Cara Mengatur Keuangan Mudik Lebaran

All About Money

Menjelang mudik lebaran tentunya banyak anggaran yang harus dipersiapkan, mulai dari sebelum mudik, saat tiba di destinasi, hingga saat kembali lagi ke rumah. Agar pengeluaran bisa terkontrol dengan baik berikut ini ada cara mengatur keuangan mudik lebaran.

Menjelang waktu mudik, Anda harus mulai merencanakan pos pengeluaran keuangan Anda. Nantinya, akan ada banyak sekali berbagai kebutuhan yang akan mengeluarkan banyak uang. Ada baiknya untuk merencanakan pos pengeluaran, untuk memudahkan Anda dalam cara mengatur keuangan mudik lebaran.

Dalam cara mengatur keuangan mudik lebaran untuk pos pengeluaran Anda bisa membaginya menjadi kategori seperti ini.

Rencanakan Pos Pengeluaran

  • Biaya Transportasi

Dalam cara mengatur keuangan mudik lebaran Anda harus menyiapakan dana untuk transportasi, baik itu biaya pergi dan pulang. Misalnya Anda mudik menggunakan mobil, sebaiknya mempersiapkan biaya transportasi sejak awal. Biaya tranportasi tersebut mencakup bahan bakar, makan untuk berisitirahat, dan biaya tak terduga.

  • Biaya Akomodasi

Biaya akomodasi bisa dipersiapkan, jika saat mudik ke kampung halaman mungkin ada keterbatasan tempat tinggal. Sehingga mengharuskan Anda menginap di tempat lain. Maka itu, dalam cara mengatur keuangan mudik lebaran Anda harus menyiapkan dana untuk akomodasi.

  • Biaya Rekreasi

Salah biaya yang harus diperhatika dalam cara mengatur keuangan mudik lebaran yaitu biaya rekreasi. Untuk menyiapkannya, Anda harus menghitung biaya kasar yang akan dibutuhkan nanti. Buat secara rinci siapa saja anggota keluarga yang ikut dalam rekreasi nanti, juga lokasi beradanya apakah jauh atau tidak. Jadikan hal-hal ini untuk menjadi patokan.

  • Biaya Angpao

Balik kampung halaman, siap-siap untuk memberikan angpao ke sanak saudara. Sebaiknya mulai buat daftar siapa saja yang harus diberi angpao, agar tidak asal memberi saja. Biaya angpao merupakan cara mengatur keuangan mudik lebaran yang harus mempunyai pertimbangan khusus. Anda bisa membuat prioritas siapa yang paling pantas membutuhkan untuk diberi angpao.

Manfaatkan Uang THR Untuk Biaya Mudik

Uang THR yang telah didapat bisa Anda manfaatkan untuk biaya mudik. Ini juga menjadi cara mengatur keuangan mudik lebaran yang efektif. Kalau bisa, jangan menggunakan uang gaji bulanan unntuk mudik. Atur keuangan sebaiknya dengan uang THR untuk biaya mudik.

Jangan Membawa Uang Tunai Dalam Jumlah Besar

Sebaiknya jangan membawa uang tunai dalam jumlah besar saat mudik lebaran. Biasanya kita akan tergoda untuk membeli sesuatu saat uang yang ada di dalam dompet banyak. Sebaliknya jika uang yang ada di dalam dompet sedikit, hal itu akan menguransi untuk membeli hal-hal yang tidak perlu. Namun, penting juga menyiapkan ATM, dan kartu kredit untuk keperluan biaya tak terduga.

Rencana Keuangan Setelah Mudik

Berikutnya dalam cara mengatur keuangan mudik lebaran, Anda jangan sampai terlena dan lupa akan kebutuhan setelah lebaran. Hal ini penting, untuk menghindari utang-piutang. Lebih baik sisihkan biaya tersendiri, bisa dari gaji bulanan Anda setelah mudik lebaran. Simpan dengan benar biaya ini, jangan dipergunakan walaupun sedikit.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.