Ini Prioritas Keuangan Pasangan Muda yang Baru Menikah

All About MoneyFamily

Bagi pasangan muda yang baru menikah, keuangan adalah konteks utama. Bagaimana mengatur skala prioritas keuangan pasangan muda seperti Anda dalam rumah tangga.

Salah satu pilar dalam rumah tangga adalah keuangan. Terlebih bagi pasangan muda yang baru saja menikah tentu wajib bisa mengatur keuangannya dengan baik. Jika Anda bersama pasangan tidak bisa mengatur pengeluaran atau pemasukan dan boros, hal ini bisa mengganggu kehidupan ekonomi di keluarga Anda. Untuk itu Anda harus bisa mengatur skala prioritas keuangan untuk membuat rumah tangga Anda semakin harmonis.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

keuangan pasangan muda

Lalu apa saja prioritas keuangan pasangan muda yang baru saja menikah?

Tempat Tinggal

Tempat tinggal adalah prioritas pertama yang harus Anda pertimbangkan. Berusahalah untuk tidak tinggal bersama orangtua atau mertua, dengan mencari tempat tinggal sendiri. Anda bisa mencari berbagai tempat tinggal sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Bila belum mempunyai dana Anda bisa kos, mengontrak rumah, atau menyewa apartemen. Hingga pada saat dananya terkumpul Anda bisa membeli rumah dengan program KPR. Setelah itu baru menabung untuk membeli perabotan dan perlengkapan rumah tangga seperti kasur, lemari, tv, kompor, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Asuransi Kesehatan

Salah satu cara mengamankan keuangan adalah berinvestasi untuk kesehatan. Salah satu caranya adalah memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini untuk membantu Anda dan keluarga bila ada kebutuhan mendadak. Bisa jadi salah satu dari Anda ada yang mendadak jatuh sakit dan memerlukan perawatan medis atau rawat inap, maka akan dilindungi oleh asuransi kesehatan. Jumlah premi terkecil tiap bulan ada Rp500 ribu, hal ini tentu tidak akan memberatkan mengingat kebutuhan Anda dan pasangan saat sakit akan bisa terlindungi.

Tabungan Pendidikan Anak

Setelah prioritaskan kebutuhan akan kesehatan, saatnya memikirkan kebutuhan pendidikan anak. Pos satu ini tentunya membutuhkan dana tidak sedikit. Salah satu caranya Anda wajib memiliki asuransi untuk tabungan pendidikan anak-anak, ada tabungan rencana atau tahapan berjangka. Sistemnya menggunakan auto debet, jadi setiap bulannya Anda akan terpotong otomatis dengan nilai nominal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kebahagiaan Orangtua

Sisihkan pendapatan Anda untuk bisa memberikan rutin kepada orangtua. Bisa dengan cara memberinya rutin setiap bulan atau mengumpulkan tiap bulan sampai terkumpul untuk membeli barang-barang kesukaan yang sedang dibutuhkan orangtua atau mengajak pergi berlibur. Ini yang dinamankan dana untuk membuat orangtua bahagia yang harus rutin, untuk membalas apa yang telah mereka lakukan pada saat kita kecil.

Merencanakan Masa Tua

Rencanakanlah dari sekarang untuk hari tua yang lebih baik dengan mempersiapkan tabungan. Anda dan pasangan bisa menaruhnya ke dalam deposito supaya uang itu bisa selalu ditambah tapi tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Bisa juga dengan cara lain yaitu berinvestasi kecil-kecilan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Misalnya Anda bisa ikut reksa dana, menabung emas, atau menaruh modal pada suatu bisnis yang bisa menguntungkan.

Kendaraan

Kendaraan yang dimaksud di sini adalah mobil, mobil bisa termasuk dalam kebutuhan untuk keluarga Anda nantinya. Mobil sebagai transportasi keluarga sangat bermanfaat dan berfungsi untuk kebutuhan keluarga, untuk penunjang harian Anda bekerja, mengantar anak-anak sekolah, hingga mengajak jalan-jalan keluarga. Belilah mobil yang sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda, baik itu mobil baru atau bekas selama tidak membebani dan bisa memberikan kenyamanan bagi Anda.

Pasangan muda yang baru saja menikah sangatlah diwajibkan untuk membuat prioritas keuangan pasangan baru. Tujuannya tentu jelas agar sangat terencana pada setiap fase kehidupan rumah tangga. Dengan begitu keuangan akan terkontrol dan kebutuhan juga akan tetap terjaga dengan baik sampai masa tua yang tenang nanti.

Leave a Reply