Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Boleh saja membayar tagihan belanja menggunakan kartu kredit, asal paham aturan mainnya. Berikut beberapa tipsnya!

All About Money

Saat di depan kasir, Anda mungkin ragu apakah akan membayar dengan uang tunai atau menggunakan kartu kredit. Godaan yang membuat Anda goyah adalah adanya potongan harga jika membayar menggunakan kartu kredit.

Sebenarnya tidak ada masalah membayar tagihan belanja menggunakan kartu kredit. Dengan catatan Anda cerdas dan paham fungsi kartu kredit, bukan malah menambah beban utang Anda di kemudian hari.

Berikut beberapa tips cerdas menggunakan kartu kredit yang disarikan dari berbagai sumber:

1. Bayar seluruh tagihan
Jangan biasakan hanya membayar minimum payment (pembayaran minumum) karena bunganya terus berjalan dan akan menambah tumpukan utang Anda.

2. Bayar sebelum jatuh tempo
Beberapa penerbit memiliki fasilitas debit otomatis dari rekening atau pembayaran lewat internet 24 jam, sehingga tidak ada alasan Anda menunda pembayaran.

3. Perhatikan batas pembelanjaan kartu kredit
Maksimal limit kartu kredit adalah tiga bulan gaji. Langkah aman menghindari lilitan utang, sebaiknya Anda tidak membeli barang yang harganya di atas penghasilan bulanan Anda. Karena itu akan menyulitkan Anda untuk melunasinya langsung.

Kecuali kalau barang yang Anda incar itu terdaftar dalam program promo bunga 0%, dan pembayarannya dapat dicicil sampai 12 bulan.

4. Total utang Anda tidak lebih 30 persen dari total penghasilan bulanan
Perencana keuangan Andy Nugroho menyarankan utang yang Anda ambil sebaiknya tidak lebih dari 30 persen dari total penghasilan bulanan. Bila lebih, artinya posisi keuangan Anda cukup berbahaya.

5. Telepon penerbit kartu jika tak bisa membayar lunas
Segeralah hubungi penerbit kartu kredit Anda jika tidak dapat melunasi tagihan. Mintalah keringan pembayaran dalam 5 bulan atau 6 bulan, atau waktu yang memungkinkan untuk dinegosiasikan dengan bank.

Biasanya bank mengenakan suku bunga yang jauh lebih kecil dari bunga utang, sehingga Anda terhindar dari denda serta utang yang membengkak.

6. Perhatikan biaya tahunan
Beberapa penerbit kartu kredit mengenakan biaya tahunan. Namun, alangkah baiknya jika Anda memilih kartu kredit yang tidak memberlakukan biaya tahunan.

Jadi, menggunakan kartu kredit sah-sah saja asal bijak dan cermat menggunakannya!

Leave a Reply