Investasi atau Bisnis?

Saya berusia 19 tahun dan memiliki uang Rp20 juta. Menurut Ibu, sebaiknya uang tersebut saya investasikan atau digunakan untuk bisnis?

All About Money

Selamat pagi Ibu Prita,

Saya berusia 19 tahun dan memiliki uang Rp20 juta. Menurut Ibu, sebaiknya uang tersebut saya investasikan atau digunakan untuk bisnis? Teman saya mengajak bisnis yang menghasilkan Rp1 juta per bulan dengan berinvestasi Rp20 juta. Pilihan mana yang lebih tepat? Bila berinvestasi, sebaiknya berinvestasi jenis apa? Terima kasih sebelumnya.
Ê
Salam,
Galih Anugrah
Ê
Selamat pagi Galih,
Dalam perencanaan keuangan, Anda punya pilihan untuk berinvestasi dalam bentuk aset fisik seperti properti atau emas, aset finansial seperti reksa dana atau deposito, dan bentuk bisnis atau usaha. Apa pun pilihan Anda merupakan salah satu bentuk investasi.
Ê
Pemilihan bentuk investasi mempunyai tujuan akhir, yaitu mencapai tujuan finansial di masa depan. Sebagai langkah awal, Anda dapat menentukan untuk apa uang ini akan dipakai, kapan akan dipakai, serta bagaimana profil risiko Anda. Semakin tinggi potensi keuntungan yang Anda harapkan, maka risiko investasi juga akan semakin besar. Di usia muda ini, pikirkanlah untuk berinvestasi dengan tujuan finansial memenuhi biaya hidup di masa depan.
Ê
Tawaran usaha dari teman Anda yang menjanjikan hasil Rp1 juta per bulan atau Rp12 juta per tahun dengan investasi Rp20 juta, mengandaikan imbal hasil sebesar 60% per tahun. Apabila dibandingkan dengan BI Rate di bulan Desember 2014 ini yang senilai 7.75% per tahun, maka investasi yang ditawarkan tergolong kurang wajar. Sebaiknya Anda waspada sebelum memutuskan untuk berinvestasi.
Ê
Pahami bahwa investasi berbeda dengan menabung. Jika menabung, imbal hasil umumnya dijanjikan dan modal awal investasi pun tidak berkurang. Sedangkan, dalam investasi imbal hasil dan nilai modal awal dapat berfluktuasi. Anda dapat mengalihkan dana yang saat ini dimiliki untuk berinvestasi di aset finansial yang memiliki ijin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk persiapan masa depan Anda.
Ê
Apabila Anda akan menggunakan dana tersebut dalam jangka di atas 5 tahun, maka pilihan investasi seperti reksa dana campuran dapat dipertimbangkan. Pun jika dana tersebut akan dipakai dalam jangka di bawah 5 tahun, maka pilihan investasi seperti obligasi ritel Indonesia atau deposito dapat dipertimbangkan. Selamat mencoba. Live a Beautiful Life!

Leave a Reply