Irvan Helmi, Sosok di Balik Sukses Anomali Coffee

Berwirausaha bukanlah hal yang mudah. Simak kisah dan tips dari Irvan Helmi bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri!

All About Money

Berwirausaha bukanlah hal yang mudah. Simak kisah dan tips dari Irvan Helmi bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri!

Di usianya yang baru 31 tahun, Irvan Helmi sudah sukses mengembangkan bisnis coffee shop bernama Anomali Coffee. Siapa yang tak tahu coffee shop ini? Anomali Coffee lahir di tahun 2007 berkat hasil kerja sama Irvan dan sahabatnya, Muhammad Abgari, yang dikenal dengan panggilan Agam. Sampai saat ini, Anomali Coffee sudah memiliki 6 outlet yang tersebar di Jakarta dan Bali.

Siapa sebenarnya Irvan?
Irvan Helmi lahir pada tanggal 11 April 1982. Saat memasuki masa SMA, ia bersekolah di SMU Islam Al-Azhar bersama Agam. Setelah lulus SMA, Irvan kemudian berkuliah di Universitas Indonesia dengan jurusan Ilmu Komputer.

Dari programmer ke wirausahawan
Sebagai lulusan Ilmu Komputer, Irvan sempat bekerja di Siemens Indonesia. Namun, kecintaannya pada kopi membuatnya harus meninggalkan kursi nyaman sebagai karyawan di perusahaan besar.

Irvan sudah mengenal kopi dari kecil, karena keluarganya merupakan pecinta kopi. Saat menjadi mahasiswa, cintanya terhadap kopi makin terpupuk. Ia mengerjakan tugas-tugasnya hingga larut malam dengan ditemani kopi. Pada tahun 2005, ia mulai mengenal biji kopi pilihan Indonesia dan mesin yang sesuai. Di tahun tersebut, ia mulai mendalami kopi secara serius.

Setelah banyak belajar dan mendalami perihal kopi, pada tahun 2007 Irvan dan Agam membuka Anomali Coffee. Irvan melihat bahwa peluang usaha kopi di Indonesia dapat berkembang pesat. Dengan coffee shop-nya, Ia mempunyai misi untuk menyediakan kopi Indonesia dengan kualitas terbaik.

Tantangan berbisnis
Menjadi seorang wirausahawan tidaklah mudah, Irvan dan Agam mengumpulkan modal awal dari tabungan mereka sendiri. Mereka terus mempelajari ilmu tentang kopi dan juga berlatih sendiri untuk menjadi barista (pembuat kopi). Sulitnya mendapatkan kopi terbaik nusantara juga menjadi tantangan yang tak kalah serius. Irvan harus mendatangi perkebunan kopi sendiri untuk menemukan kopi mana yang benar-benar berkualitas.

Setelah 6 tahun bergelut dengan bisnis coffee shop, Irvan mengaku tantangan yang dihadapi belum berhenti, dari masalah sumber daya manusia, bahan baku, pendanaan, dan masih banyak lagi. Namun tantangan yang terus-menerus ada adalah bagaimana mengembangkan sumber daya manusia yang ada. Pegawainya memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan perusahaan. ¥Kami melakukan banyak investasi di bidang SDM, baik uang maupun waktu. Saya yakin, investasi tersebut cukup berharga untuk dilakukan,¥ ungkap Irvan. Irvan terus melakukan training serta memberikan reward dan punishment bagi pegawai untuk kemajuan perusahaan.

Kunci sukses
Ketika ditanya kunci sukses bisnisnya, Irvan mengatakan kuncinya adalah dengan mencintai bisnis tersebut. Irvan sangat mencintai dunia kopi. Memiliki passion akan membuat Anda tak pernah lelah mengembangkan usaha. Selain itu, Anda juga harus bisa menangkap peluang. ¥Awalnya, kami tidak berpikir untuk menjadi pemasok kopi, tapi sekarang kami menjadi salah satu pemasok,¥ ungkap Irvan.

Selain itu, pengembangan SDM juga sangatlah penting dalam kesuksesan ini. Para barista di Anomali harus mengerti betul misi Anomali, agar mereka merasa sedang menjalankan misi, bukan hanya bekerja 8 jam sehari. Misi Anomali adalah mempromosikan kopi Indonesia dengan kualitas terbaik. Irvan mengungkapkan, mempunyai misi yang jelas yang membuat bisnisnya bertahan. Dia bukan hanya berbisnis sekadar untuk menghasilkan uang saja.

Tips membuka usaha
Irvan juga memberikan tips bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri. ¥Anda dapat memulai bisnis semuda mungkin dan fokus pada bisnis tersebut,¥ tutur Irvan. Penting untuk membuat sebuah produk yang memiliki keunikan sendiri dan berbeda dari produk lain di pasar.

Agar terus berkembang, sebuah bisnis haruslah dapat berkompetisi dengan bisnis-bisnis lain di bidang yang sama. Inovasi harus terus dilakukan agar para pelanggan tidak bosan. Dalam bisnis coffee shop Irvan, ia terus mengembangkannya dengan membuka kelas untuk menjadi barista.

¥Anda juga harus memiliki visi ke depan. Anda harus memperkirakan akan menjadi seperti apa bisnis Anda beberapa tahun ke depan. Tak lupa, harus terus fokus dan bekerja sama dengan tim untuk mengembangkan perusahaan,¥ ungkap pria berkepala plontos ini.

Mimpi ke depannya
Irvan tetap rendah hati meski telah sukses dengan Anomali Coffee. Ia mengatakan bahwa masih banyak yang harus dicapai untuk ke depannya. Ia bermimpi agar produknya terus dikenal oleh masyarakat luas dengan tetap fokus pada kopi namun produknya lebih bervariasi.

Tertarik mengikuti jejak Irvan?

Leave a Reply