Tip Hadapi Naiknya Harga Emas Agar Tak Kalap Menjualnya

All About Money

Emas merupakan salah satu investasi yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan harganya yang selalu mengalami kenaikan. Namun, jangan gegabah! Begini cara menghadapi harga emas yang naik.

Harga emas tahun ini mengalami peningkatan. Menjualnya akan memberikan banyak keuntungan dalam keuangan. Namun begitu, Anda sebaiknya memperhitungkan banyak hal supaya tidak keliru memutuskan.

Banyak orang yang salah perhitungan. Khususnya ketika dihadapkan pada melonjaknya harga logam mulia. Seseorang rela melepasnya demi memperoleh keuntungan sampai dua kali lipat.

Keputusan ini bisa menjadi blunder alias keasalahan besar. Alasannya sangat sederhana. Anda tidak akan kebagian peluang untuk mengambil keuntungan di masa mendatang.

Anda butuh rencana tepat untuk menangani masalah tersebut. Yakni bisa memanfaatkan naiknya harga logam mulia, tapi tidak sampai membuat Anda kehilangan untung di masa mendatang. Bagaimana caranya?

Baca juga: Tip Berinvestasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

Penyebab Naiknya Harga Emas

harga emas naik

Diketahui bahwa harga logam emas saat ini mencapai Rp713.000,00 per gram di ibu kota. Harga ini cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan ini disebabkan oleh banyak hal.

Penyebab pertama adalah adanya ekspektasi tentang menurunnya suku bunga bank central di Amerika Serikat. Penurunan ini diklaim akan terjadi di bulan-bulan ke depan. Munculnya ekpektasi ini membuat logam ini melesat jauh di pasaran. Nilai jualnya menjadi cukup tinggi hari ini. Malahan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan yang signifikan.

Penyebab yang kedua adalah masalah geopolitik yang terjadi antara Iran dan Amerika Serikat. Ketegangan ini memunculkan banyak spekulasi tentang nilai mata uang. Lantas, banyak pengusaha yang mencari cara teraman untuk menjaga asetnya.

Cara yang dilakukan adalah dengan membeli emas dalam jumlah besar. Ini dilakukan oleh kebanyakan pengusaha, karena emas dipandang bisa bertahan. Malahan nilainya tidak terpengaruh oleh keputusan yang diambil oleh Bank Dunia.

Emas menjadi aset paling berharga bagi pengusaha. Emas bisa dijadikan sebagai harta utama untuk mengatasi ketidakpastian saham. Tidak salah bila emas menjadi incaran dari banyak pengusaha.

Baca juga: Cryptocurrency Indonesia: Kelebihan dan Kekurangannya!

Tip Mendapatkan Keuntungan Saat Harga Emas Naik

Naiknya harga emas kadang membuat orang sulit untuk menahannya. Banyak yang berpendapat kalau ini adalah periode terbaik untuk menjual emas. Sebab nilai jualnya sangat tinggi.

Dengan menjual emas, seseorang bisa mengantongi uang dalam jumlah yang besar. Apalagi jika emas yang dimiliki cukup banyak. Sudah pasti saku kantong akan semakin tebal.

Meskipun begitu, Anda tidak disarankan untuk menjual emas yang dimiliki. Anda masih perlu menahannya sebagai cadangan. Setidaknya, Anda bisa melakukan penjualan ini sesuai dengan kebutuhan saja.

Contohnya bila Anda memiliki emas tiga gram dan harga jualnya di kisaran Rp1 juta per gramnya. Anda harus melihat kebutuhan hidup Anda. Jangan sampai menjual keseluruhan meskipun dulunya membeli emas ini seharga Rp500.000,00 per gram.

Katakanlah Anda hanya butuh Rp1 juta untuk memenuhi kebutuhan harian. Solusinya adalah menjual emas satu gram saja. Sementara sisanya masih ditahan untuk kebutuhan lain di masa mendatang.

Pengaplikasian ini cukup masuk akal. Alasannya adalah nilai emas selalu naik di tiap tahunnya. Dan ini bisa menjadi investasi berharga untuk jaminan masa tua.

Berbeda jika Anda menjualnya secara keseluruhan dengan asumsi telah untung setengahnya. Memang Anda telah mengantongi keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Tapi masa depan Anda masih dalam tanda tanya.

Bisa saja nilai mata uang melemah sehingga besaran angka uang yang Anda miliki tidak berarti. Apalagi nominal uang tiap tahunnya terus melemah. Misalnya Rp100.000,00 saat ini dipandang besar, tapi di masa mendatang akan dipandang sangat kecil.

Jika uang ini ditabungkan dalam waktu yang lama, sudah pasti nilai uang ini akan menurun. Dan ini akan membuat Anda kesulitan di masa mendatang. Makanya, solusinya adalah tetap menyimpan emas ini di kala harga sedang naik tajam.

Baca juga: Bank dengan Bunga Deposito Terbaik di Indonesia

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Investasi Emas untuk Amankan Masa Depan

penyebab harga emas naik

Sebagai jaminan hari tua Anda, investasi sangat diperlukan. Investasi juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain di masa mendatang seperti memenuhi biaya pendidikan anak dan lain sebagainya. Dan investasi terbaik selain reksa dana adalah emas.

Emas dipandang sebagai pilihan paling bijak ketimbang investasi bentuk lain. Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan untuk Anda yang terbilang baru dalam dunia investasi.

Anda tidak akan khawatir jika investasi ini akan sia-sia. Investasi jenis ini terbilang paling aman, karena emas sangatlah bagus nilainya di tiap tahun.

Meskipun begitu, Anda perlu memilih produk yang tepat dalam menentukan emas. Setidaknya, ada dua opsi yang bisa dipilih. Namun dari kedua produk ini, ada yang terbaik.

Produk yang dimaksud adalah emas batangan dan emas dalam bentuk perhiasan. Keduanya sama-sama terbuat dari emas. Namun nilainya akan berbeda nantinya.

Pilihan terbaik adalah berinvestasi emas batangan. Emas dalam bentuk batangan lebih terjaga nilainya. Kecenderungannya adalah meningkat nilainya. Dan ini membuat Anda bisa meraih keuntungan lebih besar di masa mendatang.

Berbeda jika menyimpan emas dalam bentuk perhiasan. Emas yang sudah dalam bentuk perhiasan nilainya tidak terlalu besar. Alasannya adalah perhiasan ini tidak sepenuhnya dibuat dari emas.

Menyadari akan hal ini, sudah semestinya Anda memilih emas batangan sebagai investasi. Anda bisa memulainya dengan membeli sedikit demi sedikit. Bisa di bank ataupun di pegadaian.

Anda juga bisa menyimpannya sendiri. Tapi yang paling baik adalah disimpan di kantornya. Meskipun ada tambahan biaya penyimpanan, namun menyimpan di kantor jauh lebih aman.

Simpanan ini bisa bertahan lama. Ketika Anda membutuhkan biaya untuk membayar pendidikan anak, emas ini bisa digunakan.

Kesimpulannya, jual emas sesuai kebutuhan. Tetapi pastikan ada yang ditahan untuk kebutuhan di masa mendatang. Dengan begitu, Anda tidak akan kalap ketika harga emas berada di titik tertinggi saat ini.

Comments are closed.