Dilema Tempat Tinggal Pasangan Baru Menikah: Rumah atau Apartemen?

All About Money


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Pasangan yang baru saja menikah seringkali dilema untuk urusan tempat tinggal antara beli rumah atau apartemen?

Memiliki tempat tinggal sendiri jadi impian semua orang. Hal ini merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Untuk memiliki tempat tinggal, tentunya harus dipikirkan dengan cermat dan terencana dengan matang. Saat ini pembangunan properti di Indonesia sedang berkembang pesat, banyak sekali developer membangun komplek perumahan cluster dan apartemen. Tujuannya jelas karena kebutuhan masyarakat Indonesia akan tempat tinggal tinggi. Maka banyak dibangun tempat tinggal yang menawarkan berbagai macam keuntungan.

Seringkali menjadi dilema bagi para pasangan muda, dalam memilih tempat tinggal antara beli rumah atau apartemen. Kemudian lokasi menjadi pilihan berikutnya: Tempat tinggal tersebut berada di tempat yang strategis atau gak? Strategis dalam arti di sini berarti dekat dengan tempat-tempat yang mudah dijangkau sehari-hari. Seperti kantor, mal, rumah sakit, dan tempat penting lainnya.

Apa saja faktor-faktor yang selalu menjadi pertimbangan bagi Anda saat memilih tempat tinggal untuk beli apartemen atau rumah.

Tujuan Keuangan

Sebelum menentukan keputusan bersama untuk membeli tempat tinggal. Anda harus memprioritaskan anggaran keuangan rumah tangga. Semua hal membutuhkan proses, Anda tak perlu mempertimbangkannya terlalu lama atau terburu-buru. Selama Anda dan pasangan memiliki tujuan yang sama, semua prosesnya akan mudah dijalani berdua.

Faktor Lokasi

Ketika memilih lokasi tempat tinggal cobalah untuk tidak terlalu jauh dengan tempat-tempat yang setiap saat Anda harus datangi seperti tempat Anda bekerja, pusat perbelanjaan, dan keluarga. Jarak dekat ini membantu Anda untuk memangkas biaya transportasi untuk perjalanan Anda , juga tidak terlalu menguras stamina bila terlalu jauh. Terutama dengan lokasi yang dekat dengan semua akses yang sangat penting itu sangat menguntungkan juga. Anda juga bisa survei walaupun agak jauh dari kantor tapi tempatnya lumayan murah dan dekat ke mana-mana. Jadi cermatlah dalam menentukan lokasi.

Perhitungan Biaya

Perhatikan segala macam biaya yang akan dikeluarkan untuk menyewa tempat tinggal baik itu apartemen atau mengontrak rumah. Lihat efektivitasnya dalam memilih tempat tinggal, mengontrak rumah yang berukuran sedang sangat pas untuk bisa bersosialisasi dengan sekitar. Memilih apartemen sangat cocok untuk Anda yang sibuk, jadi pulang langsung istirahat tapi biasanya biaya sewanya juga tinggi dibandingkan rumah.

Biaya Perawatan

Perhatikan juga biaya perawatan bulanan ketika Anda memilih rumah atau apartemen sebagai tempat yang Anda ingin ditempati. Perawatan rumah banyak juga meliputi hal ketika Anda mengontrak, genting-genting dan langit-langit yang bocor, cat , juga kebersihan rumah sendiri. Perawatan apartemen justru lebih sedikit yang harus dikeluarkan, karena kontruksinya kuat sehingga jarang sekali terjadi kebocoran atau masalah pada air di kamar mandi. Mana kiranya biaya perawatan yang tidak terlalu membebani Anda semuanya bisa dipikirkan dengan seksama dan dikonsultasikan bersama pasangan.

Biaya Rutin Bulanan

Apa saja dana yang harus dikeluarkan rutin tiap bulannya untuk biaya-biaya seperti rekening listrik, keamanan, kebersihan. Baik menyewa apartemen atau rumah harus cermat juga dalam mengurusi biaya bulanan yang harus dikeluarkan. Untuk biaya ini semua, biasanya bila Anda menyewa apartemen biaya akan diakumulasikan setiap akhir bulannya. Atau ada juga yang sudah termasuk semua dalam biaya sewa. Bila Anda membeli rumah semua biaya ini harus Anda persiapkan di akhir bulannya. Biasanya ada petugas yang berkeliling komplek untuk mengumpulkan retribusi ini setiap satu bulan sekali atau setiap minggu sekali.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Pertimbangan paling penting dari semuanya adalah pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan, bila Anda ingin mengontrak rumah karena ingin lingkungan yang lebih bersosialisasi dengan tetangga itu juga tepat. Agar kalau terjadi apa-apa bisa saling membantu agar lingkungan tercipta dengan aman. Kalau Anda yang ingin di apartemen mungkin biar lebih nyaman saja, karena berbagai fasilitas biasanya juga tersedia seperti kolam renang, lapangan basket, hingga gym.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah dan Apartemen

Kelebihan Memiliki Rumah

Tradisi

Orang-orang beranggapan bahwa tempat tinggal yang ideal adalah rumah. Hal itu dikarenakan rumah membuat pemiliknya seolah-olah “benar benar memiliki” sebuah tempat tinggal. Rumah juga dapat menjaga privasi pemiliknya. Selain itu, kesempatan untuk modifikasi rumah juga lebih besar karena rumah berdiri di atas tanah sendiri.

Faktor Keamanan

Orang-orang memilih rumah dikarenakan rumah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Dengan memiliki rumah, maka Anda dapat mengatur sendiri tingkat keamanan yang diinginkan. Hal tersebut berbeda dengan apartemen di mana harus berbagi dengan tetangga karena apartemen berisi banyak orang di atas satu tanah.

Kekurangan Memiliki Rumah

Biaya yang dibebankan terkadang tidak terkontrol jika Anda tidak bisa menjaga pengeluaran untuk rumah tersebut. Selain itu, terdapat banyak sekali macam beban yang terkait dengan rumah, seperti, asuransi, telepon, renovasi, dan listrik.

Kelebihan Memiliki Apartemen

Motivasi seseorang memilih apartemen sebagai alternatif tempat tinggal adalah sebagai berikut ini.

Faktor Kepraktisan

Bertempat tinggal di apartemen tergolong praktis karena di apartemen Anda siap tinggal tanpa perlu mengurusi perabotan yang dibutuhkan di dalam ruangan. Anda hanya tinggal membawa pakaian dan beberapa barang yang dianggap penting karena perabotan rumah tangga sudah tersedia di apartemen.

Faktor Mobilitas

Apartemen biasanya dibangun di tempat yang dekat dengan lokasi perkantoran alias lokasi bisnis. Dengan memilih apartemen, maka jarak tempuh ke lokasi kerja akan lebih efektif. Begitu juga dengan sekolah anak-anak.

Faktor Keamanan

Di apartemen biasanya terdapat petugas keamanan yang disediakan pengelola untuk menjaga setiap saatnya. Juga ada sistem pengamanan gedung seperti kamera CCTV. Berbeda dengan rumah. Di rumah, Anda sendirilah yang menjaga keamanan rumah. Meskipun terdapat satpam komplek, tetapi dia bukan hanya menjaga rumah Anda saja, tetapi banyak rumah lainnya. Kalau pun Anda ingin menambahkan segala macam sistem pengamanan seperti yang tersedia di apartemen, Anda harus mengeluarkan kocek sendiri.

Faktor Prestise

Apartemen dianggap orang-orang merupakan tempat tinggal yang memiliki status sosial tinggi. Dengan tinggal di apartemen, maka otomatis status kita akan terangkat di masyarakat.

Kelemahan Memiliki Apartemen

Kekurangan dari apartemen, yaitu tidak punya halaman sendiri karena satu kompleks biasanya sudah tentukan luasnya, lebih berisiko terhadap bencana alam, seperti gempa bumi, dan terdapat aturan ketat dari pengelola apartemen.

Comments are closed.