Tip Investasi Emas Digital, Milenial Wajib Tahu!

All About Money

Instrumen investasi kini bermacam-macam, salah satunya investasi emas digital yang sedang digandrungi. Bagimana caranya?

Berinvestasi kini memang sudah menjadi tren bagi kebanyakan orang. Mengingat, kebutuhan hidup yang terus meningkat mendorong setiap orang untuk mampu mempersiapkan berbagai hal di masa depan. Salah satu instrumen investasi yang sejak dulu sudah populer adalah investasi emas. Namun, sayangnya orang yang akan berinvestasi emas biasanya membutuhkan modal awal yang cukup besar untuk membelinya.

Kini, investasi berupa emas digital hadir sebagai terobosan baru bagi para milenial untuk bisa memulai investasi bahkan dari modal yang kecil. Bukan lagi masanya menghabiskan uang dengan foya-foya, di era yang serba digital ini. Sebab masyarakat milenial dituntut mulai mencari cara bagaimana bisa menghasilkan pundi-pundi.

Baca juga: Investasi Online yang Bisa Dicoba Para Kawula Muda

Berkembangnya investasi emas konvensional ke emas digital memudahkan masyarakat untuk lebih mudah mengakses investasinya hanya melalui telepon genggam. Mengingat kepentingan berinvetasi yang krusial bagi masa depan, selain berinvestasi berupa harta, Anda juga bisa mempersiapkan berbagai risiko di masa depan dengan ikut serta dalam program asuransi jiwa. Berbagai produk asuransi bisa Anda temukan di website Futuready. Anda bisa memilih dan menimbang asuransi jiwa yang paling tepat dan cocok dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda masyarakat milenial yang menyukai cara praktis berkegiatan melalui online, emas digital bisa menjadi jembatan untuk dapat berinvestasi dengan lebih mudah sekaligus aman. Tetapi, sebelum lebih lanjut memutuskan berinvestasi emas secara digital, ada baiknya Anda pahami dulu tentang cara berinvestasinya ya!

Mengenal Investasi Emas Digital

Mengenal Investasi Emas Digital

Kalau urusannya sudah dengan investasi atau uang, Anda patut memahami dengan detail segala informasinya. Adapun, investasi emas digital adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas tanpa perlu membeli emas langsung secara fisik di toko emas dan menyimpan fisik emasnya itu sendiri. Produk Tabungan Emas memungkinkan Anda sebagai nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya dengan mengkonversikan jumlah uang yang Anda tabung menjadi nilai yang mengikuti harga emas setiap tahunnya.

Jadi dengan memanfaatkan tabungan emas secara digital Anda bisa membeli emas dengan menyicil disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Lebih mudahnya lagi, kini selain Pegadaian berbagai bank bahkan e-commerce juga menyediakan program tabungan emas online ini. Tabungan emas online pun menyediakan fasilitas menjual emas yang Anda beli secara s bahkan Anda bisa mencairkan dana tabungan emas baik dari dana tabungan atau hasil penjualan emas Anda.

Tip Berinvestasi Emas Digital

Cara berinvestasi emas secara konvensional mungkin terasa lebih mudah bila Anda memiliki modal awal yang kuat. Namun, dengan cara digital Anda harus paham betul setiap prosedur dan cara dalam berinvestasi emas online, hal tersebut agar Anda terhindar dari hal-hal yang justru akan merugikan. Berikut dijelaskan beberapa tips sebelum Anda berinvestasi emas secara digital, diantaranya:

Rancang Tujuan Investasi Emas Digital

Segala bentuk investasi yang Anda lakukan tentu berkaitan dengan tujuan di masa mendatang, termasuk dalam investasi emas online ini. Anda mungkin melakukan investasi sebagai modal di masa depan, untuk menunaikan ibadah haji atau umrah, membeli properti, modal usaha, membeli kendaraan juga bahkan biaya pendidikan anak. Namun, apapun tujuan yang ingin Anda capai melalui investasi emas ini, Anda tetap perlu mengingat bahwa emas yang Anda beli harus sesuai dengan kemampuan.

Di emas online ini Anda bisa menyesuaikan kemapuan finansial Anda dalam berinvestasi dengan memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Asalkan Anda berkomitmen terhadap investasi yang Anda lakukan, tujuan Anda pasti bisa tercapai.

Pastikan Bertransaksi Emas Digital di Tempat Aman dan Tepercaya

Bertransaksi Emas Digital

Jika sebelumnya Anda penganut sistem investasi emas konvensional, mungkin Anda harus menjaga dan menyimpan emas Anda sebaik mungkin. Pasalnya, risiko menyimpan barang bernilai yang terlalu besar dirumah terbilang rawan. Inilah mengapa kini investasi emas digital sedang digandrungi. Walau begitu, bukan berarti Anda akan terbebas dari tindak kriminal, sebab penipuan berkedok investasi digital  pun kian waktu kian marak terjadi.

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih tempat untuk bertransaksi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Melakukan investasi secara online memang disinyalir lebih aman, namun khusus untuk kasus investasi secara online, Anda perlu waspada akan perusahaan yang Anda pilih untuk tempat berinvestasi.

Pasalnya, jika perusahaan tersebut gulung tikar, Anda akan kesulitan untuk menarik investasi yang sudah Anda lakukan. Meski sangat jarang terjadi, tetap saja Anda perlu berhati-hati dalam memilih tempat investasi.

Rajin Memantau Laju Harga Emas Terkini

Semua benda yang memiliki nilai jual pasti cenderung fluktuatif, bisa naik, atau justru bisa turun. Namun, tidak dengan logam mulia seperti emas, yang harganya cenderung naik dari waktu ke waktu. Sederhananya, Anda harus terus melakukan pengecekan dan memantau harga emas setiap saat.

Baca juga: Tip Berinvestasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

Pemantauan harga emas ini adalah kunci untuk Anda bisa melakukan transaksi. Jadi, Anda bisa memutuskan kapan membeli emas untuk tambahan koleksi, atau justru menjualnya kepada pihak lain. Tentunya, waktu jual yang tepat adalah ketika harga emas sedang sangat tinggi, sementara waktu beli terbaik adalah ketika harganya sedang menurun.

Kenali Jenis Investasi Emas Digital

Berinvestasi emas digital, Anda juga harus memahami beberapa tipenya. Emas batangan, koin emas, dan perhiasan adalah tiga jenis investasi emas secara fisik, alias memiliki barang dan menyimpannya secara mandiri. Sementara itu, investasi emas yang dilakukan dalam bentuk online bisa berupa menabung emas, jual beli emas, hingga konsinyasi emas.

Semua jens investasi tersebut pasti ada untung ruginya, kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenali dengan baik jenis investasi yang akan Anda pilih sebelum benar-benar melakukan investasi.

Beberapa Keuntungan Berinvestasi Emas

Tips di atas sudah tentu bisa menggambarkan beberapa hal yang bisa Anda peroleh saat berinvestasi emas secara digital. Namun bila Anda masih ragu, berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi emas secara digital, diantaranya:

Dana Mudah Dicairkan

Tidak seperti jenis investasi lain, investasi emas mudah dicairkan baik yang dilakukan secara digital ataupun konvesional. Kelebihannya lagi jika Anda berinvestasi emas secara digital, Anda tak perlu repot untuk mendatangi toko emas. Anda bisa mencairkan dana emas Anda dengan mudah melalui aplikasi di smartphone Anda.

Untuk investasi emas batangan atau kepingan tempat penjualannya pun banyak tersebar baik itu pegadaian, bank ataupun antam. Saat memiliki investasi emas secara online Anda bisa dengan mudah menjualnya ditempat Anda bertransaksi.

Risiko Kerugian Rendah

Kenali Jenis Investasi Emas Digital

Dikarenakan emas secara digital tidak akan ada perubahan kualitas dari segi fisiknya, maka tentu saja risiko kerugiannya pun rendah. Untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi, Anda hanya perlu memerhatikan kapan waktu yang tepat saat harga jual emas sedang naik.

Tidak Mengalami Perubahan Kualitas

Investasi emas digital tidak akan terpengaruh oleh bekas pemakaian, pasalnya bentuk fisik emas yang sebenarnya tidak ada. Sehingga Anda hanya akan merasakan kenaikan dan penurunan harga yang disesuaikan dengan laju harga jual emas terkini. Karena tren harga emas yang kebanyakan naik, penurunan yang mungkin Anda rasakan pun tidak terlalu banyak.

Modal Awal Kecil

Melalui tabungan emas online hanya dengan saldo tabungan dibawah Rp100 ribu Anda sudah bisa memiliki emas, bahkan tidak harus mencapai total untuk harga 1 gram emas, saldo tabungan Anda sudah bisa dijual sesuai dengan harga jual-beli emas yang sudah ditentukan.

Baca juga: Tambang Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Bagi Anda kaum milenial, berinvestasi emas digital bisa jadi solusi jika Anda masih belum memahami betul mengenai instrumen investasi yang terlalu rumit dan memiliki risiko yang besar. Dengan modal awal yang kecil serta kemudahan bertransaksi lewat online, Anda sudah bisa merancang tujuan untuk masa depan Anda kelak!

Comments are closed.