Investasi Online yang Bisa Dicoba Para Kawula Muda

All About Money

Semakin canggih teknologi, kini Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk mulai investasi online. Tertarik? Cek penjelasannya berikut!

Mengikuti investasi online bisa dilakukan oleh siapa saja. Ada baiknya dilakukan semuda mungkin. Dengan terjun secepat mungkin, Anda bisa merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Sebagai anak muda, Anda harusnya berpikir ke depan. Perencanaan keuangan bisa dilakukan sedini mungkin. Jangan sampai ketinggalan sehingga bisa menyulitkan diri sendiri ketika dewasa.

Telah banyak kawula muda yang menginvestasikan uangnya di beberapa platform. Keuntungan yang didapatkannya bisa dijadikan sebagai bekal untuk membuka usaha, membeli rumah, membahagiakan orangtua, dan lain sebagainya.

Menariknya, Anda bisa mencoba berinvestasi secara online. Ini adalah pilihan menarik setelah banyak platform yang mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi. Apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu investor?

Baca juga: Karakteristik untuk Menjadi Generasi Milenial

Mengapa Memilih Investasi Online?

Berkembangnya zaman membuat segalanya lebih mudah. Apa pun bisa dikerjakan oleh seseorang bisa dilakukan melalui internet. Salah satunya adalah berinvestasi.

Investasi secara online dipandang sebagai opsi terbaik saat ini. Kenapa bisa begitu? Hal ini disebabkan oleh banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh investasi dengan cara tersebut.

Satu kelebihan yang didapati dari investasi ini adalah bisa memantau sekaligus mengontrolnya. Seorang investor cukup memanfaatkan smartphone ataupun laptop untuk melihat pergerakan nilai investasi yang dilakukannya. Dan ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Kelebihan lain dari investasi online adalah bisa dengan mudah untuk mencari instrumen investasi yang lebih murah. Anda cukup mencari informasi di internet. Kemudian, membandingkan masing-masing instrumen yang dipandang menguntungkan meskipun dengan modal kecil.

Tidak hanya itu saja, seorang investor tidak perlu datang langsung ke kantornya. Tidak perlu orang datang untuk survei ke rumah. Ini memungkinkan Anda bisa mengambil keputusan lebih luas untuk berinvestasi.

Apakah Investasi Online Aman?

Bukan hanya pemula saja yang menanyakan tentang keamanan investasi secara online. Orang yang sudah pernah melakukannya secara konvensional pun masih ragu. Tapi hal ini tidak berlangsung lama.

Bicara mengenai aman tidaknya investasi secara online ditentukan oleh ketelitian Anda sendiri. Anda yang teliti dalam memilih perusahaan mana yang akan dimasuki, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebaliknya jika tidak, risiko kehilangan uang akan sangat besar.

Ada ciri-ciri yang harusnya Anda pahami sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang. Keliru menentukan bisa berbuah kerugian yang besar. Makanya, wajib bagi calon investor untuk memahami bagaimana cara memilih jenis investasi yang aman.

Baca juga: Bukan Kebetulan, Inilah Kunci Sukses Jack Ma!

Cara Memilih Investasi Online yang Aman

Ketika ingin melakukan investasi, pahami kriteria yang dipaparkan di sini. Kriteria ini bisa menjadi acuan untuk mencegah kecurangan atau investasi bodong yang merugikan. Seperti apa kriterianya?

Terdaftar di OJK

Jangan sekali-kali bergabung dengan platform yang tidak mengantongi izin OJK. Ini sangat berbahaya. Sebab platform seperti itu yang tidak mengantongi izin, jauh dari kata aman.

Perlu diingat bahwa OJK menjadi faktor terpenting. Perusahaan yang mengantonginya secara khusus telah tunduk dengan regulasi. Izin ini juga menandai bahwa platform tersebut telah teruji.

Tidak Menggunakan Skema Ponzi

Sudah banyak platform investasi yang menggunakan skema Ponzi. Skema ini merujuk pada modus investasi. Keuntungannya hanya didapatkan dari kantong sendiri ataupun dari investor lain.

Sebaliknya yang terbaik adalah yang menggunakan skema teruji. Cirinya adalah keuntungan yang dihasilkan murni dari pengembangan investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Jadi, perhatikan metode yang digunakan agar tidak tertipu.

Tidak Mengiming-imingi Hasil yang Berlebihan

Tidak ada investasi yang sempurna. Ini yang harus dipegang terlebih dahulu. Namun bukan berarti akan banyak kegagalan yang membuat investor terus merugi.

Hasil yang dimaksud di sini adalah proporsi dari imbal balik sebuah investasi. Kalau ingin yang teraman, normalnya keuntungan yang didapatkan lebih kecil. Begitupun bila keuntungannya besar, risikonya juga sangat besar.

Kalau menemukan perusahaan menawarkan jenis investasi dengan sangat aman, Anda wajib waspada. Misalnya hasilnya sangat tinggi, bebas risiko, pembelian terjamin. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang kurang bertanggung jawab.

Jenis Investasi Online dengan Modal Kecil

Bagi yang baru mengenal investasi, memilih instrumen yang lebih murah adalah pilihan yang tepat. Selain dijadikan sebagai percobaan, Anda juga bisa mengamankan uang yang disetorkan. Lalu, apa saja jenis investasi yang bisa diikuti dengan modal kecil?

Emas

Jenis inilah yang paling banyak dicari oleh investor. Jenis investasi ini dipandang lebih menjanjikan keuntungan. Alasannya adalah nilai dari emas cenderung stabil.

Anda bisa mengikutinya dengan durasi jangka pendek ataupun panjang. Semuanya bisa diputuskan. Menariknya, investor bisa melakukannya dengan modal Rp100.000,00. Dan ini nominal ini bisa ditingkatkan setiap bulannya.

Baca juga: Ingin Mencoba Bisnis Waralaba? Perhatikan Hal Ini!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Reksa Dana

Selain emas, reksa dana bisa dikatakan menarik. Betapa tidak, modal ini ditanggung oleh banyak investor. Setelah dana terkumpul, perusahaan akan menjadikan modal ini menjadi surat-surat berharga sampai produk keuangan dan lain sebagainya.

Mengenai jangka waktunya, Anda bebas menentukan. Ada yang hanya setahun, ada pula yang sampai lima tahunan. Sementara untuk nominal investasi, ada baiknya menanamkannya sekitar Rp1 juta agar hasilnya cukup besar.

Saham

Investasi online yang bisa dipilih selain yang disebutkan di atas adalah saham. Anda tidak perlu bermain saham. Biarkan broker atau perusahaan yang mengerjakan tugasnya. Kenapa? Karena saham bukanlah hal yang mudah bagi yang tidak memahaminya. Salah langkah dalam pembelian atau penjualan, modal yang ditanamkan bisa hilang. Akibatnya, Anda akan merugi.

Berbeda jika bekerja sama dengan perusahaan yang sudah ahli. Anda cukup menanamkan modal, maka keuntungan akan diberikan sesuai besaran investasi yang Anda tanamkan.

Kesimpulannya, berpikirlah untuk masa depan dengan mengambil kesempatan untuk berinvestasi semuda mungkin. Ada banyak opsi yang bisa dipilih. Hal terpenting perusahaan yang diikuti telah teruji. Dengan begitu, Anda tidak akan khawatir untuk mengikuti investasi online dari perusahaan tersebut.

Comments are closed.