BNI TapCash Bisa Dimiliki Siapa Saja, Apa Kegunaannya?

All About Money

Apa penggunaan BNI TapCash yang Anda gunakan selama ini sudah efektif? Coba cari tahu lagi berbagai kegunaannya, yuk!

Alat pembayaran non-tunai kini makin digemari oleh semua masyarakat Indonesia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh alat pembayaran ini begitu efektif memangkas proses pembayaran. Salah satunya yang begitu digemari adalah BNI TapCash. Sebagai alat pembayaran non tunai, BNI TapCash bisa dibilang sangat dibutuhkan. Ini merujuk pada tingkat keefektifan sebuah alat pembayaran. Apalagi e-money ini bisa dimiliki oleh siapa saja.

Bukan hanya nasabah BNI saja yang ditargetkan untuk memilikinya. Seluruh masyarakat di nusantara yang tidak menjadi nasabah perbankan tersebut juga bisa membuatnya. Setelah mendapatkannya, pemilik kartu bisa melakukan pengisian saldo dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mendapatkan kartu tersebut? Kami akan tunjukkan beserta kegunaan dan cara mengisi saldonya di bawah. Jadi, mari perhatikan ulasannya secara seksama.

Baca juga: Yuk, Mengenal Berbagai Jenis Kartu Kredit BNI!

Kegunaan Dari BNI TapCash

Di era digital, perbankan mulai membuat inovasi menarik untuk menjaring pelanggan. Kemunculan alat pembayaran non-tunai dinilai sangat efektif. Terutama untuk membantu pelanggannya dalam melakukan transaksi pembayaran non-tunai.

BNI sendiri menelurkan produk bernama TapCash. Produk ini bertujuan untuk memfasilitas pelanggan dalam melakukan pembayaran non-tunai. Lalu, item apa saja yang bisa dibayar menggunakan kartu tersebut?

Pertama, produk ini bisa dipergunakan untuk melakukan pembayaran sarana transportasi umum. Kedua, bisa digunakan untuk membayar biaya tol. Ketiga, bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran di Alfamart. Keempat, bisa dipergunakan untuk membayar tiket masuk ke obyek wisata.

Hal yang perlu dicatat, pembayaran bisa dilakukan pada item-item yang telah bermitra dengan BNI. Jika tidak, tentu saja Anda tidak bisa melakukannya. Makanya, perhatikan dulu item apa saja yang telah bermitra dengan perbankan tersebut.

Kelebihan Kartu Tapcash BNI

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari BNI TapCash ini. Kelebihan ini tampaknya tidak didapatkan dari kartu pembayaran non-tunai lainnya. Makanya, keberadaan kartu ini terbilang unggulan. Di antara kelebihan yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

  1. Transaksi pembayaran lebih cepat (bisa dilakukan dalam waktu 1 detik).
  2. Tidak ada batas minimum untuk setiap transaksi.
  3. Bisa dipindah tangankan ke orang lain.
  4. Batas maksimum isi saldo sekitar Rp1 juta (Rp10 juta dalam satu bulan).

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Uang Elektronik yang Perlu Diketahui

Cara Mendapatkannya

Kemudahan dalam pembayaran non-tunai membuat sebagian besar masyarakat tertarik untuk memilikinya. Dengan memiliki kartu ini, kegiatan transaksi di layanan publik dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan cepat. Pemiliknya tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda yang tidak menjadi bagian dari nasabah BNI juga bisa memilikinya.

Caranya cukup datang ke kantor BNI atau mitra BNI. Mintalah customer service untuk membuatnya. Kemudian isilah informasi yang diminta oleh customer service-nya.

Biaya untuk membuat kartu ini sekitar Rp40.000,00. Biaya ini meliputi biaya administrasi dan saldo sekitar Rp20.000,00 di dalam kartu. Saldo ini bisa ditambahkan dan digunakan untuk melakukan pembayaran.

Anda perlu pahami dahulu, BNI TapCash ini bisa digunakan oleh orang lain. Soalnya, kartu ini tidak membutuhkan PIN dalam urusan transfer. Jika hilang dan ditemukan orang, penemunya juga bisa menggunakan kartu tersebut. Makanya, jagalah supaya tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Ketentuan juga berlaku bagi siapa saja yang akan membuat kartu ini. Pihak penyedia kartu tidak bertanggung jawab atas kehilangan. Penyedia kartu tidak akan memproses pemblokiran ataupun pergantian kartu.

Cara Mengisi Saldo

Kartu yang telah dibuat pertama kali sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan. Saat pembuatan pertama kali, saldo sekitar Rp20.000,00 telah terisi. Ini bisa ditambah lagi dengan melakukan pengisian ulang.

Pengisian saldo minimum sekitar Rp20.000,00. Sedangkan untuk batas maksimumnya sekitar Rp1 juta. Atau, bisa mencapai Rp10 juta dalam kurun waktu satu bulan.

Dalam pengisian saldo, ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh pemilik kartu. Ada yang menggunakan mesin ATM, mesin EDC BNI, ataupun menggunakan internet banking BNI. Kami akan tunjukkan caranya top up menggunakan mesin ATM dan internet banking.

Baca juga: E-Money Mandiri: Ini Keuntungan dan Cara Menggunakannya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cara Top Up Mengunakan Mesin ATM

Cara ini pastinya hanya bisa dilakukan oleh nasabah BNI. Anda hanya perlu mencari mesin ATM yang sudah berlogo ATM bersama ataupun Prima. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BNI.
  2. Ketikkan PIN Anda.
  3. Pilihlah menu BNI TapCash.
  4. Tekan menu isi ulang kartu TapCash.
  5. Tempelkan kartu TapCash pada reader ATM yang ditandai dengan stiker berlogo TapCash.
  6. Tekan nominal yang diinginkan.
  7. Tekan tabungan.
  8. Tempelkan kartu pada reader dan proses pengisian akan segera dilakukan, selesai!

Cara Top Up Tapcash BNI Menggunakan Internet Banking

Bagi Anda yang malas pergi mencari mesin ATM, Anda bisa melakukan pengisian saldo melalui internet banking. Caranya relatif mudah. Caranya bisa dilakukan dengan memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Login dulu ke internet banking
  2. Masuk menu transaksi.
  3. Pilih menu pembelian/pembayaran.
  4. Tekan menu pembelian di halaman.
  5. Lanjutkan pilihan TapCash.
  6. Ketikkan nominal uang yang akan ditransfer.
  7. Ketikkan 16 digit angka dari kartu BNI TapCash.
  8. Masukkan BNI e-secure response.

Apabila berhasil, ada konfirmasi kalau pengisian telah sukses. Anda tinggal update balance. Saldo kartu akan bertambah dan bisa dipergunakan untuk transaksi non-tunai.

Untuk penggunaan kartunya, Anda bisa menempelkan kartu pada reader yang berlogo BNI. Ini berarti bahwa hanya mitra BNI saja yang bisa dimanfaatkan. Jika tidak, BNI TapCash ini tidak akan berfungsi untuk membayar tol dan lain sebagainya.

Comments are closed.