Kartu Flazz BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

All About Money

Kartu Flazz BCA merupakan salah satu alat transaksi yang paling banyak digunakan saat ini. Tentu, ada kelebihan dan kelemahan di balik kartu ini.

Sekarang, transaksi jual-beli sudah semakin canggih. Tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak, sebab kemajuan teknologi membuat transaksi dapat dilakukan dengan cashless alias tanpa membayar tunai dengan uang.

Salah satu alat transaksi yang banyak digandrungi orang saat ini tak lain adalah kartu Flazz BCA. Kartu tipis ini dapat digunakan pada sebagian besar transaksi, baik online maupun offline. Tentu kartu ini menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya. Tak perlu berlama-lama, mari kita simak di bawah ini!

Keuntungan-keuntungan Kartu Flazz BCA

Bukan tanpa alasan Bank BCA menerbitkan kartu tap Flazz BCA. Selain banyaknya bank lain yang mengeluarkan produk ini, Bank BCA pun ingin ikut serta memudahkan nasabahnya dalam urusan transaksi maupun belanja. Oleh karena itu, kartu Flazz BCA dihadirkan sebagai kartu multifungsi yang unggul dalam kecepatan transaksi dan kemudahan pembayaran transportasi.

Tak hanya itu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dari uang elektronik ini:

  1. Bisa difungsikan sebagai alat pembayaran tol.
  2. Alat pembayaran makanan dan minuman (food and beverage).
  3. Bayar belanjaan di minimarket ataupun supermarket.
  4. Pembelian bahan bakar di SPBU.
  5. Pembayaran parkir.
  6. Bayar belanjaan di toko buku.
  7. Alat pembayaran di tempat rekreasi dan 57.000 merchant lainnya.

Biaya dan Masa Berlaku Kartu Flazz BCA

Ada ketentuan biaya dan limit yang berlaku kalau Anda menggunakan kartu Flazz BCA. Berikut ini rinciannya:

  1. Minimum top up: Rp20.000.
  2. Saldo maksimum: Rp2 juta
  3. Maksimum top up per bulan: Rp20 juta.
  4. Tidak ada ada biaya administrasi.

Berbeda dengan uang elektronik dari bank-bank lainnya, kartu Flazz BCA cuma berlaku selama 10 tahun sejak top up terakhir.

Bagaimana dengan saldo yang masih tersisa dalam kartu? Sesuai ketentuannya, Bank BCA akan mengembalikan sisa saldo ke pengguna yang ditransfer ke rekening. Tapi dengan syarat, asalkan pengguna mengembalikan kartu Flazz ke Bank BCA.

Cara Mendapatkan Kartu Flazz BCA

Anda bisa mendapatkan kartu tap Bank BCA ini dengan mendapatkannya dari beberapa tempat berikut ini:

  1. Kantor cabang Bank BCA.
  2. Indomaret atau Alfamart.
  3. Gerbang tol.
  4. Stasiun kereta commuter line.
  5. Vending machine yang menjual e-Money.
  6. Merchant–merchant online atau online marketplace.

Bila ingin mendapatkan kartu Flazz BCA, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp25.000 untuk Flazz Reguler atau Rp50.000 untul Flazz Edisi Khusus.

Tempat dan Cara Top Up Kartu Flazz BCA

Isi ulang (top up) saldo kartu Flazz bisa dilakukan dalam beberapa cara dan di beberapa tempat. Bagaimana caranya dan di mana aja tempatnya?

Top Up Buat Pemilik Paspor BCA

Dengan cara ini, Anda bisa lakukan top up di:

  1. Kantor cabang BCA.
  2. ATM BCA.
  3. Top Up Center Flazz
  4. Mesin EDC.
  5. Merchant berlogo Top Up Flazz, seperti Alfa Express, Alfamart, Alfa Midi, Circle K, Es Teler 77, Indomaret, Lawson, Solaria, Superindo, Toko Buku Gramedia, dan lain-lain.

Top Up dengan Uang Tunai

Beberapa tempat yang menerima pembayaran tunai:

  1. Alfa Express.
  2. Alfamart.
  3. Alfa Midi.
  4. Es Teler 77.
  5. Lawson.
  6. Toko Buku Gramedia.

Cara Top Up di EDC BCA

  1. Pilih menu Flazz lalu pilih menu Top Up.
  2. Gesek kartu Paspor BCA di mesin EDC dan tekan “Enter”.
  3. Masukkan nominal top up dan tekan “Enter”.
  4. Lalu, masukkan PIN kartu Paspor BCA dan tekan “Enter”.
  5. Setelahnya, masukkan Flazz ke mesin EDC.
  6. Transaksi berhasil kalau struk keluar.

Cara Top Up di mesin ATM BCA

  1. Masukkan kartu Paspor BCA ke mesin ATM.
  2. Masukkan PIN.
  3. Pilih menu Flazz dan tekan Top Up.
  4. Masukkan besaran nominal top up dan tekan “Benar”.
  5. Tarik kartu Paspor BCA dan masukkan kartu Flazz ke mesin ATM.
  6. Saldo awal dan besaran top up ditampilkan kemudian tekan “Benar”.
  7. Masukkan PIN.
  8. Transaksi berhasil kalau struk keluar.

Cara Cek Saldo Kartu Flazz BCA

Sama sepeti top up, cek saldo Flazz bisa dilakukan dalam beberapa cara, yaitu:

Cek saldo kartu Flazz di EDC BCA

  1. Letakkan kartu Flazz ke reader.
  2. Nantinya saldo secara otomatis bakal ditampilkan.

Cek saldo kartu Flazz di ATM BCA

  1. Masukkan kartu Flazz ke mesin ATM.
  2. Nantinya layar mesin ATM menampilan saldo kartu Flazz yang tersisa.
  3. Tekan “Selesai” dan ambil kartu.

Cek saldo di BCA Mobile

  1. Aktifkan aplikasi Near Field Communication atau NFC di smartphone.
  2. Aktifkan BCA mobile.
  3. Pilih menu Info Saldo Flazz.
  4. Tempelkan kartu Flazz di belakang smartphone.
  5. Saldo Flazz bakal tampil di layar smartphone.

Kelemahan Menggunakan Kartu Flazz BCA

Setiap hal tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan Flazz. Selain memiliki kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kelemahan dari kartu satu ini. Apa saja? Ini dia!

Boros

Secara psikologi manusia akan lebih boros menggunakan uang elektronik seperti kartu Flazz BCA. Memiliki kartu ini membuat pengguna berpikir “gampang ada kartu” dan membeli apa saja meski tidak dibutuhkan. Membayar dengan kartu tidak akan terasa “berbelanja”, karena tidak ada bukti fisik pengeluaran, sedangkan uang tunai akan terlihat habis berapa saat berbelanja.

Mudah Hilang

Bentuk kartu Flazz BCA tipis dan kecil, mudah hilang atau jatuh tidak diletakkan di tempat yang benar. Selain itu, jika Anda memiliki beberapa kartu bisa membuat tertukar jika tidak dilihat dengan baik. Tidak ada keamanan di dalam uang elektronik ini, sekali jatuh dan hilang Anda harus siap merelakan saldo yang tersisa di dalam kartu tersebut. Tidak adanya keamanan membuat kartu mudah berpindah tangan.

Saldo Hangus

Bukan hanya ketika kartu hilang saja saldo akan hangus. Saat kartu Flazz BCA Anda rusak, secara otomatis saldo yang ada di dalam kartu tersebut hangus dan tidak bisa ditukar atau dipindahkan. Sangat disayangkan jika saldo di dalam kartu masih banyak. Penting meletakkan uang elektronik ditempat yang benar-benar aman, tidak mudah jatuh namun mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Respons Lambat

Penggunaan kartu Flazz BCA di tol biasanya membuat pengemudi geram. Jumlah saldo yang terpotong biasanya lebih besar hingga tiga kali. Bukan hanya itu saja, menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol biasanya tidak semua tol berfungsi. Di satu tol bisa namun di tol lain tidak bisa. Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih lambat dan membuang waktu.

Tidak Yakin

Kurangnya keamanan dan jaminan di dalam uang elektronik membuat banyak konsumen tidak yakin, terlebih lagi untuk konsumen yang suka berbelanja banyak. Memasukkan saldo dengan jumlah banyak akan sangat berisiko. Apalagi jika hilang atau jatuh, karena uang tersebut tidak akan kembali. Hal ini yang membuat banyak orang enggan menggunakan uang elektronik.

Saldo Hilang

Bukan hanya ketika rusak dan hilang saja saldo hangus. Terkadang tanpa sebab pasti saldo di kartu Flazz BCA hilang, padahal tidak digunakan untuk apa-apa. Banyak konsumen yang mengeluh akan hal ini. Terlebih lagi tidak ada jaminan dan keamanan yang dimiliki uang elektronik, membuat konsumen berpikir dua kali untuk menggunakan uang elektronik.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Pembatasan

Setiap uang elektronik memiliki pembatasan transaksi begitu juga dengan kartu Flazz BCA. Sering kali, kita harus dihadapkan dengan keadaan mendadak yang membutuhkan banyak uang. Dengan uang elektronik tidak bisa menjadi solusi, karena terdapat batas maksimum transaksi dalam satu hari. Jika ingin bertransaksi lagi harus menunggu hari esok.

Ribet

Indonesia terkenal dengan orang yang suka instan, penggunaan uang elektronik dianggap ribet dalam pengurusan maupun dalam memasukkan uang. Sedangkan pembayaran tunai hanya tinggal ambil uang dan bayar. Selain itu banyak toko yang tidak menggunakan sistem uang elektronik dan masih menggunakan pembayaran manual.

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan kartu Flazz BCA di atas, tentu Anda akan lebih bijak dalam menggunakan kartu satu ini dalam bertransaksi.

Comments are closed.