Manfaat Brevet Pajak untuk Karier yang Gemilang

All About Money

 Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda mengikuti pelatihan brevet pajak. Kira-kira apa saja manfaat itu?

Bukan hanya gaji yang besar, tetapi jabatan pekerjaan pun menjadi harapan semua orang yang ingin dicapai. Namun, untuk mendapatkan itu semua tentu tidak bisa instan. Butuh perjuangan, kerja keras, dan juga kemampuan yang optimal agar hasil yang diraih bisa sesuai dengan harapan. Sebab, hasil yang akan Anda dapatkan akan sepadan dengan perjuangan yang dilakukan.

Pastinya, setiap perusahaan memiliki kriterianya masing-masing bila Anda ingin mendapatkan gaji besar dan jabatan yang laik. Selain latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja, rupanya sertifikasi menjadi salah satu pertimbangan. Contohnya, Anda melamar menjadi ahli pajak, tentu sertifikasi ini menjadi suatu pertimbangan. Anda yang sudah terverifikasi dan memiliki sertifikat brevet pajak, pasti akan lebih diutamakan.

Secara umum brevet pajak merupakan kegiatan pelatihan atau kursus pajak (taxation) dengan atau tanpa pengaplikasian software pajak. Brevet dibedakan menjadi tiga kategori yaitu Brevet A, B, dan C. Pengelompokkannya sendiri dilakukan berdasarkan klasifikasi atau tingkatan jenis materi pajak yang diajarkan. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini penjelasan dari masing-masing tingkatan brevet.

Tiga Jenis Brevet Pajak

Brevet A (Tingkat A)

Jenis pertama ini atau yang biasa disebut tingkat pertama, merupakan tingkatan kursus atau pelatihan pajak mulai dari pembahasan dasar hingga ketentuan perpajakan. Ketentuan perpajakan tersebut dimulai dengan pajak penghasilan orang pribadi. biasanya materi yang disampaikan mencakup ketentuan umum tentang tata cara perpajakan (KUP), PBB, BPHTB, Bea Materai, hingga PPh Orang Pribadi.

Brevet B (Tingkat B)

Jenis B merupakan tingkatan pelatihan atau kursus pajak dengan pembahasan dasar sampai menengah. Pembahasan dimulai dengan ketentuan perpajakan Badan atau perusahaan. Materi yang diajarkan mencakup Pemotongan dan Pemungutan (PPh Pot-Put), Pajak Penghasilan Pasal 21, Pasal 15, Pasal 23, Pasal 25, Pasal 26, Pasal 4 ayat (2) dan sebagainya, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Akuntansi Pajak dan Pajak Penghasilan (PPh) Badan.

Brevet C (Tingkat C)

Jenis terakhir, yaitu Brevet C, merupakan tingkatan pelatihan atau kursus pajak dengan pembahasan menengah sampai lanjutan. Bahkan, hingga pembahasan Perpajakan Internasional. Materinya yang diberikan mencakup PPh Orang Pribadi dan PPh Badan, Pajak Internasional, Pajak Internasional Bank, Akuntansi Pajak, dan Tax Planning.

Perbedaan Brevet AB dan Brevet C

Dalam upaya menciptakan efisiensi dari suatu pembahasan atau materi, Brevet tingkat A dan tingkat B digabungkan menjadi Brevet AB. Sehingga, partisipan akhirnya hanya bisa memilih dua program saja, yaitu Brevet AB dan Brevet C. Anda dapat memilih untuk memulai jenis brevet mana yang akan dimulai terlebih dahulu dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Perbedaan Brevet AB dan Brevet C terletak pada bahasa pengantar yang digunakan. Untuk Brevet AB menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar materi yang disampaikan. Sementara Brevet C menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar materinya. Selain bahasa pengantar ada juga syarat tertentu dalam pemilihan brevet. Ketentuan yang disyaratkan untuk partisipan Brevet C, yaitu peserta yang telah mendapatkan ilmu pajak sebelumnya dari pendidikan di sekolah maupun universitas. Namum, jika peserta tersebut belum mendapatkannya, maka calon partisipan tersebut harus mengikuti program brevet AB terlebih dahulu.

Manfaat Mengikuti Brevet Pajak

  1. Untuk para fresh graduate yang biasanya mengambil kelas brevet pajak dapat digunakan untuk menambahkan portofolio mereka ketika melamar pekerjaan. Sertifikat Brevet Pajak yang didapat mungkin akan menjadi daya tarik bagi perusahaan tempat mereka melamar.
  2. Untuk para karyawan bagian entry level, biasanya mereka mengikuti brevet pajak untuk menambahkan pengetahuan yang berguna untuk mereka dalam menunjang kebutuhan dalam kenaikan jabatan atau dalam saingan di perusahaan.
  3. Untuk tahapan karyawan yang sudah memiliki posisi, seperti misalnya manager, perlunya mengikuti brevet pajak untuk dapat mengontrol serta memeriksa pekerjaan bawahannya.
  4. Brevet pajak dapat menjadikan seseorang sebagai konsultan pajak baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
  5. Kursus brevet pajak juga melatih agar kita siap dalam menghadapi USKP.
  6. Memberikan pengetahuan teknis mengenai pelaporan dan perhitungan pajak.
  7. Membantu peserta brevet pajak dalam memahami perpajakan Indonesia dan membantu dalam menyusun perencanaan pajak bagi dirinya sendiri.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Lembaga Penyelenggara Les Brevet Pajak

Sebenarnya, ada banyak lembaga yang menyelenggarakan les untuk mendapatkan sertifikasi. Namun, sangat disarankan untuk memilih tempat les yang sudah mempunyai nama dan kredibel dalam bidangnya. Kredibilitas ini bisa Anda gunakan untuk menjamin bahwa sertifikat yang Anda dapatkan nantinya bisa benar-benar mengangkat dan juga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sebab, akan sangat sia-sia sekali apabila sudah membayar mahal, tetapi sertifikat yang didapatkan tidak begitu diakui di dunia luar.

Selain yang di atas, berikut ini beberapa cara yang tepat untuk memilih tempat les brevet:

  1. Penyelenggara adalah organisasi yang diakui dan punya kredibilitas di bidang akuntansi, keuangan, dan perpajakan.
  2. Pilih penyelenggara dari universitas atau organisasi akuntansi.
  3. Selidiki terlebih dahulu track record penyelenggara. Semakin lama mereka berpengalaman mengadakan pelatihan serupa, semakin baik kualitasnya.
  4. Sebelum mendaftar, minta dulu daftar materi yang akan diberikan. Ini untuk mencegah jika ternyata materi pelatihan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Itulah beberapa informasi mengenai brevet pajak yang mungkin masih belum familiar bagi Anda. Namun, jika Anda memiliki minat di bidang akuntansi dan perpajakan, brevet pajak menjadi pelatihan yang wajib Anda lakukan. Selain memberikan ilmu baru yang bermanfaat, sertifikasi ini juga menjadi salah satu penentu bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang gemilang.

Comments are closed.