Yakin Mau Ganti Kartu Debit dengan Kartu Kredit?

All About Money

Trennya kini bergeser. Setelah hampir semua orang punya kartu debit, mereka digiring untuk menggunakan kartu kredit. Apakah Anda salah setuju?

Sekarang ini, semakin kencang penawaran dari bank agar setiap orang yang memiliki kartu debit beralih ke kartu kredit. Setidaknya mereka diminta untuk memiliki dua jenis kartu tersebut.

Hampir semua orang kini memiliki kartu debit. Berbeda dengan 10 atau 20 tahun yang lalu. Bisa saja seseorang punya akun di bank, tapi tidak punya kartu debit. Sekarang, kartu debit seolah menjadi kebutuhan setiap orang yang punya akun di bank.

Trennya bergeser. Setelah hampir semua orang punya kartu debit, mereka digiring untuk menggunakan kartu kredit.

Memang tidak mudah. Namun, bisa dikatakan upaya tersebut cukup berhasil. Hal ini bisa dilihat dari naiknya jumlah transaksi menggunakan kartu kredit. Pada kuartal ketiga 2018, kenaikannya mencapai 11,9 persen. Angka yang cukup fantastis, bukan? Dan diprediksi tren ini semakin naik di tahun-tahun mendatang.

Alasan Beralih dari Kartu Debit ke Kartu Kredit

Tentu di balik fenomena tersebut ada alasan mengapa orang tertarik untuk memiliki kartu kredit. Apakah hal tersebut juga berimbas pada penurunan penggunakan kartu debit? Bisa saja. Namun diprediksi, imbasnya tidak begitu signifikan. Apalagi, kartu kredit tidak selalu digunakan untuk setiap transaksi.

Lalu, apa yang membuat orang sekarang mau menggunakan kartu kredit? Padahal, dulu bank susah sekali untuk menawarkan produk yang satu ini. Susahnya minta ampun. Tapi kenapa sekarang justru banyak orang yang datang sendiri untuk mengajukan kartu yang satu ini?

Ingin Segera Memenuhi Kebutuhan

Sekarang ini, semakin banyak orang yang sudah paham seluk beluk perbankan. Dan bank tidak lagi dianggap sebagai tempat untuk menyimpan tapi juga meminjam uang. Dulu, sangat sedikit sekali yang meminjam uang di bank. Hanya orang tertentu saja seperti orang yang berbisnis dan punya usaha. Sekarang, untuk kebutuhan konsumtif orang juga siap untuk meminjam uang.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, tentu mereka tidak bisa menggunakan kartu debit. Mereka harus menggunakan kartu kredit. Dengan “kartu sakti”, seseorang tidak perlu lagi datang ke bank untuk pinjam uang. Cukup gesek kartu saja. Mereka mendapatkan pinjaman dari bank. Dan barang yang diinginkan pun langsung ada di tangan.

Wajar kan jika banya orang yang mengajukan kartu kredit sekarang ini?

Transaksi Antar Negara

Jual beli tidak hanya bersifat lokal saja. Sekarang, setiap orang bisa membeli produk dari luar negeri. Sayangnya, biasanya proses pembayaran yang diperbolehkan dengan menggunakan kartu kredit.

Bagi importir, eksportir, atau setiap individu yang sering belanja barang luar negeri, tentu kartu kredit seolah menjadi kartu yang wajib mereka miliki. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka punya banyak kartu kredit.

Pengajuan Dipermudah

Dulu, cukup sulit untuk mengajukan kartu kredit. Kondisi ini bukan hanya dialami oleh nasabah, tapi juga dialami setiap sales dari bank tertentu yang susah juga untuk mendapatkan nasabah. Hal ini disebabkan mereka begitu selektif dalam memilih siapa yang laik pengajuan kartu kreditnya disetujui. Mereka harus punya penghasilan yang tinggi. Ini salah satu syarat utamanya.

Sekarang ini, mereka yang hanya seorang karyawan saja bisa mengajukan kartu kredit. Selain itu, proses pengajuan juga tidak lagi seribet dahulu. Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online. Cukup isi formulir secara online. Kemudian akan ada verifikasi dari petugas bank. Dan kartu kredit Anda akan segera dikeluarkan.

Pilihan yang Beragam

Pemegang kartu kredit tidak harus mereka yang penghasilannya besar. Sekarang ini, semakin beragam jenis kartu kredit. Ada kartu kredit untuk belanja. Ada yang untuk traveling. Dan masing-masing memiliki syarat yang berbeda.

Kartu kredit untuk kebutuhan traveling ke luar negeri memang agak sulit untuk didapatkan. Namun, untuk Anda yang berpenghasilan rendah, Anda bisa dengan sangat mudah mendapatkan kartu kredit untuk belanja. Sama mudahnya ketika Anda mengajukan kartu debit.

Nah, setelah tahu alasan tersebut, masuk akal kan mengapa semakin tinggi angka pengajuan kartu kredit saat ini?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Kelebihan Kartu Debit yang Tidak Ditemukan di Kartu Kredit

Meskipun penggunaan kartu kredit semakin tinggi, hal tersebut tidak lantas langsung menggusur penggunaan kartu debit. Kartu yang satu ini tidak akan hilang dari peredaran. Artinya, setiap nasabah bank masih membutuhkan kartu ini.

Mengapa demikian? Mereka yang sudah memiliki kartu kredit sekalipun masih menggunakan kartu debit. Kartu kredit tidak mereka gunakan sewaktu-waktu. Kartu tersebut biasanya hanya digunakan untuk membeli barang yang mahal.

Selain itu, jumlah orang yang menolak untuk memiliki kartu kredit juga masih sangat tinggi. Umumnya, mereka merasa tidak bisa mengontrol sisi konsumtif mereka ketika memiliki kartu kredit. Makanya, mereka masih tetap menggunakan kartu debit.

Jadi, bisa dikatakan ada hal yang tidak dimiliki oleh kartu kredit, yaitu magnet untuk konsumtif. Alasan agar berhemat sering digunakan oleh mereka yang tidak mau mengajukan kartu kredit. Dan inilah kelebihan dari kartu debit yang tidak dimiliki oleh kartu kredit. Orang cenderung konsumtif ketika memegang kartu kredit.

Meskipun demikian, tentu tidak salah jika Anda memiliki kartu kredit. Hal preventif yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda bisa mengontrol diri Anda. Kartu kredit bukan untuk digunakan pada setiap transaksi karena uang di dalam kartu tersebut sebenarnya bukan uang Anda. Ini uang yang dipinjamkan oleh pihak bank.

Jika masih ada kemampuan untuk membeli barang secara langsung, gunakan kartu debit saja. Jangan selalu menggunakan kartu kredit.

Comments are closed.