Ide Bisnis dengan Modal Minim

Ide bisnis untuk berwirausaha mungkin dimiliki oleh banyak orang. Tapi minimnya modal sering menjadi kendala.

All About Money

Ide bisnis untuk berwirausaha mungkin dimiliki oleh banyak orang. Tapi minimnya modal sering menjadi kendala.

 

Ide bisnis untuk berwirausaha dan mempekerjakan orang lain bisa jadi adalah keinginan banyak orang. Namun sering kali keinginan tersebut pupus sebelum terwujud. Bahkan ide bisnis yang sebenarnya unik, bagus, dan menarik pasar bisa jadi tidak terlaksana sama sekali.

 

Banyak alasan orang untuk tidak mulai wisausaha sendiri, mulai dari tidak punya modal banyak, takut merugi, dan takut ditipu orang adalah beberapa alasan yang sering terjadi. Namun setiap bisnis ada risiko yang harus dihadapi, makin besar risiko Anda maka biasanya makin banyak keuntungan yang akan diperoleh dan begitu pula sebaliknya.

 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis sendiri tapi terkendala dengan modal yang terbatas, berikut adalah beberapa ide bisnis dengan modal minim yang mungkin dapat Anda coba.

 

Reseller

Reseller adalah pembeli yang menjual lagi produk yang mereka beli kepada orang lain. Biasanya produk yang ada pada reseller sudah berwujud fisik. Menurut situs bisnishack.com, sistem kerja reseller hanya mengambil barang dari penyedia produk dengan tujuan untuk dijual kembali atau dijualnya sebagai produk miliknya sendiri. Bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang cukup besar karena terkadang reseller membayar setelah barang sudah dipesan oleh konsumen.

 

Dropship

Dropship mirip dengan system kerja bisnis reseller. Hanya saja menurut artikel yang ditulis Wiko Rahardjo pada situs Reader¥s Digest Indonesia, www.readersdigest.co.id, dropshipper tidak memegang atau memiliki produk. Dropshipper hanya membantu mempromosikan produk hingga produk tersebut terjual. Transaksi barang seperti penerimaan pesanan konsumen dan pembayaran konsumen langsung dilakukan dropshipper, tapi pengemasan dan pengiriman barang diurus oleh pemilik produk.

 

Bisnis jasa

Jika Anda memiliki keahlian tertentu apalagi jika keahlian Anda itu jarang dikuasai orang lain, hal tersebut bisa dijadikan ide bisnis dan modal untuk memulai usaha sendiri. Jika Anda pandai dalam hal fotografi misalnya, maka Anda bisa membuka studio foto atau sekadar menjadikannya sebagai usaha sampingan di acara-acara seperti pernikahan atau ulang tahun. Selain itu, bisnis jasa lain yang bisa dijadikan pertimbangan adalah les privat, menulis, menjahit baju, jasa pengetikan dan lain-lain.

 

Pulsa elektrik

Siapa yang tidak memiliki telepon seluler sekarang ini? Semakin banyak orang yang memiliki ponsel, maka penjual pulsa elektrik pun semakin dibutuhkan. Jual-beli pulsa elektrik diminati karena mudah, tidak membutuhkan banyak modal, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 

COBA SEKARANG: Cara Baru Mendapatkan Asuransi Hanya 5 menit Tanpa Ribet di Futuready.com Cara Mudah Berasuransi

 

Warung makan

Pada artikel yang dilansir situs detikfinance.com (22/4/2013) dan ditulis oleh Wiji Nurhayat, bisnis rumah makan adalah salah satu ide bisnis yang bisa dilakukan hanya dengan modal kecil. Warung makan nasi uduk atau lontong sayur adalah beberapa contohnya. Tentunya keterampilan memasak merupakan modal utama dalam membuka usaha ini.

 

Gimana, modal minim kini tidak lagi menjadi kendala jika Anda ingin membuka usaha sendiri bukan? Apakah Anda memiliki ide bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim? Silakan bagikan dengan kami lewat kolom komentar di bawah ini. Semoga berhasil!

 

Leave a Reply