Kenali Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

All About Money


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Merencanakan masa depan si Kecil, harus dimulai sejak sekarang. Kedua produk ini mana yang harus dipilih asuransi pendidikan atau asuransi pendidikan.

Demi mempersiapkan masa depan anak, ada baiknya dimulai sejak dini. Biaya pendidikan yang setiap tahunya semakin mahal, harus ada langkah jitu bagi Anda para orangtua. Untuk merencanakan masa depannya, di Indonesia sendiri ada dua jenis produk yang ditawarkan, yakni tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Kedua produk ini sama-sama memberikan perlindungan bagi masa depan pendidikan anak, tapi ada perbedaan dan terdapat risiko yang berbeda di antara keduanya.

Asuransi Pendidikan

Biasanya banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi, dengan premi dilakukan dalam jangka yang panjang, bisa sampai belasan tahun. Ini terkait dengan dana yang diberikan biasanya sesuai periode tertentu, saat masuk SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. (Baca juga: Proses dan Cara Membuat SKCK Tahun 2018)

Ada manfaat proteksi seandainya pemegang polis meninggal dunia di mana besaran uang pertanggungannya biasanya sesuai kesepakatan dengan perusahaan asuransi.

Tabungan Pendidikan

Biasanya sering ditawarkan oleh perbankan, yang memiliki salah satu program untuk dana pendidikan. Tabungan pendidikan berjangka adalah 2-5 tahun, meski tidak menutup kemungkinan lebih panjang periodenya. Biasanya dananya bisa diambil kapan saja karena sifat tabungan pendidikan yang berupa tabungan.

Tabungan pendidikan manfaatnya sangat tergantung pada keaktifan si penabung. Jika penabung meninggal, maka uang yang terkumpul juga akan berhenti pertambahannya (kecuali dari nilai bunga atau bagi hasil dari tabungan sebelumnya).

Pada dasarnya, kedua produk tersebut bisa dikatakan hampir sama manfaatnya. Namun tentu semua bergantung pada produk yang ditawarkan masing-masing perusahaan. (Baca juga: Cek Saldo BPJS Lebih Mudah dan Praktis Sekarang)

Fasilitas yang Didapat Dari Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Setelah Anda mengetahui, membandingkan dari masing-masing produk tersebut. Sebaiknya Anda juga mempertimbangkan fasilitas yang diberikan dari asuransi dan tabungan pendidikan tersebut. Dengan mengetahui fasilitas atau fitur yang terdapat pada kedua produk tersebut, diharapkan Anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

Berikut adalah fasilitas atau fitur yang terdapat pada kedua produk

Fasilitas Tabungan Pendidikan

  • Tabungan pendidikan bisa dikatakan sangat cocok pada tabungan pendidikan jangka pendek, seperti pada umumnya 2-5 tahun saja.
  • Tabungan pendidikan karena sifatnya adalah tabungan maka tidak memiliki bunga yang besar.
  • Meskipun produk tabungan, tetap saja ada kombinasi manfaat dari asuransi yaitu asuransi jiwa.
  • Tetapi tidak termasuk pada asuransi kesehatan, hal ini apabila tertanggung meninggal dunia.
  • Ahli waris mendapatkan dana sebesar nominal yang telah tercantum dalam kontrak, hal ini pun dapat melindungi dan mengantisipasi adanya pemberhentian setoran rutin yang disetorkan oleh tertanggung.
  • Bunga yang diberikan biasanya kisaran tiga hingga enam persen.

Fasilitas Asuransi Pendidikan

  • Dapat dijadikan sebagai tabungan jangka panjang, dan umumnya jangka waktu yang diberikan berkisaran 10 tahun.
  • Asuransi pendidikan memiliki banyak manfaat proteksi, seperti asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan. Jadi apabila tertanggung mengalami kondisi kesahatan buruk, maka biaya pengobatan dan rawat inap ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  • Asuransi pendidikan marupakan sebagian dari investasi, maka bunga yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Besaran dari bunga yang diberikan, berkisar 15-23 persen per tahunnya.

Comments are closed.