Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

All About Money

Ada beberapa kesalahan yang kerap sekali menjadi biang keladi dalam mengatur keuangan keluarga. Supaya keuangan Anda dan keluarga tidak terus minus, hindari hal-hal berikut ini!

Mengatur keuangan keluarga kerap kali menjadi permasalahan bagi beberapa keluarga di Indonesia. Penghasilan yang dihasilkan oleh suami istri seringkali tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarga dalam satu bulan. Padahal penghasilannya sudah cukup besar, tetapi tetap saja tidak cukup. Berarti ada yang salah saat mengatur keuangan keluarga tersebut.

Kesalahan terbesar saat mengatur keuangan keluarga adalah menggunakan cara yang kurang tepat dalam mengatur pemasukan dan juga pengeluaran. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa kaget jika mengalami hal ini. Nah, untuk lebih jelas lagi, mungkin hal-hal ini masuk dalam kesalahan terbesar dalam mengatur keuangan keluarga Anda.

Baca Juga: 8 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga

Kurangnya Diskusi Bersama dengan Pasangan

Biasanya wanita akan lebih dominan perannya dalam mengatur keuangan keluarga. Tetapi diskusi dengan suami tentunya bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Hal ini malah lebih baik dan lebih bijaksana untuk dilakukan. Suami tentunya juga berhak untuk dapat mengetahui bagaimana pengeluaran keluarga dalam satu bulan. Ada baiknya juga untuk mendiskusikan berbagai masalah keuangan keluarga dengan suami. Selain itu, dengan berdiskusi akan menghilangkan prasangka buruk yang nantinya akan mengakibatkan pertengkaran.

Terlalu Sering Berlibur atau Pergi ke Luar Rumah Saat Weekend Datang

Biasanya akhir pekan dipakai untuk bertamasya, tetapi hal ini tentunya tidak baik untuk dilakukan secara terus menerus karena hal tersebut dapat membuat bengkaknya pengeluaran keluarga. Ketika akhir pekan datang tidak salahnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah dengan berbagai rutinitas, misalnya membersihkan rumah atau hanya untuk ngobrol bersama.

Kebutuhan Anak yang Di Luar Kendali

Biasanya kebahagiaan anak tentunya menjadi hal yang utama bagi setiap orangtua. Alasan ingin membuat anak bahagia, terkadang orangtua menjadi terlalu berlebihan dalam memberikan segala sesuatu untuk anak. Hal ini tentunya akan sangat tidak baik bagi perkembangan anak sendiri dan juga tentunya akan berefek buruk bagi pengeluaran keluarga. Sebagai orangtua yang baik sebaiknya tidak terlalu memanjakan anak. Belilah yang memang diperlukan oleh anak.

Baca Juga: Solusi Cepat Atasi Sumber Masalah Keuangan Keluarga

Selain masalah-masalah yang menjadi sumber kesalahan dalam pengaturan keuangan keluarga, berikut ini juga ada beberapa tip yang bisa Anda dan pasangan coba dalam mengelola keuangan keluarga.

Pahami Segala Aspek Keuangan

Pertama-tama dalam mengatur keuangan keluarga, kedua belah pihak baik dari suami dan istri harus mengetahui seberapa banyak biaya pengeluaran setiap bulan maupun setiap tahun. Aspek-aspek keuangan tersebut meliputi gaji total istri maupun suami, tagihan-tagihan, pinjaman, maupun cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Kedua belah pihak harus mengetahui berapa tagihan seperti tagihan telepon, listrik, hingga utang dan cicilan yang harus dibayarkan juga harus diketahui oleh masing-masing.

Hindari Pengeluaran yang Lebih Besar dari Pendapatan

Hal yang harus dihindari untuk mengatur keuangan keluarga, yaitu besarnya pengeluaran dari pada pendapatan. Contoh yang biasa ditemui adalah dimulai dari kebiasaan berbelanja istri maupun suami. Usahakan untuk membeli kebutuhan yang lebih penting dari pada kebutuhan yang diingikan. Hal ini untuk menghindari uang yang terbuang percuma untuk membeli barang yang belum saatnya dibutuhkan.

Tabungan dan Dana Cadangan

Dalam setiap perencanaan keuangan ada hal yang harus diperhatikan, yaitu dengan menyisihkan beberapa uang dari gaji untuk ditabung atau disimpan sebagai dana cadangan. Dalam perencanaan keuangan ada beberapa hal-hal tak terduga terjadi seperti sakit, kecelakaan maupun hal lainnya yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang lebih. Adanya uang cadangan dan tabungan, keuangan rumah tangga Anda masih bisa selamat.

Daripada nanti gaji habis untuk biaya rumah sakit, dan harus utang sana-sini untuk melunasi biaya rumah sakit mending lindungi diri Anda dan masa depan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan. Cek lalu bandingkan sendiri asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com

mengatur keuangan keluarga

Leave a Reply