Cara Menggunakan Kartu Kredit

All About Money

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang benar? Apakah kini Anda sudah memiliki kartu kredit? Selama ini bagaimana cara Anda menggunakan kartu kredit?

Pemegang kartu kredit saat ini tentunya sudah tidak sedikit. Hingga kini, bank sebagai Lembaga penyelenggara kartu kredit memberikan kemudahan akses bagi setiap orang untuk memiliki kartu kredit. Bisa jadi, satu orang memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Kebutuhan mereka memutuskan cara menggunakan kartu kredit pun beragam. Sebenarnya, kartu kredit bisa jadi salah satu alat pembayaran yang praktis. Sayangnya, banyak orang beranggapan salah mengenai kartu kredit. Lalu bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan baik?

Apa Itu Kartu Kredit?

Sebelum membahas cara menggunakan kartu kredit, ada baiknya pahami informasi dasar mengenai apa itu kartu kredit. Menurut definisi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, kartu kredit adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Berbeda dengan kartu debit, dalam kartu kredit bank seperti meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Pada bank-bank di Indonesia, kartu kredit diciptakan untuk kemudahan dan cara kerjanya diatur oleh Bank Indonesia (BI). Saat ini terdapat berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia termasuk Indonesia, termasuk di antaranya yaitu VISA, MasterCard, dan American Express.

Kepemilikan kartu kredit juga sekarang menjadi salah satu syarat penting untuk mengajukan berbagai produk pinjaman seperti KTA atau KPR. Jika Anda memiliki histori pembayaran yang sehat, maka peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman KTA dan KPR tentu akan lebih besar. Sebaliknya jika histori kredit Anda jelek karena sering menunggak pembayaran kartu kredit, Anda akan dimasukkann daftar hitam bank sehingga sulit mendapatkan pinjaman.

Informasi Perizinan Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran, Daftar Penyelenggara Kartu Kredit yang Telah Memperoleh Izin dari Bank Indonesia Per 3 Agustus 2018 sebanyak 33 penyelenggara.

Proses Kerja Cara Menggunakan Kartu Kredit

Mungkin bisa jadi Anda pernah melihat teman atau keluarga Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit. Secara umum, proses kerja cara menggunakan kartu kredit adalah sebagai berikut:

  1. Untuk dapat menggunakan kartu kredit dalam transaksi, Anda wajib menyerahkan kartu kredit Anda kepada pihak penjual.
  2. Proses validasi terjadi saat kartu didata atau digesek, dan dapat terjadi penolakan apabila:
  • Belum melakukan aktivasi kartu kredit.
  • Melampaui limit kartu kredit.
  • Anda terlambat dalam melakukan pembayaran.
  • Adanya penahanan dana.
  • Koneksi internet retailer

Ps: Setiap Anda melakukan tahap 1 dan 2, maka Anda akan menambah jumlah debit dalam kartu kredit Anda. Artinya total itu semua yang menjadi utang Anda pada bank.

  1. Setiap bulannya, akan muncul tagihan yang mencakup seluruh transaksi Anda dalam bulan terkait. Idealnya, Anda diharapkan untuk membayar secara penuh sebelum tenggat waktunya karena jika tidak, Anda akan dikenakan denda akibat pembayaran yang terlambat.

Tip Konsumen dari Bank Indonesia Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Untuk membantu Anda tahu cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, Bank Indonesia memberikan beragam tip untuk Anda. Agar nantinya, Anda tidak terjebak dengan penggunaan kartu kredit yang kurang tepat. Risikonya ya nantinya kestabilan finansial Anda akan memburuk bila terjerat dengan beban-beban utang kartu kredit.

  1. Miliki kartu kredit sejumlah yang Anda perlukan saja.
  2. Selalu periksa daftar transaksi yang tertera dalam tagihan bulanan Anda.
  3. Batasi limit kartu kredit Anda sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda membayar.
  4. Hindari penggunaan bunga yang lebih besar, dengan membayar lebih daripada jumlah minimum.
  5. Gunakan kartu kredit Anda dengan bijak. Jangan samapai Anda korbankan kebutuhan utama keluarga untuk konsumsi yang tidak perlu.

Kini sudah tahu kan bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang baik dan dengan bijak? Selalu cari berbagai informasi detail bila Anda memang ingin mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit. Kalau Anda punya saran dan trik untuk menggunakan kartu kredit agar lebih untung, yuk share ke kami di kolom komentar!

Comments are closed.