Tip Jitu Memulai Investasi Berlian Anti Ribet

All About Money

Investasi berlian membutuhkan proses panjang, mulai dari menentukan standar kualitas berlian, segmen pasar hingga melakukan perawatan yang tepat. Berlian dapat menjadi cadangan dana yang sangat liquid sehingga cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Berlian adalah teman terbaik wanita. Katanya intan permata ini dapat membuat seorang wanita tampak lebih memesona. Tidak heran ya jika para kaum hawa berlomba mendapatkan intan permata terbaik di dunia. Namun disamping keindahannya itu apakah berlian juga teman baik investor?

Berlian serupa dengan investasi Emas, Bitcoin, Perak, dan Forex. Bagi investor, berlian adalah penyimpan nilai, tetapi nilai ini hanya dapat diperoleh kembali jika investor lain bersedia membayar dengan nominal minimum sebesar dana pembelian awal.

Baca juga: Investasi Perhiasan Emas: Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya?

Pada awalnya, intan permata ini mungkin terlihat seperti investasi beli dan tahan yang sederhana, tidak serumit membeli PG (Procter and Gamble). Sebab, tidak ada neraca, ROI atau rasio hutang terhadap kas yang dianalisis. Namun, jika tidak pintar menyimpan barang mewah yang satu ini investasi berlian justru bisa membuat rugi.

Karena itu meski bisnis ivestasi berlian menjanjikan return besar. Penting untuk tetap memiliki cadangan dana, bisa berbentuk dana darurat atau asuransi jiwa yang dapat menjamin kehidupan mapan di masa tua ketika Anda harus kehilangan bisnis berlian.

Untung Rugi Investasi Berlian

Untung Rugi Investasi Berlian

Berlian adalah tanda cinta yang berharga, langka, misterius, indah, ajaib, dan romantis. Intan permata ini sebagian besar dianggap sebagai investasi yang aman sekaligus memberikan kemewahan bagi pemiliknya. Simak beberapa keuntungan investasi berlian berikut ini.

Menjadi Simbol Status Finansial Seseorang

Berlian menambah keindahan dan kekuatan bagi mereka yang memakainya. Sebagian besar masyarakat memilih perhiasan ini untuk menaikkan status mereka dalam tatanan sosial. Pada akhirnya berlian menjadi simbol status kekayaan seseorang. Intan permata berkilau ini lebih praktis untuk memamerkan kekayaan daripada bentuk barang mewah lainnya.

Inilah yang membuat harga berlian tidak pernah jatuh, karena nilainya begitu penting dimata masyarakat. Perhiasan ini menjadi syarat wajib untuk momen momen penting seperti pertunangan dan pernikahan. Oleh sebab itu harganya juga tak pernah dibanderol murah.

Aset yang Tak Terpengaruh Inflasi

Berlian dapat melindungi nilainya terhadap inflasi, kejatuhan pasar, dan kejatuhan mata uang. Di masa krisis ekonomi, harga aset riil cenderung naik karena investor kehilangan kepercayaan terhadap sistem keuangan global. Perhiasan ini tidak menawarkan hasil dan dalam kasus seperti ini menguntungkan mereka. Aset lain yang menawarkan hasil akan dihargai turun karena hasil itu kurang dijamin pada saat krisis.

Investasi Berlian Diakui Secara Global

Berlian diakui bernilai di seluruh dunia dan menjadikannya penyimpan nilai yang diakui di tingkat global. Bersama dengan emas dan bitcoin, perhiasan ini mewakili beberapa bentuk mata uang alternatif yang diterima secara internasional. Dibanding investasi barang mahal lain, investasi berlian tidak memakan cost besar karena tidak ada biaya perawatan khusus untuk berlian. Namun, dengan catatan berlian yang diminati secara global hanya untuk jenis khusus, seperti berlian pink, biru dan merah yang bisa dibanderol hingga juttan dolar.

Baca juga: Investasi Online yang Bisa Dicoba Para Kawula Muda

investasi berlian menguntungkan

Investasi Berlian Adalah Aset Tanpa Resiko

Berlian adalah aset yang tidak memiliki risiko counterparty. Karakteristik ini dimiliki oleh beberapa aset lain, seperti Emas, Bitcoin, Properti, dan Aset Riil lainnya. Salah satu alasannya karena berlian masih lekat dengan sesuatu yang emosional dalam diri manusia, sehingga nilainya sulit turun. Berlian bisa menjadi salah satu aset yang paling tidak diatur, yang mudah dinilai, dikenali, dan dapat diangkut.

Investor yang mencoba membuat polis asuransi terhadap krisis kredit negara, default sistemik dapat menemukan berlian sebagai tempat aman terakhir untuk mengelola uang nasabah. Singkatnya, berlian bisa menjadi asuransi berharga untuk menyelamatkan nyawa Anda karena selalu bernilai, tidak seperti uang yang nilainya bisa terus merosot.

Itulah beberapa keuntungan investasi berlian. Bisnis berlian adalah investasi yang rumit, nampak seperti bisnis yang sederhana karena Anda hanya perlu Beli berlian, pegang, lalu jual. Namun nilainya bisa menyusut jika Anda salah memasuki pasar.

Nilai berlian berakar pada permintaan, pasokan, dan kontrak tidak tertulis dari jutaan orang yang memiliki berlian untuk tidak menjualnya. Tren yang saling terkait ini harus diurai oleh investor mana pun yang bersedia memahami spektrum risiko penuh sebelum berinvestasi dalam berlian.

Tips Memulai Investasi Berlian

Berinvestasi dalam berlian didasarkan pada kenyataan bahwa berlian adalah komoditas fisik. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membelinya di mana saja, bahkan online. Namun, selalu ada resiko yang membuat kita rugi, untuk menghindari hal tersebut cobalah terapkan tip di bawah ini.

Pastikan Kualitas Berlian Asli

Berlian investasi harus dinilai oleh pihak ketiga yang independen, seperti Gemological Institute of America (GIA). Namun, perlu diingat, meskipun berlian tersebut memiliki sertifikat tidak selalu menjami kualitasnya. Anda tetap harus berkonsultasi dengan pakar berlian untuk mengetahui apakah berlian yang dimiliki memenuhi standar minimum untuk dijual. Kini sudah banyak situs online yang menjual berlian asli sehingga semakin memudahkan kita untuk memulai investasi.

kualitas berlian

Pastikan Berlian Memenuhi Persyaratan Minimum

Penting untuk memastikan batu permata memenuhi persyaratan minimum. Seperti bagaimana pola berlian,  polish, fluorescence, cstruktur atomnya, apakah itu tipe 1 A atau tipe 2 A, nuansa dan lain-lain. Jika tidak memenuhi standar global artinya perhiasan yang Anda miliki tidak ada nilainya. Setiap negara biasanya memiliki persyaratan minimum soal berlian ini. Cobalah tanyakan pada pakar berlian di kota Anda.

Pastikan Pasar Mana yang Dipilih

Jika Anda berencana untuk berinvestasi dalam berlian, tentukan pasar mana yang menjadi target karena biasanya beda negara beda selera. Namun,hampir semua investor pemula setidaknya harus menyediakan dana hingga puluhan miliar untuk mengantongi beberapa berlian dengan banyak niansa.

Selain itu tentukanlah apakah berlian ini akan Anda jadikan investasi jangka panjang atau jangka pendek.  Sebab ada perbedaan harga ketika Anda menjual berlian kurang dari 2 tahun masa pakai atau 10 tahun masa pakai.  Anda juga dapat menentukan di pasar mana Anda ingin membeli dan menjual berlian investasi. Sebelum memutuskan berinvestasi dalam berlian, pastikan untuk menghubungi ahli berlian dinegara Anda.

Baca juga: Bisnis Reseller Cocok untuk Pemula? Ini Alasannya!

Itulah beberapa tip memulai investasi berlian. Ingat selain dapat menjadi produk perdagangan berlian juga dapat menjadi investasi masa depan atau masa tua Anda.

Comments are closed.