KPR atau Menabung?

Bagaimana mengatur keuangan yang baik agar saya bisa memiliki rumah? Apakah lebih baik saya mengikuti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau menabung untuk memiliki rumah? Terima kasih.

All About Money

Selamat pagi Ibu Prita,

Bagaimana mengatur keuangan yang baik agar saya bisa memiliki rumah? Apakah lebih baik saya mengikuti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau menabung untuk memiliki rumah? Terima kasih.
Ê
Salam,
Irma
Ê
Selamat pagi Mbak Irma,
Pembelian rumah adalah salah satu tujuan finansial utama dalam perencanaan keuangan seseorang. Oleh sebab itu, mengatur keuangan dengan cermat wajib untuk dilakukan. Langkah awal tentu saja Anda harus menentukan anggaran pembelian rumah dan kapan rumah ini akan dibeli. Setelah itu Anda dapat memilih dua opsi, yaitu membeli rumah dengan bantuan pinjaman atau membeli rumah secara tunai.
Ê
Jika Anda ingin membeli rumah secara tunai, maka evaluasi terlebih dahulu dari mana saja sumber dananya. Setiap bulan, Anda dapat mengatur keuangan dengan menyisihkan 30% dari penghasilan untuk tujuan finansial membeli rumah. Apabila harga rumah yang Anda targetkan adalah Rp250 juta dan ingin dibeli dalam 2 tahun, maka Anda harus menyisihkan dana kurang lebih Rp10 jutaan setiap bulannya. Nah, artinya penghasilan Anda setidaknya mencapai Rp30 juta per bulan. Apabila penghasilan belum sebesar itu, maka alternatif cara mengatur keuangan yang memungkinkan adalah dengan bantuan pinjaman KPR.
Ê
Sebelum mengambil fasilitas KPR, sebaiknya Anda mempertimbangkan dua hal. Pertama, berapa harga rumah yang mampu Anda beli? Indikatornya Anda memiliki paling tidak 20-30% dari harga beli untuk dijadikan uang muka. Untuk membeli rumah seharga Rp250 juta misalnya, maka uang muka yang idealnya disiapkan uang Rp75 juta di luar uang untuk biaya provisi, notaris, pajak serta administrasi. Dengan demikian, saldo utang kredit perumahan yang akan diambil adalah 175 juta.
Ê
Kedua, berapa jumlah cicilan KPR yang mampu Anda lakukan? Indikatornya Anda memiliki arus kas sebesar paling tidak 25% dari penghasilan rutin bulanan untuk minimal 5 tahun kedepan yang tidak digunakan untuk keperluan konsumsi rutin untuk hidup.
Ê
Bila kita memakai patokan tingkat suku bunga pinjaman yang berlaku saat ini, yaitu sekitar 10% p.a. dan tenor pinjaman 10 tahun, maka dengan uang muka sebesar itu, Anda harus membayar cicilan sekitar 2.4 juta setiap bulan. Pahami, bahwa jumlah cicilan akan naik seiring naiknya tingkat suku bunga.
Ê
Sebelum membeli rumah, saran saya Anda bersihkan dulu rekam jejak kredit yang mungkin dimiliki saat ini. Anda dapat mengatur keuangan dengan melunasi utang kartu kredit atau pinjaman lain bila ada, agar rapor kredit Anda baik. Sebelum memutuskan mengambil pinjaman, bandingkan ilustrasi pinjaman dari setidaknya 3 bank. Jangan ragu Untuk menegosiasikan suku bunga dan biayanya. Selain itu, cari pinjaman dengan suku bunga tetap dengan durasi terlama.
Ê
Anda juga dapat mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan KPR di artikel ini dan pertimbangan memilih KPR di artikel ini. Live a Beautiful Life!

Leave a Reply