Cara Bijak Menghabiskan Uang di Masa Muda

All About Money

Mungkin Anda berpikir bahwa saat ini sudah sangat bijak dalam menghabiskan uang. Namun, apakah itu semua memiliki manfaat untuk kehidupan Anda sekarang, nanti, bahkan hari tua?

Masa muda memang masa transisi dan diperlukan kesadaran diri yang tinggi, apalagi untuk urusan uang. Mungkin masih banyak di antara Anda yang gemar sekali menghabiskan uang gajinya untuk hal-hal yang tidak perlu dengan berbagai alasan. Ada yang menyatakan bahwa masa muda adalah masa di mana kita harus memenuhi semua keinginan yang ingin dicapai sebelum nanti memiliki keluarga dan ada hal-hal lain yang harus lebih diprioritaskan.

Semua pandangan dan pendapat orang memang berbeda-beda. Kembali lagi, nantinya bagaimana kita menyikapinya dan memiliki kesadaran bahwa ada hal-hal yang semestinya tidak perlu diikuti. Jika memang Anda berniat ingin mengahabiskan uang gaji selagi masih muda, tentunya harus secara bijak dan bermanfaat baik untuk diri Anda di kemudian harinya ataupun untuk orang lain yang Anda sayangi. Tentunya banyak sekali cara cara yang bisa Anda lakukan berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Cara Menghabasikan uang 5 Miliar Ala Miliarder Dunia

Memenuhi Kebutuhan Primer

Hal utama yang harus Anda lakukan dalam mengahabiskan uang dengan bijak, yaitu memenuhi kebutuhan primer Anda dalam satu bulan ke depan. Misalnya Anda kerja menggunakan kendaraan pribadi. Setelah menerima gaji, langsung sisikan uang untuk biaya transportasi (bensin dan tol) untuk satu bulan. Itu mutlak harus dilakukan supaya jika di pertengahan atau akhir bulan Anda tidak memiliki uang, tentunya masih bisa berangkat kerja karena sudah menyisihkan uang untuk transportasi. Selain itu, Anda juga harus menyisihkan biaya untuk makan, keperluan pribadi, dan kebutuhan primer lainnya.

Memberi Orangtua

Sebagai anak yang berbakti, tentunya ada rasa ingin membalas budi kepada orangtua atas semua yang sudah diberikan selama ini. Meskipun sebesar apa pun biaya yang Anda berikan untuknya tidak akan bisa menggantikan yang mereka kasih, tetapi Anda tetap harus memberikan sebagian gaji yang dimiliki untuk orangtua. Apalagi jika keduanya sudah pensiun dan tidak ada dana tambahan dari mana-mana. Tentu hanya dari Anda mereka bisa bergantung hidup.  Lebih baik menghabiskan uang dengan memberikan kepada orangtua yang benar-benar memiliki manfaat dibandingkan kepada hal lain bukan?

Menabung atau Investasi

Jika memang Anda memiliki gaji yang cukup banyak dan bingung bagaimana cara menghabiskan uang tersebut dengan bijak, Anda bisa menginvestasikan uang Anda dengan cara menyicil rumah untuk masa depan kelak atau investasi emas yang sewakatu-waktu bisa Anda gunakan untuk kebutuhan penting, atau cara lain bisa membeli asuransi yang tentunya akan memberikan jaminan untuk diri Anda sekaligus investasi untuk hari tua. Ini baru cara yang bijak untuk menghabiskan uang di masa muda Anda

Sedekah

Untuk poin yang ini tentunya jangan sampai terlewatkan. Sekecil atau sebesar apa pun uang Annda miliki, sedekah merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan supaya rezekinya semakin lancar dan bertambah. Tidak perlu banyak-banyak, sedikit uang yang Anda keluarkan untuk sedekah tetapi ikhlas, tentu hasilnya lebih baik dibandingkan mengeluarkan uang banyak tetapi berbicara ke banyak orang.

Baca Juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

 

Bila ingin keuangan Anda aman saat terjadi hal-hal buruk yang mengharuskan Anda mendapat perawatan rumah sakit, mobil rusak, atau mau liburan cek dulu berbagai pilihan asuransi terbaik di Futuready!

menghabiskan uang

Leave a Reply