9 Situs Jual Barang Bekas yang Bisa Anda Dipilih

All About Money

Memiliki barang-barang yang sudah tidak terpakai atau sedang mencari barang bekas? Intip saja sembilan situs jual barang bekas ini yang pastinya bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Menjual dan membeli barang-barang bekas memang suatu kegiatan yang banyak disukai oleh masyarakat. Terlebih untuk mereka yang memiliki perekonomian terbatas sehingga tidak bisa membeli barang baru. Misalnya, mobil bekas, handphone, hingga pakaian pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jual beli barang bekas sudah menjadi tren sehingga banyak yang peduli dan mengembangkannya menjadi sebuah ide bisnis untuk memberikan kemudahan dalam transaksi tersebut.

Dibantu dengan teknologi yang sudah semakin canggih, Indonesia termasuk salah satu negara yang cukup memanfaatkan teknologi tersebut. Sehingga menghasilkan beberapa situs dan aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat berdasarkan kebutuhannya. Untuk kegiatan jual barang bekas, berikut ini sembilan situs yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

9 Situs Jual Barang Bekas yang Bisa Anda Dipilih

OLX

Siapa yang tidak kenal situs jual beli barang bekas secara online yang satu ini. Semula bernama Tokobagus.com ini, menjadi salah satu platform e-commerce ternama dan terkenal di Indonesia. Jika menyebutkan barang bekas, tentu yang terlintas barang-barang bekas, seperti mobil, handphone, rumah, hingga beberapa barang lainnya.

Keberadaan OLX yang sudah cukup lama, menawarkan berbagai macam kemudahan. Hanya menggunakan jari, handphone, dan internet, barang-barang yang ingin Anda jual atau beli pun sudah bisa didapatkan dengan cepat, mudah, dan tanpa ribet.

Carousell

Carousell juga menjadi situs jual barang bekas yang paling diminati, khususnya untuk kategori fashion dan make up yang notabenenya banyak diminati oleh perempuan. Meksipun bekas, tetapi kebanyakan barang yang dijual di situs ini masih sangat bagus dan dibanderol dengan harga miring. Hal inilah yang semakin menarik minat masyarakat untuk membeli. Tidak hanya sebatas website, saat ini Carousell hadir dalam bentuk aplikasi online berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan mudah dipahami, sehingga akan mempermudah Anda untuk menjual barang-barang bekas.

Prelo

Sebelum beralih menjadi situs jual barang bekas, awalnya Prelo adalah marketplace yang menjual barang khusus wanita. Namun, seiring perkembangan tren yang cukup melesat, akhirnya Prelo beralih menjadi situs jual-beli barang preloved. Tidak hanya menawarkan transaksi jual beli, Prelo hadir dengan pasar yang lebih beragam, termasuk untuk mereka yang punya usaha jasa titip atau jastip hingga persewaan barang. Anda bisa mengaksesnya lewat website Prelo.co.id atau mengunduh aplikasinya di smartphone.

Jualo

Hampir mirip dengan konsep marketplace lainnya. Bedanya, Jualo memiliki fitur geo-search untuk mengetahui jarak pembeli yang ada di sekitar kita. Selain itu, aplikasi Jualo juga menyediakan beberapa pilihan bagi pembeli, seperti tukar-menukar barang hingga tawar-menawar harga.

Tidak hanya itu, Jualo juga memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli barang, tapi sifatnya mendesak, Anda dapat langsung mengantarkan barang tersebut kepada pembeli tanpa harus menggunakan jasa logistik. Kelebihan lain dari situs ini dibanding dengan lainnya yang sejenis adalah tersedianya fitur tawar-menawar harga. Sehingga pembeli dapat melakukan negosiasi harga untuk mencapai kesepakatan harga dengan Anda.

Tinkerlust

Memiliki konsep yang hampir sama dengan Carousell, Tinkerlust juga hanya menerima jual barang bekas tertentu seperti fashion dan make up saja. Namun, penjual yang bergabung di Tinkerlust kebanyakan berasal dari kaum selebriti atau influencer yang ada di Indonesia. Ini artinya Anda perlu menyortir barang-barang bekas secara ketat agar barang bekas milik Anda tidak kalah bersaing dengan barang bekas milik selebriti dan influencer tersebut.

Kaskus

Bisa dikatakan Kaskus menjadi salah satu pionir jualan barang bekas online. Biasanya masyarakat menjual barang-barang yang sudah tidak terpakainya melalui situs ini. Mulai dari yang harganya murah hingga yang memiliki harga fantastis. Keunikan situs jual-beli online ini adalah menyediakan layanan berbasis forum sebagai tempat untuk diskusi bagi pembeli maupun penjual.

eBay

eBay juga menjadi situs jual beli barang bekas online yang banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, bedanya eBay dengan yang lain, situs ini menjual barang-barang bekas produk dunia, lho. Tidak heran kan jika eBay merupakan salah satu aplikasi jual beli barang bekas yang sangat mendunia. Anda mencari barang bekas, tetapi produk tersebut hanya dijual di luar negeri? Anda bisa menggunakan eBay untuk mencari produk tersebut. Hampir dari seluruh penjuru dunia memanfaatkan aplikasi eBay untuk membeli juga menjual barang. Meskipun mencakup banyak negara, tetapi eBay juga masih mengedepankan kemudahan dan keinginan konsumen, salah satunya seperti berbagai macam diskon atau kupon potongan harga yang bisa digunakan sebagai penarik minat masyarakat.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Locanto

Situs jual beli barang online berikutnya adalah Locanto. Sama seperti eBay, Locato juga menjadi salah satu aplikasi jual beli barang bekas yang menginjak kelas internasional. Pasalnya, Locanto memang sebuah aplikasi luar, tetapi masyarakat Indonesia tetap bisa menggunakan dan mencari barang-barang yang Anda butuhkan.

Belanjabekas

Belanjabekas termasuk e-commerce baru dan mungkin masih banyak yang belum mengenalnya. Meskipun belum terkenal bukan berarti situs ini tidak bagus. Belanjabekas memberikan berbagai macam barang bekas yang bisa Anda mulai dari barang elektronik, otomatif, baju, kesehatan. Bahkan sampai dengan perabotan rumah tangga dengan harga yang pastinya sangat bersahabat dengan kantong Anda.

Itulah sembilan situs jual barang bekas yang bisa Anda gunakan untuk mencari barang-barang kebutuhan. Namun, pastikan Anda juga harus berhati-hati ketika membeli barang di situs-situs tersebut, karena tingkat penipuan yang kian marak bisa saja terjadi di mana-mana.

Comments are closed.