Cek Tagihan Listrik PLN Bisa Online Maupun Offline

All About Money

Apa Anda tahu bahwa cek tagihan listrik bisa dilakukan secara online maupun offline. Sudah tahukah Anda caranya?

Saat ini Anda diberi kemudahan saat ingin mengecek tagihan listrik PLN. Bahkan sambil duduk manis di rumah, berapa tagihan listrik yang harus Anda bayarkan bulan ini bisa Anda ketahui. Pertanyaaanya kemudian adalah bagaimana caranya?

Bagi Anda yang masih belum tahu bagaimana cara mengeceknya, di bawah ini akan diulas secara lebih jelas lewat media apa saja tagihan listrik PLN bisa Anda cek.

Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

tagihan listrik via sms

Bagi Anda yang memilih cara ini, terdapat dua pilihan yang bisa dipilih. Pertama cek tagihan pada kurun waktu satu bulan. Kedua, cek tagihan secara continue. Kemudian untuk caranya sendiri adalah seperti ini:

  1. Cara cek tagihan listrik per bulan. Cukup dengan kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8132.
  2. Berlangganan pemberitahuan cek tagihan listrik. Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan lalu kirim ke 8123.

Tetapi sayangnya untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms seperti ini akan dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termask ppn 10 persen) per sms.

Baca juga: Sudah Coba CIMB Clicks bagi Anda Nasabah CIMB?

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Selain lewat sms, cara mengetahui tagihan listrik selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah melakukan panggilan telepon. Anda tinggal menghubungi costomer service PLN di 123 lalu tanyakan perihal tagihan listrik.

Namun, jangan sampai kelupaan untuk mencantumkan kode area daerah Anda. Misalnya, Kota Bogor, berarti telepon ke (0251)-123. Setelah itu ikuti saja petunjuk dari operator.

Untuk melakukan panggilan ke call centre PLN ini, Anda akan dikenakan tarif telepon normal. Cara yang satu ini juga bisa Anda lakukan kapan pun karena call center PLN siap sedia 24 jam.

Cek Tagihan Listrik Secara Online

info tagihan dan token listrik

Bagi Anda yang menginginkan cara yang lebih praktis lagi, bisa melakukannya secara online. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih, di antaranya seperti:

  1. Lewat Website

Cara pertama cek tagihan listrik secara online yang bisa Anda pilih adalah melalui website. Apa bisa? Tentu saja bisa. Hal ini dikarenakan website tersebut sudah terintegrasi dengan data yang ada di PLN.

  1. Lewat iOS

Cara berikutnya untuk cek tagihan listrik adalah melalui smartphone berbasis iOS. Artinya bagi Anda para pengguna Apple, ada beberapa aplikasi di App Store yang bisa digunakan untuk mengetahui tagihan listrik.

Misalnya saja seperti Info Cek Tagihan Listrik PLN, PLN Mobile, dan Tagihan. Semuanya aplikasi tersebut bisa dengan mudah Anda unduh pada ponsel berbasis iOS milik Anda.

Salah satu aplikasi yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna smartphone berbasis iOS adalah PLN Mobile. Hal ini dikarenakan PLN Mobile merupakan aplikasi resmi dari PT PLN.

Ternyata aplikasi satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan saja, namun bisa juga digunakan utuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, transaksi token listrik, info progress permohonan, info status listrik, sampai dengan sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Selain itu, cara pengecekannya pun cukup mudah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini:

  1. Pilih Menu Informasi pada tab
  2. Lanjukan dengan pilih Menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  3. Lalu masukkan ID Pelangan atau Nomor Meteran Anda. Setelah itu klik Cari.
  4. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta dengan besaran nominal yang harus dibayar.

Baca juga: Keuntungan Go-Pay yang Terverifikasi Serta Caranya

  1. Lewat Android

Tidak perlu iri, bukan hanya penggunan ponsel berbasis iOS saja yang bisa cek tagihan listrik melalui gadget. Sebab para pengguna ponsel bebasis Android pun bisa melakukannya. Bahkan aplikasi yang bisa Anda pilih saat ingin melakukan pengecekan pun lebih banyak jika dibandingkan dengan ponsel yang berbasis iOS.

Meskipun demikian, alangkah lebih amannya jika Anda memilih aplikasi resmi dari PT PLN, seperti PLN Mobile for Android. Untuk caranya, bisa dilihat di bawah ini:

  1. Awali dengan memilih Menu Informasi pada tab menu.
  2. Lanjutkan dengan memilih Menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  3. Setelah itu masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran Anda, lalu klik Cari.
  4. Aplikasi PLN Mobile for Android akan menampilkan status tagihan listrik beserta dengan besaran nominal yang harus dibayar.

Baca juga: Payroll: Pentingkah Layanan Ini Bagi Perusahaan?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp
  1. Via Langganan E-mail PLN

Cara cek tagihan listrik selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah via langganan e-mail PLN. Untuk mendapatkan e-mail berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, terlebih dahulu Anda harus terdaftar di e-billing PLN. Lalu bagaimana caranya?

Sebelum ada perubahan antarmuka laman resmi PLN, Anda bisa daftar langsung pada website resmi PLN. Namun setelah ada perubahan Anda bisa menanyakannya langsung via e-mail ke [email protected] atau Anda juga bisa menanyakannya lewat media sosial resmi PLN, yaitu Facebook PLN 123 atau Twitter @pln_123.

Datang ke Kantor Cabang PLN

Alternatif lain untuk cek tagihan listrik adalah dengan datang langsung ke kantor cabang PLN yang paling dekat dengan kediaman Anda. Dengan langsung mendatanginya, Anda bisa langsung menanyakan informasi terkait dengan tagihan listrik serta status tagihan di loket yang tersedia.

Seperti itulah beberapa alternatif yang bisa Anda pilih ketika ingin melakukan cek tagihan listrik PLN. Melihat beberapa opsi yang bisa dipilih, rasa-rasanya cek tagihan listrik secara online bisa dikatakan lebih efisien jika dibandingkan dengan cara lain. Maka, agar lebih praktis Anda bisa mencobanya saat diperlukan nanti.

Comments are closed.