Cara Mengatur THR Lebaran untuk Mudik

All About Money

Tidak ada salahnya Anda cermat dalam mengatur THR lebaran untuk mudik. Agar uang tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan mudik Anda.

Bukan hanya momen lebaran saja, tetapi THR pun menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh karyawan di Indonesia. Bisanya, dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri uang Tunjangan Hari Raya (THR) akan diberikan oleh perusahaan. Biasanya uang ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hari raya, seperti mudik lebaran.

Mudik lebaran memang menjadi tradisi yang tidak pernah bisa lepas dari Hari Raya Idul Fitri. Bahkan volume orang yang mengikuti mudik ini mungkin setiap tahunnya akan bertambah. Tentu banyak orang yang menggunakan THR lebaran untuk mudik. Namun, agar THR yang Anda miliki tidak habis begitu saja, berikut ini cara mengatur THR lebaran untuk mudik yang efektif.

Buat Financial Plan

Meksipun hanya mudik, tetapi Anda harus membuat daftar pengeluaran untuk keperluan mudik. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan mudik. Misalnya, jika Anda mudik menggunakan transportasi umum, tentu uang THR lebaran untuk mudik digunakan untuk membeli tiket pesawat atau kereta api, dan lain-lainnya.

Usahakan dalam membuat daftar pengeluaran diurutkan berdasarkan prioritas sesuai kebutuhan. Cara ini dapat mengurangi risiko kekurangan dana ketika Anda harus kembali beraktivitas pasca lebaran. Gunakan uang dengan bijaksana dan pastikan Anda menaati rencana yang telah dibuat.

Pilih Trasnsportasi untuk Mudik yang Terjangkau

Agar THR lebaran untuk mudik cepat habis, Anda bisa pilih moda transportasi yang paling terjangkau. Misalnya, kampung halaman Anda masih bisa dilalui oleh kereta api, tidak ada salahnya Anda memilih kereta api yang harganya lebih murah dibandingkan pesawat.

Sisihkan untuk Ditabung

Meskipun Anda menggunakan uang THR lebaran untuk mudik, tetapi tidak ada salahnya sebagian dari THR Anda ditabung untuk keperluan yang mendadak. Agar tidak tergiur dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, ketika Anda mendapatkan THR, langsung sisihkan ke rekening yang memang Anda buat untuk menabung.

Beli Asuransi  

Pastikan asuransi perjalanan masuk ke dalam list pengeluaran Anda. sebab, asuransi ini harus Anda miliki sebagai pelindung perjalanan Anda. Tentu Anda tidak inginkan uang THR lebaran untuk mudik habis begitu saja karena menanggung kerugian akibat risiko yang tak terduga. Lebih baik uang THR lebaran untuk mudik digunakan untuk membeli asuransi perjalanan yang biayanya jauh lebih terjangkau dibandingkan Anda harus nenanggung risiko-risiko tersebut.

 

Comments are closed.