Cek Saldo BPJS Lebih Mudah dan Praktis Sekarang

All About Money

Sekarang cek saldo BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek bisa melalui SMS, lebih mudah dan praktis. Yuk, pantau terus saldo tabungan hari tua Anda!

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan. Saat ini para pekerja yang menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan sudah pasti mengerti bila sebagian pendapatan mereka dipotong untuk setoran iuran kepesertaan Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan. Ini sudah menjadi aturan yang berlaku, untuk iuran JHT BPJS Ketenagakerjaan yaitu sebanyak 5,7 persen dari total gaji pokok pekerja.

Untuk kategori beban iuran tersebut juga dibagi dua, yakni oleh pemberi kerja dan si pekerja yang masing-masing menanggung 3,7 persen dan 2 persen. Jadi, ketika sekian lama Anda bekerja dan merasakan berbagai jenis potongan gaji, pasti Anda akan penasaran berapa kira-kira nilai saldo yang telah terkumpul di BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, lumayan siapa tahu nilai saldonya sudah cukup untuk menjadi modal usaha.

Informasi penting untuk Anda ketahui, iuran para pekerja dari seluruh Indonesia tidak didiamkan begitu saja oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, dana yang terkumpul dari iuran 25 juta pekerja yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan sehingga akan terus berkembang. (Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana)

Sebagai contoh, jika selama karier Anda bekerja telah menyetor Rp25 juta, maka akan ada peluang dari uang yang telah kita setorkan untuk berkembang menjadi di atas nilai pokok. Biasanya, BPJS Ketenagakerjaan akan menginvestasikan iuran para pekerja ke berbagai fitur dan produk. Yakni melalui deposito, surat utang atau obligasi, reksa dana, juga saham.

Bagi Anda yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau memiliki rencana ingin mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, akan lebih baik jika cek terlebih dahulu saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Sekarang untuk cek saldo BPJS lebih praktis dan mudah, dengan berbagai cara di bawah ini:

Dengan Menggunakan Cara Cek Saldo BPJS Sekarang Mudah dan Gampang

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Kirimkan SMS ke 2757 ketik Daftar

2. Anda akan menerima SMS balasan berisi menu yang dapat kamu pilih mulai dari cek saldo, ganti hp, ganti PIN, sampai status BPU.

3. Bila ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda cukup mengirimkan SMS di nomor yang sama dengan mengetikkan sesuai format. Yaitu: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA

4. Anda akan menerima SMS balasan berupa informasi nilai upah kamu, tanggal terakhir iuran dan posisi terakhir saldo.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui E-Saldo JHT

Anda juga bisa cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Caranya mudah, jika Anda telah terdaftar sebagai pengguna e-service BPJS Ketenagakerjaan, Anda tinggal masuk ke website bpjsketenagakerjaan.co.id. Kemudian klik bagian kanan, halaman di kolom E-Service. Lalu klik saja kolom Tenaga Kerja.

Jika, Anda telah terdaftar menggunakan user ID E-KTP atau alamat e-mail yang sudah digunakan unntuk mendaftar. Anda bisa masuk, kemudian pilih saja menu layanan dan pilih fitur cek saldo JHT. Tidak sampai menunggu lama aktivasi fitur tersebut, Anda akan mendapatkan PIN Aktivasi yang dikirim melalui SMS.

Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan PIN Aktivasi kemudian klik lagi menu cek saldo JHT dan submit. Setelah itu Anda akan melihat saldo terakhir JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda. Akan tetapi, bila Anda belum terdaftar sebagai pengguna E-SERVICE BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus registrasi dahulu agar bisa melakukan pengecekan saldo ataupun fitur lain. Cara daftarnya juga tidak susah.

Anda bisa masuk ke laman bpjsketenagakerjaan.co.id kemudian memilih menu registrasi, isi formulir dengan data nomor KPJ aktif. Kemudian isi nama, tanggal lahir, nomor e-ktp, nama ibu kandung, nomor handphone yang aktif dan juga e-mail. Setelah semua data telah dimasukkan, Anda akan mendapatkan PIN untuk masuk atau log in. PIN itu dikirim ke e-mail yang Anda registrasikan dan dikirim juga lewat SMS.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile

Penggunaan smartphone yang semakin meluas dan berkembang di Indonesia, hal ini semakin mendorong BPJS Ketenagakerjaan dengan meluncurkan aplikasi BPJSTK Mobile. Anda bisa mengunduh aplikasi ini, di sistem android, ios, maupun Blackberry.

Setelah Anda mengunduhnya, perlu dilakukan registrasi awal terlebih dahulu unntuk mendapatkan PIN dan memakai menu-menu di dalamnya. Cara mendaftarnya juga tidak susah. Anda hanya perlu memberikan data nomor KPJ atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tertera di kartu kepesertaan. Kemudian, masukkan juga nomor e-KTP, tanggal lahir, dan nama lengkap. Setelah terdaftar, Anda akan mendapat PIN dan bisa langsung memanfaatkan beragam menu yang ada di dalam aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk cek saldo, misalnya, kamu cukup klik menu Cek Saldo. Fitur lain di aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan antara lain klaim JHT online atau e-klaim, simulasi JHT, informasi program, dan lain sebagainya.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI

Untuk Anda nasabah BNI sekaligus memiliki kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan Anda juga bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui, jaringan ATM BNI. Caranya mudah, Anda tinggal masuk ke menu ATM lalu pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Itu dia beberapa cara cek saldo BPJS secara mudah dan praktis. Dengan begitu Anda bisa bersemangat juga untuk membayar iuran dengan rutin, jangan lupa juga untuk membuat dan menyusun rencana pemanfaatan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya, semua untuk hal yang produktif, seperti bisa dimanfaatkan untuk beli tempat tinggal, modal usaha, atau keperluan penting lainnya.

Comments are closed.