Kegiatan Ekonomi, Definisi dan Beragam Contohnya

All About Money

Kegiatan ekonomi menjadi dasar aktivitas manusia sehari-hari. Akivitas ekonomi adalah alasan yang mendorong manusia untuk bekerja dan memiliki pendapatan.

Kegiatan ekonomi merupakan istilah yang sering dikaitkan dengan sebuah aktivitas perdagangan yang melibatkan pemilih usaha yang menjalankan bisnis. Padahal pengertian kegiatan ekonomi sebenarnya lebih luas dari ini. Bahkan aktivitas kita sehari-hari misalnya belanja ke toko kelontong saja ini sudah merupakan sebuah kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas membuat, menyediakan, membeli, atau menjual barang atau jasa. Setiap tindakan yang melibatkan proses produksi, mendistribusikan, atau mengonsumsi produk atau layanan adalah kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi ada di semua tingkatan dalam masyarakat.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Seputar Ekonomi Syariah

Selain itu, setiap kegiatan yang melibatkan uang atau pertukaran produk atau layanan adalah kegiatan ekonomi. Karyawan yang bekerja di pabrik dan menerima upah juga termasuk dalam kegiatan ekonomi. Anda yang membeli asuransi jiwa juga terhitung sedang melakukan kegiatan ekonomi, karena menukar uang dalam hal ini premi dengan perlindung atau jasa yang diberikan oleh pihak asuransi.

Definisi Kegiatan Ekonomi

Ada banyak cara untuk mendefinisikan istilah tersebut. Departemen Ekonomi Universitas Toronto menjelaskan bahwa kegiatan ekonomi adalah proses di mana stok sumber daya atau stok modal menghasilkan aliran output barang dan jasa yang digunakan orang dalam kepuasan parsial dari keinginan tak terbatas mereka. Proses ini tidak hanya melibatkan produksi barang dan jasa tetapi juga distribusinya di antara berbagai anggota masyarakat.

Jika penjelasan Universitas Toronto terlalu rumit, mungkin Anda lebih suka definisi Kamus Cambridge yang lebih sederhana, yaitu kegiatan ekonomi adalah aktivitas memproduksi, membeli, atau menjual produk atau layanan.

Definisi Kegiatan Ekonomi

Salah satu tujuan utama kegiatan ekonomi adalah menghasilkan barang dan jasa untuk membuatnya tersedia bagi konsumen. Semua kegiatan yang melibatkan imbalan uang atau hal-hal yang bernilai termasuk dalam aktivitas ekonomi. Sederhananya kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan, uang, atau kekayaan.

Dengan adanya aktivitas ekonomoi pihak yang terlibat mendapatkan kepuasan terbesar dari keinginan tanpa batas dengan sarana yang terbatas dan terbatas. Keinginan yang tidak terbatas adalah istilah ekonomi. Ini mengacu pada selera manusia yang tak pernah puas akan berbagai hal. Manusia tidak pernah mendapatkan kata cukup karena selalu ada hal lain yang kita inginkan atau butuhkan.

Namun, meski memiliki keinginan yang tidak terbatas, sumber daya yang bumi miliki terbatas. Dengan kata lain, hal-hal yang kita inginkan seringkali langka. Jika disimpulkan ada dua kelangkaan yang sering mendera manusia yakni sumber daya terbatas dan keinginan tak terbatas.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Mengacu pada definisi kegiatan ekonomi maka jenis jenis kegiatan ekonomi terbagi dalam tiga, yakni kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Berikut penjelasannya.

Produksi

Kegiatan menghasilkan dan menambah nilai guna barang atau jasa dengan tujuan pemenuhan kebutuhan hidup manusia akan suatu barang. Produk yang ibuat beragam mulai dari barang mentah, barang setengah jadi, dan barang siap guna atau konsumsi.

Salah satu contoh kegiatan produksi adalah pabrik elektronik. Dari membuat bahan material, penyusunan material hingga menjadi sebuah peralatan elektronik seperti televisi atau mesin cuci yang dipasarkan dalam berbagai merek.

Konsumsi

Kegiatan mengurangi, memakai, atau menghabiskan suatu nilai guna sebuah barang. Individu yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Contoh kegiatan konsumsi adalah ketika Anda membeli makanan di warung makan untuk memenuhi kebutuhan pangan harian. Proses ketika Anda membeli disebut dengan kegiatan konsumsi.

Baca juga: Pelajari Cara Menghitung Penyusutan Aset Agar Bisnis Lancar

Distribusi

Sementara distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Fase ini penting dalam membantu tersalurnya produk dari produsen ke tangan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Contoh Kegiatan Ekonomi

Berbicara mengenai contoh kegiatan ekonomi ini sangat luas. Secara global kegiatan ekonomi terbagai dalam 5 sektor, berikut pemaparannya:

Sektor Primer

Sektor utama ekonomi mengekstraksi atau memanen produk dari bumi seperti bahan baku dan makanan pokok. Kegiatan yang terkait dengan kegiatan ekonomi utama meliputi pertanian (subsisten dan komersial), pertambangan, kehutanan, penggembalaan, berburu dan meramu, memancing, dan penggalian. Pengemasan dan pemrosesan bahan baku juga dianggap sebagai bagian dari sektor ini.

Sektor Sekunder

Sektor sekunder ekonomi menghasilkan barang jadi dari bahan mentah yang diekstraksi oleh ekonomi primer. Semua pekerjaan manufaktur, pemrosesan, dan konstruksi berada dalam sektor ini. Kegiatan yang terkait dengan sektor sekunder meliputi pengerjaan logam dan peleburan, produksi mobil, produksi tekstil, industri kimia dan teknik, manufaktur ruang angkasa, utilitas energi, tempat pembuatan bir dan pembotolan, konstruksi, dan pembuatan kapal.

Sektor Tersier

Sektor tersier ekonomi juga dikenal sebagai industri jasa. Sektor ini menjual barang yang diproduksi oleh sektor sekunder dan menyediakan layanan komersial untuk populasi umum dan bisnis di kelima sektor ekonomi.

Kegiatan yang terkait dengan sektor ini meliputi penjualan eceran dan grosir, transportasi dan distribusi, restoran, layanan administrasi, media, pariwisata, asuransi, perbankan, perawatan kesehatan, dan hukum. Di sebagian besar negara maju dan berkembang, proporsi pekerja yang semakin meningkat dikhususkan untuk sektor tersier.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Sektor Kuarter

Meskipun banyak model, ekonomi menjadi hanya tiga sektor, yang lain membaginya menjadi empat atau bahkan lima. Kedua sektor ini terkait erat dengan layanan sektor tersier. Sektor ekonomi keempat, sektor kuaterner, terdiri dari aktivitas intelektual yang sering dikaitkan dengan inovasi teknologi.

Kegiatan yang terkait dengan sektor ini meliputi pemerintah, budaya, perpustakaan, penelitian ilmiah, pendidikan, dan teknologi informasi. Layanan dan aktivitas intelektual inilah yang mendorong kemajuan teknologi, yang dapat memiliki dampak besar pada pertumbuhan ekonomi jangka pendek dan jangka panjang.

Sektor Quinary

Beberapa ekonom lebih lanjut mempersempit sektor kuartener menjadi sektor quinary, yang mencakup tingkat pengambilan keputusan tertinggi dalam masyarakat atau ekonomi. Sektor ini mencakup eksekutif puncak atau pejabat di bidang-bidang seperti pemerintah, ilmu pengetahuan, universitas, organisasi nirlaba, perawatan kesehatan, budaya, dan media. Ini juga dapat mencakup kepolisian dan pemadam kebakaran, yang merupakan layanan publik yang bertentangan dengan perusahaan nirlaba.

Baca juga: Ketahui Jenis dan Fungsi Asuransi di Indonesia

Ekonom kadang-kadang juga memasukkan kegiatan domestik (tugas yang dilakukan di rumah oleh anggota keluarga atau tanggungan) di sektor kuliner. Kegiatan-kegiatan ini, seperti penitipan anak atau tata graha, biasanya tidak diukur dengan jumlah uang tetapi berkontribusi pada ekonomi dengan memberikan layanan gratis yang seharusnya dibayar.

Itulah contoh lengkap kegiatan ekonomi diberbagai sektor. Sejatinya selama manusia hidup dan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya disitulah kegiatan ekonomi berlangsung.

Comments are closed.