KlikBCA, Memudahkan Anda Bertransaksi!

All About Money

Hanya dengan KlikBCA, Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi dengan aman, kapan saja dan di mana saja selama 24 jam non-stop. Sudah coba?

Anda para nasabah Bank BCA, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan klikBCA. Internet Banking BCA merupakan sebuah layanan yang memberikan kemudahan untuk segala akses transaksi nasabah. Layanan ini ditandai dengan adanya token BCA dan hanya bisa diakses melalui internet. Jadi, jika Anda menggunakan layanan ini, pasti Anda memiliki key BCA atau token BCA sebagai alat untuk melakukan transaksi.

Layanan klik BCA bisa digunakan untuk transaksi perbankan individual maupun perusahaan. Namun, seperti yang sudah dijelaskan, bahwa fitur ini merupakan layanan internet banking KlikBCA untuk memudahkan segala transaksi perbankan sehingga Anda bisa melakukan transaksi di mana saja tanpa harus menggunakan mesin ATM atau mengunjungi kantor cabang BCA. Contohnya, transfer uang baik sesama bank BCA atau bank lain, transfer Rupiah ke Valas, pembayaran iuran BPJS, hingga pembelian pulsa pun bisa dilakukan di layanan ini. Tidak hanya sampai di situ saja, layanan yang berbasis online ini juga dapat diakses 24 jam, jadi kapan pun Anda ingin melakukan transaksi tidak perlu mencari mesin ATM atau ke bank. Sangat simpel bukan?

Namun, sayangnya layanan ini masih belum semua nasabah BCA bisa memilikinya. Padahal untuk mendaftarkan diri ke layanan ini sangatlah mudah. Nah, untuk Anda yang berminat memiliki akun Internet Banking dari Bank BCA, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan. Catat ya!

Baca juga: Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia

Cara Mendaftar Klik BCA

Bagi Anda yang ingin memiliki akun layanan ini, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pilih. Disimak ya!

Melalui Kantor Cabang BCA

Untuk memilikinya, Anda bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat dan dibantu oleh customer service. Cara ini terbilang cukup paling sering dipilh karena Anda hanya datang ke kantor cabang BCA tanpa perlu melakukan apa pun. Namun, perlu diingat ya, untuk mendaftarkan akun layanan ini, Anda sebelumnya harus memiliki nomor rekening BCA. Setelah rekening dibuat, barulah Anda bisa mendaftarkan akun.

Melalui ATM

Selain di kantor cabang BCA, membuat akun tersebut juga bisa digunakan melalui mesin ATM. Langkah pertama yang harus Anda dipastikan yaitu, rekening BCA Anda masih dalam keadaan aktif. Kemudian, barulah Anda memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM seperti ini bertransaksi pada umumnya. Jika sudah muncul tampulan awal setelah masukkan PIN ATM, Anda pilih ‘Daftar Auto debet’ pada halaman utama layar, kemudian pilih ‘Internet Banking’ dan masukkan kembali PIN ATM Anda. Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan struk berisi USER ID yang kemudian digunakan untuk aktivasi di website klikbca.com.

Sebenarnya, kedua cara di atas sangatlah mudah. Semua pilihan berada di tangan Anda sendiri, apakah ingin mendaftarnya dibantu oleh customer service BCA atau melakukan sendiri di ATM BCA.

Fungsi Internet Banking BCA

internet banking klikbca

Bagi Anda yang masih belum paham, apa saja kegunaan dan fasilitas dari layanan ini, berikut beberapa ulasan lengkap yang perlu Anda ketahui:

Menerima dan Mengirim Uang

Hanya dengan menggunakan fasilitas tersebut, Anda bisa mengirim dan menerima uang dari bank mana saja, secara mudah, cepat, aman, dan yang penting tanpa harus mencari ATM BCA.

Baca juga: Mengenal Lengkap Payment Gateway di Indonesia

Layanan Administratif

Melalui layanan ini Anda juga bisa melakukan aktivasi apa pun yang bersifat administratif, contohnya aktivasi kartu kredit, melihat mutual rekening, ganti PIN, cicilan kartu kredit, dan masih banyak. Hanya dengan layanan tersebut, apa pun kebutuhan Anda bisa terselesaikan dengan mudah.

Membayar Tagihan Belanja Online

Ada layanan khusus pembayara e-commerce yang sangat memudahkan nasabah BCA untuk bertransaksi di situs belanja online. BCA sudah bekerja sama dengan beberapa e-commerce Indonesia sehingga Anda tidak perlu mengujungi partnership dari e-commerce tersebut untuk membayar tagihan belanja Anda karena semuanya bisa Anda lakukan.

Setelah Anda tahu apa saja fungsi dari layanan online BCA ini, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas kelebihan dan juga kekurangannya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan Internet Banking BCA.

Kelebihan 

Transaksi Lebih Aman

klikbca individual

Kelebihan yang Anda dapatkan dari bertransaksi menggunakan layanan ini yang pasti adalah keamanan dan juga terpercaya. Mengapa demikan? Sebab, sebelum Anda melakukan transaksi apa pun, harus memasukkan password yang pastinya hanya Anda saja yang tahu. Selain itu, yang lebih aman lagi karena adanya key BCA sebagai alat untuk transaksi. Jadi, jika tidak ada key BCA, transaksi Anda tidak dapat dilakukan.

Fitur yang Ditayangkan Seperti di ATM

Layanan dari KlikBCA ini sama saja seperti ATM. Hampir semua fitur yang ada di ATM, bisa Anda dapatkan di layanan ini. Contohnya, seperti transfer, cek saldo, hingga pembayaran belanja online bisa dilakukan di sini. Bukan hanya itu, dalam keadaan darurat pun, Anda sangat bisa melakukan transaksi tanpa harus ke mesin ATM atau bank BCA terdekat. Sangat membantu bukan?

Bisa Dilakukan di Mana Saja

Untuk poin ini mungkin sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kelebihannya adalah kemudahan Anda untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja selama 24 jam non-stop. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak bisa transfer dan juga melakukan transaksi lain karena lokasi ATM ataupun kantor cabang yang jauh.

Dapat Diakses Lewat Smartphone

Selain menggunakan laptop atau komputer, Anda bisa akses juga melalui smartphone hanya dengan mengakses www.klikbca.co.id. Tapi, pastikan smartphone Anda memiliki jaringan internet ya.

Baca juga: Internet Banking Mandiri: Hanya 5 Menit Daftarnya!

Kekurangan

Tidak Dapat Melakukan Tarik tunai

Kekurangan dari layanan ini yang pertama adalah tidak bisanya Anda untuk melakukan tarik tunai dan hal ini tentu sangat menyebalkan ketika Anda sangat membutuhkan uang tunai. Jadi, untuk melakukan tarik tunai, cara tercepatnya Anda harus tetap ke ATM BCA terdekat.

Incaran Peretas

Untuk urusan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Peretas masih mengincar data-data dari pemilik akun di situs perbankan atau dari situs toko online. Meskipun Anda pemilik akun klikBCA sudah dilengkapi dengan password dan key BCA, tetapi serangan peretas dan virus selalu menjadi ancaman. Oleh karena itu, Anda tetap harus hati-hati dan waspada dalam menggunakan layanan ini. Pastikan Anda mengetik nama situs dengan benar.

Comments are closed.