Seberapa Penting Iuran Jaminan Pensiun untuk Kebahagiaan di Masa Depan?

All About MoneyAsuransi

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk masa tua jika mengikuti iuran jaminan pensiun. Apa saja manfaat itu? Berikut ini ulasannya.

Tak selamanya orang bisa produktif bekerja. Ada masa di mana seseorang termasuk Anda tidak lagi bisa menghasilkan uang. Misalnya saja saat Anda sakit atau ketika Anda sudah memasuki usia renta. Itulah mengapa ada jaminan kesehatan serta jaminan lainnya dan yang tak kalah penting adalah iuran jaminan pensiun.

Jika Anda seorang karyawan, perusahaan hanya menanggung dua jenis jaminan, yaitu jaminan kecelakaan kerja serta jaminan kematian. Sementara itu, jaminan kesehatan dan juga jaminan pensiun dibebankan oleh karyawan. Biasanya iuran dikoordinir oleh perusahaan dengan cara memotong gaji setiap karyawan di setiap bulannya.

Baca juga: Pilihan Investasi Terbaik Untuk Jaminan Hari Tua

Apa Itu Jaminan Pensiun?

Banyak sekali orang yang tidak tahu apa itu jaminan pensiun. Bahkan, ada yang menganggap iuran jaminan pensiun itu sama dengan iuran jaminan hari tua. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Memang keduanya diatur di dalam undang-undang. Namun, keduanya merupakan jaminan yang berbeda. Jaminan hari tua bisa diambil sebelum masa pensiun dengan syarat sudah menjadi peserta selama 10 tahun. Sementara jaminan pensiun dapat diambil ketika Anda sudah tidak lagi bekerja entah itu karena sudah masuk masa pensiun atau mengalami kecelakaan kerja yang menyebabkan cacat.

Dari penjelasan tersebut di atas, Anda sudah punya bayangan bukan apa perbedaannya? Akan lebih jelas lagi jika Anda tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Manfaat Jaminan Pensiun

Manfaat Jaminan Pensiun

Banyak orang yang akhirnya mengikuti program jaminan pensiun karena mereka tahu betapa banyaknya manfaat yang bisa didapatkan. Dari sekian banyak manfaat tersebut, sepertinya itu semua bisa diklasifikasikan menjadi tiga kategori. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Manfaat untuk Diri Sendiri

Karena Anda sebagai peserta jaminan pensiun, tentu saja akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat tersebut bisa Anda rasakan ketika tidak lagi bekerja. Ketika Anda sudah pensiun, Anda akan mendapatkan uang pensiun setiap bulannya dan ini akan Anda dapatkan hingga meninggal. Jadi, meskipun Anda tidak lagi produktif, Anda masih punya penghasilan untuk menjalani kehidupan di masa tua.

Manfaat untuk Pasangan

Selain untuk Anda, pasangan juga bisa mendapatkan manfaat dari program jaminan pensiun ini. Pasangan Anda merupakan ahli waris yang juga berhak mendapatkan manfaat. Misalnya saja Anda meninggal, pasanganlah atau ahli waris yang akan mendapatkan uang bulanan hingga meninggal atau menikah lagi.

Bagi Anda yang sangat mementingkan keluarga, tentu ini menjadi hal yang harus dilakukan. Dengan membayar iuran jaminan pensiun, Anda bisa memastikan keluarga Anda akan mendapatkan kehidupan yang layak, aman, dan nyaman jika hal buruk menimpa Anda.

Baca juga: DPLK, Proteksi dan Investasi di Hari Tua

Manfaat untuk Anak

Bagaimana jika pasangan Anda juga meninggal? Manfaat dari program jaminan pensiun akan diturunkan ke anak-anak Anda (maksimal 2 anak). Jaminan ini akan terus didapatkan hingga anak Anda berusia 23 tahun.

Nah, itulah manfaat-manfaat ketika Anda mengikuti program jaminan pensiun ini. Jadi, semakin yakin untuk ikut, bukan?

Syarat Pencairan Dana Jaminan Pensiun

Syarat Pencairan Dana Jaminan Pensiun

Sangat bisa dipahami jika Anda khawatir kalau nanti pencairan dana pensiun dipersulit. Karena banyak sekali cerita tentang hal tersebut. Namun, itu tidak akan terjadi jika Anda menyerahkan pada lembaga yang kompeten.

Hal yang terpenting, yaitu syarat untuk mencairkan dana pensiun sudah terpenuhi. Apa saja syarat tersebut?

Formulir 7

Apa itu formulir 7? Ini adalah formulir peserta jaminan pensiun. Untuk mencairkan dana pensiun, maka Anda harus mendapatkan formulir ini lalu isi data sesuai dengan ketentuan.

Kartu Peserta

Setelah itu, Anda harus melengkapinya dengan tanda bukti bahwa Anda anggota peserta. Serahkan juga kartu peserta jaminan pensiun.

Kartu Identitas

Selanjutnya, Anda juga harus menyerahkan kartu identitas. Ini sebagai langkah verifikasi. Anda bisa gunakan KTP atau SIM.

Kartu Keluarga

Petugas juga biasanya meminta KK atau Kartu Keluarga. Ini untuk mencocokkan nomor induk Anda di KTP dan juga KK.

Syarat Pencairan Dana Jaminan Pensiun

Parklaring atau Surat PHK

Surat ini dikeluarkan oleh perusahaan yang menandakan bahwa Anda memang sudah tidak bekerja. Anda harus menyerahkan kartu ini kepada petugas.

Buku Tabungan Asli

Serahkan juga buku tabungan asli. Pastikan buku tabungan Anda masih aktif.

Fotokopi NPWP

Semua hal yang terkait dengan keuangan harus menggunakan NPWP. Tidak hanya ketika Anda membuka tabungan di bank tapi juga saat Anda mencairkan dana pensiun.

Itulah beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan jika ignin mencairkan dana jaminan pension. Tidak sulit bukan untuk melengkapi syarat pencairan uang pensiun?

Baca juga: Taspen: Jaminan Pensiun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN)

Berapa Jumlah Iuran Jaminan Pensiun?

Secara umum, besaran iuran jaminan pensiun itu tiga persen dari gaji. Biasanya, ini dibagi menjadi dua. Dua persen ditanggung oleh perusahaan dan satu persen ditanggung oleh setiap karyawan.

Akan tetapi, setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan sendiri. Apapun kebijakannya, jika Anda ingin bahagia di masa tua, mulai sekarang sisakan pendapatan Anda untuk iuran jaminan pensiun. Tahan keinginan Anda yang sifatnya sementara. Alihkan uang Anda untuk tabungan di masa pensiun nanti.

Comments are closed.