Kenali SSE Pajak Agar Bayar Lebih Praktis

All About Money

Sekarang bayar pajak semakin mudah dengan SSE Pajak atau Surat Setoran Elektronik Pajak. Ini merupakan sebuah sistem pembayaran pajak elektronik dari Direktorat Jendral Pajak.

Direktorat Jendral Pajak atau DJP sejak tangal 1 Juli 2016, telah menetapkan pembayaran pajak melalui SSE Pajak yang merupakan sistem pembayaran pajak elektronik yang diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jendral Pajak untuk menerapkan sistem pembayaran. Untuk mempermudah aksesnya, Direktorat Jendral Pajak menyediakan kanal yang dinamakan sse.pajak.go.id untuk penerbitan ID Billing.

Sekilas Tentang SSE Pajak

Surat Setoran Elektronik pajak ini untuk menerbitkan kode billing pajak, yang akan disebarkan secara acak untuk berbagai Kode Akun Pajak (KAP) dan juga Kode Jenis Setoran (KJS). Ini sering digunakan untuk pembayaran pajak online. Jadi, sekarang Anda tidak perlu repot lagi ke bank untuk membayar pajak. Anda bisa melakukan pembayaran pajak online melalui ATM atau internet dengan sistem setor pajak one click one pay.

Baca juga: Cara Lapor Pajak Online SPT dengan E-Filling

Apa Saja Alamat URL untuk Akses SSE Pajak?

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, Direktorat Jendral Pajak telah menyediakan aplikasi untuk pembuatan kode id billing. Anda bisa mengaksesnya di alamat URL, sebagai berikut:

1. http://sse.pajak.go.id, menyediakan aplikasi surat setoran elektronik pajak (e-Billing) Versi pertama, yang akan dijelaskan pada artikel ini
2. sse2.pajak.go.id, menyediakan sistem pembayaran pajak e-Billing Versi 2 yang terintegrasi dengan aplikasi DJP online
3. sse3.pajak.go.id, menyediakan sistem pembayaran pajak e-Billing Versi 3 atau terbaru.

Berdasarkan penjelasan dari DJP ketiga alamat URL di atas ini, bisa Anda gunakan untuk membuat kode ID Billing pembayaran pajak. Ada dua fitur pada sistem ini di mana versi 2 dan 3 Anda bisa membuat kode ID Billing bagi NPWP pihak lain, dan juga bagi yang tanpa NPWP.

login sse pajak

Keunggulan fitur ini sangat diperlukan sekali bagi para bendahara dan pihak pemungut pajak. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk keperluan pembayaran pajak atas nama pribadi. Anda juga bebas memilih aplikasi mana yang sesuai dengan keinginan Anda. Bagi para bendarahara dan pihak pemungut pajak aplikasi ini juga sangat diperlukan sekali.

Untuk bisa mengkases aplikasi SSE Pajak versi 2, Anda wajib memiliki nomor E-FIN Pajak. Anda bisa memperolehnya melalui Kantor Pelayanan Pajak dimana NPWP Anda telah terdaftar. Jika Anda telah selesai membuat Akun versi 1, Anda bisa menggunakan nomor PIN untuk bisa login dan membuat kode ID Biling Versi 3.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu Pemeriksaan Pajak?

Manfaat Membuat ID Billing

Praktis dan Mudah

Layanan ini membuat Anda sebagai wajib pajak tidak perlu lagi untuk melakukan pembaran ke bank lalu mengambil nomor urut antrean dengan proses yang lama. Dengan layanan tersebut, Anda bisa menghemat waktu dan ongkos untuk pergi-pergi ke bank dan tentunya praktis. Cukup melalui ponsel dengan internet banking atau melalui ATM yang ada di mana saja. Jadi Anda bisa bayar kapan saja dan di mana saja, cukup membawa ID Billing tersebut  ke ATM sebagai kode pembayaran pajak di mesin ATM atau internet banking.

sse pajak e billing

Menghemat Waktu

Anda juga bisa menghemat waktu untuk transaksi pembayaran, hanya dalam hitungan menit saja di mana pun Anda berada. Bayangkan saja jika Anda memilih teller bank atau kantor pajak sebagai sarana pembayaran, Anda tidak perlu menunggu lama teller memasukan data pembayaran pajak. ID Billing yang Anda miliki akan memunculkan semua datanya dan semakin memudahkan teller untuk mendapatkan data pembayaran berdasarkan data yang telah dimasukan sebelumnya. Untuk proses pembayaran pajak Anda bisa dilakukan tanpa harus menunggu jam operasional bank. Anda bisa melalui internet bangking atau ATM.

Sistem Lebih Akurat Meminimalisir Kesalahan

Dengan adanya sistem pembayaran pajak ini bisa membantu Anda untuk menghindari kesalahan yang sering dan bisa saja terjadi. Saat Anda memasukan kode akun pajak atau kode setoran, karena sistem akan membimbing Anda dalam pengisian dengan tepat sesuai transaksi perpajakan milik Anda. Jika ada kesalahan input data yang biasa terjadi di teller dapat terminimalisir karena data yang akan muncul pada Iayar adalah data yang telah dimasukkan sendiri.

Jenis Pajak yang Bisa Dibayar

  • Pajak Penghasilan: PPh 21, PPh 22, PPh 23, PPh 25, PPh 26, PPh Final, PPh Fiskal, PPh Non Migas Lainnya
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Dalam Negeri, PPN Import
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Legalitas

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 242/PMK.03/2014 untuk bukti slip atas pembayaran pajak melalui aplikasi pajak online dan Wajib Pajak akan menerima Bukti Penerimaan Negara (PBN), di mana kedudukannya sama dengan Surat Setoran Pajak.

Hal ini akan mempermudah proses pembayaran pajak dengan akses internet. Jadi, sebagai Warga Negara Indonesia yang taat bayar pajak bisa segara menyelesaikan seluruh kewajiban perpajakan Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mendatangi KPP, ini untuk akses agar bisa dilakukan di mana saja non-stop 24 jam sehari.

Apakah Anda punya pengalaman pribadi membayar pajak dengan SSE Pajak? Bagaimana proses membayar pajak dengan layanan tersebut yang Anda rasakan? Adakah kendala yang terjadi selama ini? Yukshare pada kami sebagai bahan masukan untuk pengetahuan dan bisa berbagi dengan kerabat juga orang-orang terdekat atau rekan kerja!

Comments are closed.