haji atau untuk merencanakan ibadah umroh sesuai dengan keinginan

Jika Anda tertarik untuk membuka tabungan haji maka silahkan datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, sebagai berikut:

  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor)
  • Setoran awal minimal : 100.000 (Akad Wadiah) dan Rp500.000 (Akad Mudharabah).

Baca juga: Yuk, Mengenal Berbagai Jenis Kartu Kredit BNI!

BNI SimPel iB Hasanah

BNI berbasis syariah juga menawarkan produk tabungan untuk siswa yang masih duduk dibangku sekolah atau usia dibawah 17 tahun dengan persyaratan yang mudah dan sederhana sehingga dapat mendorong budaya menabung sejak kecil. Nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan dengan nama siswa yang bersangkutan, kartu ATM, dan fitur transaksi e-banking dengan notifikasi transaksi yang dikirimkan ke nomor handphone orangtua sehingga orangtua dapat mengetahui transaksi yang dilakukan anak. Berikut persyaratan dan tata caranya:

  • Kerjasama Antar Sekolah dan Bank
  • Pembukaan rekening dilakukan oleh orangtua/wali
  • Kartu Pelajar/Paspor/Akte Kelahiran
  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor) Orang Tua/Wali
  • Kartu Keluarga (bila tidak serumah dengan orangtua/wali)
  • Setoran awal minimal Rp 1.000,-

BNI Tunas iB Hasanah

Tabungan ini hampir sama dengan SimPel Syariah, karena tabungan ini juga diperuntukan bagi anak-anak dan pelajar yang usianya masih dibawa 17 tahun, Tabungan ini menggunakan akad Wadiah dan Mudaharabah.

Setoran awal untuk membuka rekening tabungan ini lebih besar bila dibandingkan dengan SimPel Hasanah yaitu minimal Rp100 ribu, dengan syarat yang harus dilengkapi yaitu :

  • Kartu Keluarga
  • KTP orangtua
  • Kartu Pelajar

BNI Tapenas iB Hasanah

tabungan BNI Syariah

Merencanakan keuangan untuk masa depan itu sangat penting dan perlu di pikirkan sejak sekarang. Dimana tabungan ini dapat membantu Anda untuk menyiapkan biaya untuk sebuah keperluan yang akan datang seperti:

  • liburan keluarga,
  • pendidikan anak,
  • ibadah haji,
  • umroh dll.

Nasabah memiliki kewajiban untuk setoran rutin perbulanan minimal Rp100 ribu s/d Rp5 juta, berbagai manfaat yang akan didapat oleh nasabah adalah bagi hasil yang lebih tinggi, asuransi otomatis bebas premi, perlindungan jiwa hingga Rp1 Miliar, Asuransi kesehatan hingga Rp1 juta per hari per orang. Adapun berikut persyaratan dan tata caranya:

  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor)
  • Setoran awal minimal Rp100 ribu
  • Mempunyai Rekening Afiliasi di Bank BNI berbasis syariah
  • Tersedia pilihan jangka waktu minimal 1 tahun hingga maksimal 18 tahun

Apabila Anda telah memutuskan untuk menabung di bank dengan basis syariah, tabungan ini bisa menjadi pilihan Anda. Jadi, sudah memutuskan tabungan jenis apa yang akan Anda ambil?

Baca juga: BNI TapCash Bisa Dimiliki Siapa Saja, Apa Kegunaannya?

Comments are closed.