Internet Banking Mandiri: Hanya 5 Menit Daftarnya!

All About Money

Kehadiran internet banking Mandiri tentu dibuat untuk memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi. Sejauh ini, bagaimana pelayanannya dan cara mendaftarnya?

Dengan adanya IB Mandiri, kini Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai macam transaksi perbankan melalui smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet. Lalu, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara mendaftar sehingga bisa menggunakan fasilitas ini?

Seperti yang sudah diketahui bersama, internet banking sangat berguna terutama untuk urusan transaksi perbankan. Apalagi jika dibandingkan dengan ketika Anda melakukan transaksi di ATM atau bank, menggunakan internet banking seperti ini dirasa lebih efektif dan efisien.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, yang segala sesuatu bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan internet. Dengan adanya internet banking seperti ini, pastinya akan semakin membuat transaksi keuangan Anda akan semakin mudah dan cepat.

Mandiri internet banking yang bisa diakses di antaranya adalah internet banking nasabah perorangan atau individu dan bisnis. Kemudian untuk caranya adalah langsung saja buka situs resminya di bankmandiri.co.id melalui smartphone maupun PC atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Kartu Kredit Mandiri

Mandiri Internet dan Mandiri Online

IB Mandiri merupakan saluran distribusi bank untuk mengakses rekening nasabah lewat jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada PC atau laptop. Bisa digunakan secara realtime melalui akses internet selama 24 jam penuh atau tujuh hari dalam seminggu.

mandiri online

Sementara itu, Mandiri online merupakan layanan banking Mandiri yang tersedia dalam versi aplikasi mobile. Kemudian untuk fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut antara lain:

  1. Kontrol penuh finansial.
  2. Transaksi finansial, meliputi transfer, beli pulsa, top up, pembayaran tagihan kartu kredit, dan pembayaran biller
  3. Top up, meliputi isi ulang Mandiri e-Cash, Go-Pay, e-Money, M-Trix, dan jenis uang elektronik lainnya.
  4. Transfer uang antar bank.
  5. Histori transaksi lengkap, meliputi cek saldo, cek mutasi rekening, histori transaksi tabungan dan kartu kredit, dan lain sebagainya.
  6. Buka deposito dan tabungan.
  7. Akses web dan aplikasi yang sudah terintegrasi.
  8. Sistem keamanan berlapis.

Biaya Layanan Internet Banking Mandiri

Secara umum sebenarnya semua transaksi yang menggunakan Mandiri Internet adalah gratis, kecuali untuk pembelian token yang mengharuskan untuk dibeli pada awal pendaftaran. Kemudian untuk harga tokennya sendiri sebesar Rp20.000 yang perlu dibayar sekali saja. Sedangkan untuk biaya pergantian token yang hilang, akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000.

Memangnya apa itu token? Lalu apa fungsi dari token itu sendiri? Token ini sebenarnya merupakan alat yang berfungsi sebagai tambahan lapisan keamanan. Artinya, Anda diharuskan untuk mengunakan token ketika login dan mengakses layanan tersebut. Token yang mirip seperti kalkulator ini memiliki fungsi untuk membuat one time password (OTP) atau PIN dinamis setiap kali Anda ingin melakukan transaksi keungan.

Baca juga: E-Money Mandiri: Ini Keuntungan dan Cara Menggunakannya!

Daftar Melalui Customer Service Bank Mandiri

Cara paling mudah saat Anda ingin daftar adalah dengan datang lansung ke Bank Mandiri dan bertemu dengan Customer Service (CS) agar dibantu dalam proses pendaftaran Mandiri online banking dan aktivasinya.

situs internet banking mandiri

Namun, kelemahan pendaftaran dengan cara ini adalah harus menunggu antrean untuk bisa bertemu dengan CS Bank Mandiri. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu, Anda bisa memilih cara kedua, yaitu daftar lewat ATM.

Daftar Mandiri Internet Banking Lewat ATM

Jika Anda memilih cara kedua ini, maka langkahnya adalah seperti ini:

  1. Masukkan kartu ATM Mandiri dan masukkan PIN.
  2. Pada Menu Utama, pilih Transaksi Lainnya, kemudian pilih saja Pendaftaran E-Banking dan pilih Internet Banking, lalu pilih Setuju.
  3. Setelah itu lanjutkan dengan memasukkan password sejumlah 6 digit yang mudah diingat untuk digunakan sebagai password dari akun Mandiri milik Anda. Jika sudah yakin dengan password yang Anda buat, lanjutkan dengan memilih Benar. Kemudian lanjutkan dengan verifikasi ulang password yang sudah Anda buat tadi.
  4. Lanjutkan dengan tekan kembali tombol Benar jika Anda sudah yakin password yang Anda tulis sama, lalu tekan kembali tombol Benar.
  5. Jika pendaftarannya sudah sukses nanti akan ada pemberitahuan pada layar ATM bahwa pendaftarannya sudah berhasil.
  6. Terakhir, lanjutkan ke tahap aktivasi lewat browser di smartphone atau laptop Anda.

Baca juga: Produk Bank yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cara Aktivasi

situs internet banking mandiri

Setelah selesai melakukan pendaftaran lewat ATM, jangan lupa untuk melakukan aktivasi. Cara aktivasinya adalah seperti ini:

  1. Buka situs bankmandiri.co.id lewat browser di smartphone, PC, atau laptop. Setelah itu akan muncul tampilan web Bank Mandiri di layar.
  2. Klik Pengguna Baru/Registransi Ulang. Lalu pilih Setuju dan masukkan Acces ID (16 digit di struk yang tercetak setelah Anda melakukan pendaftaran di ATM) dan Acces Code internet banking (password yang Anda masukkan pada saat mendaftar di ATM). Dan setelah semua informasi sudah dimasukkan dengan benar, klik Aktifkan.
  3. Setelah itu lanjutkan dengan mengisi data seperti User ID dan Password untuk login internet banking Dan untuk User ID harus diisi dengan perpaduan antara huruf dan angka.

Jadi seperti itulah cara aktivasi Mandiri online setelah Anda melakuan pendaftaran melalui ATM. Namun jika Anda merasa kesulitan atau gagal saat proses pendaftaran lewat ATM, sebaiknya datang saja ke kantor Bank Mandiri terdekat supaya proses pendaftarannya bisa dibantu oleh CS dari Bank Mandiri langsung. Jadi, Anda punya pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan waktu dan kesibukan Anda sehari-hari. Selamat bertransaksi dengan aman!

Comments are closed.