Cari Tahu Cara Cek NPWP, Fungsi, dan Cara Daftar

All About Money

Bagaimana cara untuk mengecek NPWP dengan benar? Jika Anda ingin mengecek NPWP cari tahu caranya yuk!

Apa itu NPWP? Nomor Pokok Wajib Pajak atau lebih sering dikenal dengan istilah NPWP adalah rangkaian nomor seri yang digunakan oleh kantor pajak untuk mengidentifikasi para wajib pajak di Indonesia. Baik wajib pajak pribadi maupun badan. NPWP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam bentuk kartu pengenal.

Nomor NPWP merupakan hal yang sangat rahasia yang berisi data tentang diri Anda. NPWP Anda hanya boleh diketahui oleh orang-orang yang berkepentingan yang terkait langsung dengan Anda. NPWP hanya boleh diketahui oleh Anda pribadi, rekanan Anda dalam usaha, bendahara kantor, serta petugas pajak.

Dikarenakan sifat dari NPWP itu sendiri adalah rahasia, maka Direktorat Jenderal Pajak tidak memberikan akses kepada siapa pun untuk mengecek NPWP secara online, karena bisa saja orang yang tidak memiliki kepentingan mengakses data diri Anda melalui NPWP. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengetahui informasi NPWP Anda.

Apakah Memiliki Kartu NPWP Itu Wajib?

Anda wajib memiliki kartu NPWP, jika Anda menerima penghasilan kena pajak dari sebuah perusahaan, atau pun dari usaha milik sendiri. Agar dapat melakukan seluruh aktivitas perpajakan seperti e-Filing dan bayar pajak, wajib pajak harus terlebih dahulu memiliki NPWP.

Fungsi Kartu NPWP

Fungsi kartu NPWP yang Anda miliki tidak hanya untuk tujuan perpajakan saja. Dalam beberapa situasi, Anda membutuhkan kartu NPWP sebagai syarat administratif. Mari kita pelajari bersama apa saja fungsi dari kartu NPWP.

Fungsi Utama NPWP Pribadi dan Perusahaan

  1. Sarana dalam administrasi perpajakan.
  2. Tanda pengenal diri atau Identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  3. Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.
  4. Menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.

Fungsi Administratif NPWP Pribadi dan Perusahaan

  1. Pengajuan Kredit Bank;
  2. Pembuatan Rekening Koran di Bank;
  3. Pengajuan SIUP/TDP;
  4. Pembayaran Pajak Final (PPh Final, PPN dan BPHTB, dll);
  5. Pembuatan Paspor;
  6. Mengikuti lelang di instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD.

Fungsi Pelayanan Pajak

  1. Pengembalian pajak;
  2. Pengurangan pembayaran pajak;
  3. Penyetoran dan pelaporan pajak

Cara Cek NPWP

Selain tidak dapat mengecek NPWP secara online, Anda pun tidak dapat mengecek NPWP melalui sambungan telepon ke kantor pajak dikarenakan alasan kerahasiaan. Cara cek nomor NPWP adalah dengan datang langsung ke kantor pajak.

Jika Anda ingin mengecek NPWP Pribadi, maka Anda harus membawa KTP Asli. Sedangkan untuk NPWP Badan, Anda harus membawa Akta Perusahaan/Instansi serta surat kuasa kepada diri Anda jika Anda bukan direktur perusahaan, sehingga petugas pajak dapat melakukan validasi dan memberikan informasi NPWP Anda.

Mengecek NPWP tidak membutuhkan waktu lama, jika petugas pajak sudah melakukan validasi data, maka selanjutnya Anda dapat melakukan cek NPWP serta hal-hal lain terkait kewajiban perpajakan.

Cek NPWP: Keaktifan NPWP Melalui DJP Online

Walaupun Anda tidak bisa mengecek NPWP Anda melalui internet maupun sambungan melalui telepon ke kantor pajak, namun Anda masih bisa melalukan cek NPWP untuk melihat status atas kartu NPWP yang Anda miliki. Caranya adalah dengan melakukan log in ke layanan DJP Online. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah terdaftar ke layanan DJP Online.

DJP Online sendiri berfungsi untuk melakukan pembayaran pajak secara online dan pelaporan pajak secara online. Anda bisa memanfaatkan layanan DJP Online untuk mengecek status NPWP Anda dengan mencoba membuat laporan pajak.

Jika Anda bisa melakukan pelaporan pajak maka NPWP Anda jelas masih aktif dan dapat digunakan. Sementara jika muncul pemberitahuan bahwa NPWP Anda Non Efektif, maka NPWP tersebut tidak dapat digunakan.

Untuk kembali mengaktifkan NPWP, Anda harus mengajukan permohonan langsung ke kantor pajak. Perlu Anda ketahui, NPWP berlaku seumur hidup, yang artinya bahwa jika Anda sudah memiliki NPWP maka NPWP tersebut dapat Anda gunakan selama Anda masih menggunkannnya.

Cek NPWP:  Validasi Nomor NPWP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk mengecek nomor NPWP harus datang langsung ke kantor pajak. Namun jika hanya untuk mengecek validitas NPWP, Anda tidak perlu datang ke kantor pajak. Untuk melakukan validasi NPWP secara online silakan ke halaman ini Validasi NPWP Online.

Validitas NPWP adalah mengecek apakah nomor NPWP yang Anda miliki sudah benar. Ada kalanya nomor NPWP yang tercetak di kartu NPWP terhapus atau kurang jelas. Nah untuk sekadar memastikan apakah nomor NPWP Anda benar, Anda bisa melakukan validasi NPWP Anda. Untuk melakukan validasi NPWP secara offline Anda bisa download aplikasinya di sini Download Validasi NPWP Offline.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cara Cek NPWP Asli atau Palsu

Ada sebuah cara mengecek npwp asli atau palsu yang dapat Anda gunakan untuk mengecek apakah NPWP Anda sudah sesuai dengan nama Anda. Cara ini hanya bisa untuk cek nama pemilik nomor NPWP tersebut. Cara mengecek npwp asli atau palsu cukup dengan masuk ke menu eBilling Pajak di alamat berikut: https://sse3.pajak.go.id/registrasi

Halaman tersebut merupakan halaman untuk registrasi eBilling Pajak. Pada halaman tersebut Anda cukup masukkan nomor NPWP yang ingin Anda cek, dan otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan nama pemilik NPWP.

Jadi, NPWP wajib dimiliki bagi warga negara Indonesia memiliki penghasilan. Bagi warga negara yang sengaja tidak memiliki NPWP namun mempunyai penghasilan akan dikenakan sebesar denda sebesar 4 kali lebih besar dari pajak terhutang atau pidana penjara selama 6 tahun. Sedangkan bagi wajib pajak dengan penghasilan yang dikenai PPh Pasal 21 akan dikenakan denda sebesar 20 persen dari tarif aslinya. Aplikasi OnlinePajak mempermudah wajib pajak badan dan wajib pajak orang pribadi dalam menuntaskan pajaknya dengan cara yang lebih mudah, cepat dan terintegrasi. Hitung, setor dan lapor pajak online dapat dilakukan hanya dengan 1 klik!

Comments are closed.