Modal Ventura Sebagai Modal Buat Start Up

All About Money

Sekarang, mendirikan perusahaan start up tak lagi sulit. Modal bisa didapatkan melalui modal ventura yang diberikan oleh perusahaan besar.

Sekarang ini, perusahaan start up semakin menjamur. Hal ini tak lain, karena besarnya peluang serta keuntungan yang didapat dengan menjalankan perusahaan start up. Meski skalanya kecil, bukan tidak mungkin perusahaan start up berkembang menjadi perusahaan besar. Sudah banyak sekali contohnya, baik di luar negeri maupun di tanah air.

Menjamurnya perusahaan start up sering kali memunculkan pertanyaan, “Dari mana modal untuk mendirikan dan menjalankan perusahaan start up?”. Ya, kita semua tahu bahwa untuk menjalankan sesuatu, terlebih perusahaan, yang harus dimiliki pertama kali adalah modal. Tapi, hal tersebut dapat dijawab dengan mudah, yaitu melalui modal ventura.

modal ventura

Mungkin sebagian besar dari Anda belum familiar mendengarnya. Tapi faktanya, hampir setiap start up yang berjalan saat ini memperoleh modal dari modal tersebut. Jadi, apa yang dimaksud dengan modal ventura?

Baca juga: Merencanakan Bisnis Sampingan? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Definisinya adalah suatu investasi berbentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Umumnya diberikan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan saham perusahaan yang didanai. Jadi, pemberi modal akan memiliki saham pada start up yang memperoleh dana tersebut.

Cara mendapatkannya pun terbilang mudah dan tidak bertele-tele. Hanya dalam beberapa langkah, jika berhasil, modal tersebut akan cair dan dapat digunakan langsung untuk menjalankan perusahaan start up yang sudah direncakanan.

Tak perlu berlama-lama, simak langkah-langkah untuk mendapatkannya berikut ini!

Kunjungi Pameran Start Up atau UKM

Acara pameran start up merupakan tempat dan waktu yang tepat untuk berburu investor. Sebab, sebagian besar yang hadir pada acara tersebut adalah perusahaan besar yang sedang mencari perusahaan start up. Tak jarang acara pameran dibuat langsung oleh perusahaan raksasa di tanah air.

Baca juga: Mau Menjadi Salah Satu Pengusaha Sukses Indonesia? Begini Caranya!

Jika Anda memiliki ide untuk menjalankan perusahaan start up, Anda wajib datang ke pameran ini dan bertemu langsung untuk menyampaikan ide perusahaan start up apa yang ingin Anda jalankan.

Ajukan Rencana Bisnis

modal ventura

Jika Anda telah bertemu langsung dengan investor, selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat rencana bisnis yang ingin Anda jalankan. Isi dari rencana bisnis ini harus detail. Poin-poin yang harus ada pada rencana bisnis untuk memuluskan jalan adalah strategi bisnis, biaya dan kebutuhan, cara meningkatkan nilai bisnis, dan cara mencari sumber pendanaan usaha.

Rencana bisnis disajikan dalam bentuk proposal. Sebagai catatan, buatlah proposal dengan gaya bahasa yang baik dan mudah dicerna, tidak bertele-tele, dan mengandung data yang akurat.

Due Diligence

modal ventura

Tahap ini merupakan tahap yang paling penting. Investor akan mengajukan berbagai pertanyaan serta revisi atas ide start up yang Anda ajukan agar sesuai dengan yang diinginkan oleh sang pemilik modal.

Perlu mental yang kuat jika Anda ingin melalui fase ini. Sebab, Anda akan berulang kali dipanggil oleh investor untuk menjawab pertanyaan serta memberikan pengembangan sesuai dengan gagasan yang diberikan oleh investor.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Penandatanganan Perjanjian

Jika due diligence berjalan lancar, maka selanjutnya Anda berhasil mendapatkan modal. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menandatangani perjanjian yang diberikan oleh pemilik modal. Jika sudah, Anda akan dengan leluasa menggunakan modal tersebut untuk menjalankan perusahaan start up.

Berminat untuk menjalankan perusahaan start up? Implementasikan langkah-langkah di atas agar Anda mendapatkan modal untuk memulai bisnis yang Anda inginkan!

Comments are closed.