Cara Membuat Pesta Pernikahan Hemat dengan Dana Terbatas

All About Money

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat pesta pernikahan hemat dengan dana yang terbatas tetapi memberikan kesan yang tidak terlupakan untuk Anda dan para tamu undangan.

Banyak calon pengantin yang mengira bahwa pesta pernikahan yang mengesankan haruslah menghabiskan dana yang besar. Apalagi pesta tersebut berkonsep megah dan mewah. Sebenarnya, pesta sederhana dengan tidak membutuhkan dana yang banyak juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk Anda. Apalagi jika memang dana yang Anda punya terbatas, tentunya artikel ini sangat membantu.

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat pesta pernikahan dengan dana yang tidak berlebih. Tidak perlu mewah yang penting memiliki kesan yang sangat berharga. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para calon pengantin karena mereka lebih memikirkan dana untuk kehidupan setelah menikah dibandingkan hanya mengikuti trend semata.

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk membuat pesta pernikahan dengan dana yang tidak berlebih, yaitu mempersiapkan keperluan inti dari pernikahan itu saja. Nah, apa saja keperluan itu, berikut ini rinciannya.

Baca Juga: Pentingnya Membicara Uang Sebelum Menikah

Kenakan Gaun atau Kebaya yang Siap Pakai

Saat ini sudah banyak sanggar pengantin yang menyiapkan busana pengantin siap pakai dengan berbagai ukuran dan model. Model yang diberikan juga sangat variatif dan kekinian sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ada model yang tidak disukai. Mengapa disarankan untuk menyewa dibandingkan beli? Hal ini dikarena biaya menyewa gaun atau kebaya akan lebih rendah dibandingkan Anda harus membuat gaun baru dengan seorang desainer.

Pilih Waktu Siang Hari

Jika Anda memilih lokasi pernikahan outdoor maka sebisa mungkin untuk memilih waktunya pada siang hari. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya untuk penerangan karena dibantu oleh sinar matahari. Jika Anda memilih saat malam hari, tentunya Anda membutuhkan banyak lampu untuk penerangan dan sumber tenaga tambahan sebagai generatornya. Biaya yang dikeluarkan pasti jauh lebih mahal. Lebih baik dana tersebut dialokasikan untuk keperluan lain yang tidak kalah penting juga.

Porsikan Menu Makanan

Hindari memesan porsi makanan yang terlalu berlebihan, tetapi jangan sampai kekurangan juga. Memporsikan tiap makanan akan menjadikan pengeluaran lebih sedikit lho. Sediakanlah hidangan yang simple, tetapi mengenyangkan. Misalnya seperti soto, nasi gudeng, salad, dan lain sebagainya yang penyajiannya sudah diporsikan per mengkuk. Selain itu, cara ini juga memudahkan para tamu undangan dalam mencicipi hidangan yang disajikan. Catering merupakan salah satu item yang memakan banyak dana, jadi Anda harus benar-benar pintar meminimalisirkannya.

Mintalah Bantuan Teman-Teman 

Meskipun tidak banyak, tetapi pasti ada salah satu di antara teman Anda yang terjun ke bisnis wedding. Jika iya, hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda. Selain enak diajak diskusi, dengan melibatkan teman tentunya cost yang diberikan jauh lebih murah dibandingkan vendor-vendor lain. Istilahnya Anda akan mendapatkan “harga teman”. Tanpa Anda meminta untuk diberikan harga spesial, pastinya teman tersebut sudah akan menyadari hal ini.

Menyortir Undangan

Banyak mengundang tamu, tentunya dana yang dikeluarkan juga semakin banyak. Salah satu cara supaya Anda bisa membuat pesta pernikahan dengan dana yang tidak berlebih, yaitu dengan menyortir tamu yang ingin Anda undang. Misalnya Anda sepakat dengan keluarga besar dan calon pendamping untuk membuat private party yang hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat saja. Ini sah sah saja untuk dilakukan. Tentunya biaya yang akan dikeluarkan pun jauh lebih hemat.

Ternyata mudaha ya untuk menghemat biaya pernikahan itu. Apakah Anda tertarik untuk mengkuti tip di atas? Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Untung Rugi Perjanjian Pranikah

Leave a Reply