5 Fintech Pinjaman Online di Indonesia Selain Kredit Pintar

All About MoneyLifestyle & Leisure

Sulit meminjam uang di bank? kini tak perlu khawatir sebab sudah banyak bermunculan fintech pinjaman online termasuk Kredit Pintar.

Selama ini, masyarakat mengandalkan bank untuk mencari pinjaman, namun proses di bank terkenal lama dan berbelit.  Kini banyak bermunculan banyak KTA Kilat dengan sejumlah fitur menarik dan cara pinjam yang mudah, misalnya Kredit Pintar.

Banyak memang masyarakat yang ingin meminjam uang namun ditolak oleh bank karena berbagai alasan, seperti jaminan, dokumen dan penghasilan. Salah satunya bank mensyaratkan orang memiliki riwayat kredit untuk bisa mengajukan pinjaman. Misalnya, ingin mengambil KTA, bank mewajibkan peminjam sudah punya kartu kredit.

Baca juga:  Marketplace Indonesia Terpopuler, Mana Pilihan Anda?

Kondisi ini tampaknya menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. sebab pasarnya yang sangat besar, bisnis pinjaman uang menjadi cepat sekali merambah di dunia peminjaman online. Muncullah alternatif pinjaman uang cepat dan mudah non bank. Mereka berbentuk FinTech, yaitu perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk menawarkan produk keuangan inovatif. Salah satu fintech pinjaman online yang sudah popular yaitu Kredit Pintar.

Kredit Pintar merupakan sebuah aplikasi pinjaman online yang diperuntukkan untuk Anda yang butuh dana cepat. Dengan Kredit Pintar, Anda bisa mendapatkan dana dengan mudah dengan hanya bermodalkan KTP dan ponsel. Isi data pribadi dan tunggu proses verifikasi kurang dari 24 jam, lalu dana akan langsung dicairkan ke rekening Anda. Melalui layanan tersebut, pengajuan pinjaman Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Pilih jenis pinjaman dengan tenor 3 bulan sesuai dengan kebutuhan Anda.

fintech selain kredit pintar

Nyatanya, keberadaan fintech dianggap cocok dengan pasar di Indonesia. Karena meskipun masyarakat belum punya akses keuangan, namun penetrasi kepemilikan dan penggunaan telpon selular sangat tinggi. Berikut beberapa pilihan fintech pinjaman online lain yang bisa Anda cek sebagai referensi meminjam online.

Beberapa Fintech Pinjaman Kilat Online Terdaftar OJK

Ini daftar 5 Finctech pinjaman online yang menawarkan KTA kilat non bank yang cepat dan mudah. Mereka ini masuk dalam daftar pinjaman online yang terdaftar di OJK 2018-2019, yaitu:

Taralite

Taralite pinjaman menawarkan pinjaman online dengan jaminan. Meskipun disebutkan menawarkan pula pinjaman tanpa jaminan, namun informasi di situs tidak jelas mengenai persyaratan pinjaman tanpa jaminan.

Jaminan yang diterima adalah kendaraan bermotor dalam bentuk bukti kepemilikan (BPKB) dan kepemilikan rumah. Jenis jaminan ini menentukan tingkat bunga yang dibebankan ke peminjam. Bunga pinjaman berkisar 1% flat per bulan untuk jaminan BPKB mobil dan Sertifikat Kepemilikan Rumah. Dan 2% flat per bulan untuk jaminan BPKB motor.

Jumlah pinjaman tergantung nilai jaminan, estimasi plafond peminjaman 70% – 80% dari nilai pasar jaminan. Tempo cicilan adalah 1 sampai 3 tahun dengan jaminan BPKB kendaraan dan hingga 5 tahun dengan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah.

Terjadi perubahan dalam Taralita pinjaman, yaitu pinjaman kilat Taralite sekarang hanya diberikan sebagai kredit usaha yang harus diajukan melalui merchant partner berikut ini:

  • Tokopedia. Program pinjaman merchant di Tokopedia dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; memiliki KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP.
  • Lazada. Merchant di Lazada dapat mengajukan pinjaman di Taralite dengan memasukan akun penjual Lazada dan isi formulir, dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; memiliki KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP dan punya rekening tabungan.
  • Doku. Merchant Doku dapat mengajukan pinjaman KTA kilat di Taralite untuk tujuan mengembangkan usaha, dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; memiliki KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP dan punya rekening tabungan.
  • Kerjasama dilakukan juga dengan Hacktiv8, Dekoruma, dan Jurnal. Proses pengajuan pinjaman dilakukan melalui situs masing – masing merchant.

Drrupiah

pinjaman kredit pintar

Drrupiah menawarkan pinjaman online tanpa jaminan untuk kebutuhan jangka pendek dalam jumlah kecil. Jumlah pinjaman sedikit lebih tinggi, yaitu Rp4 juta selama paling lama 30 hari.

Drrupiah ini menjanjikan proses yang kilat, cepat dan mudah. Pencairan bisa dilakukan di hari yang sama jika memiliki rekening Bank Mandiri. Namun, di luar rekening Mandiri tidak dijelaskan prosesnya berapa lama. Biaya layanan di drrupiah masih 1% sehari. Cukup tinggi bunganya sehingga dianjurkan untuk yang memang membutuhkan pinjaman cepat saja.

Baca juga: Situs Belanja Online Memudahkan Anda Berbelanja

Investree

Investree.id adalah tempat yang mempertemukan orang yang memiliki dana dan orang yang butuh dana. Ini adalah marketplace antara peminjam dan pemberi pinjaman. Salah satu P2P yang memberikan pinjaman usaha di mana bisa pinjam uang Rp10 juta tanpa jaminan.

Bahkan saat ini Investree sudah bisa memberikan pinjam uang Rp10 juta secara cepat atau bahkan pinjaman sebesar Rp50 juta, sampai maksimum Rp2 Miliar per nasabah sesuai ketentuan P2P.

Calon peminjam bisa mengajukan kredit secara online melalui situs Investree. Pinjaman dikategorikan untuk karyawan dan pengusaha. Semuanya pinjaman tanpa jaminan, namun, pihak Investree menetapkan sejumlah persyaratan.

Untuk karyawan, Investree memberikan pinjaman kepada mereka yang bekerja di perusahaan yang sudah kerjasama dengan Investree. Syaratnya, berdomisi di wilayah Jabodetabek dan minimum pendapatan Rp3,1 juta.

Untuk pinjaman usaha, Investree memberikan invoice financing (pembiayaan modal kerja dengan jaminan tagihan). Perusahaan harus memiliki hubungan bisnis dengan institusi besar, contohnya: perusahaan publik, perusahaan multinasional, BUMN, dan lembaga pemerintahan.

Pinjam

Pinjam.co.id menerapkan gadai secara online yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp200 ribu. Barang yang diterima sebagai jaminan wajib atas kepemilikan langsung, yaitu sepeda motor, mobil, laptop, handphone, tablet pc, kamera, dan perhiasan emas.

Jika terjadi masalah dari kepemilikan ganda atas barang jaminan maka peminjam yang akan bertanggung jawab secara penuh dan menyelesaikan hal tersebut hingga selesai. Tidak boleh menggadaikan barang yang bukan miliknya. Tarif dasar biaya pinjaman adalah 0,7% per minggu. Ditambah biaya asuransi dan biaya antar jemput barang.

Ada 3 langkah yang perlu dilakukan untuk bisa gadai di Pinjam, yaitu:

  • Pertama, calon peminjam mengisi secara online kategori barang jaminan dan keterangan lengkap. Hasilnya adalah taksiran online atas barang jaminan.
  • Kedua, calon peminjam memilih cara serah terima barang dengan fasilitas antar jemput barang, mengantar sendiri atau menemui penaksir. Setelah barang diterima, Pinjam memeriksa serta menilai barang serta memberikan penawaran.
  • Ketiga, jika setuju dengan penawaran dari Pinjam, konfirmasi pinjaman dikirimkan dan selanjutnya dana dicairkan melalui transfer Di dalam situs tidak dijelaskan berapa persen Pinjam akan memberikan pinjaman dari nilai barang.

Koinworks

pinjaman online kredit pintar

Koinworks.com menawarkan pinjaman usaha yang berjalan minimal 2 tahun dan berlokasi di Jabodetabek. Minimum pinjaman adalah Rp10 juta dengan Bunga 0.75% sampai 1.7% flat per bulan. Tingkat bunga ditentukan berdasarkan grading yang diberikan oleh Koinworks. Selain bunga, ada biaya – biaya lainnya yaitu biaya persetujuan Kredit sebesar 2% – 4%; Asuransi Jiwa sebesar 0.24% dan biaya administrasi sebesar Rp100 ribu.

Proses pengajuan kredit dilakukan dalam beberapa tahap. Ada 5 tahap yang perlu dilewati, yaitu:

  • Pertama, isi formulir secara online.
  • Kedua, jika memenuhi syarat, bunga disampaikan dan melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Ketiga, upload dokumen yang dipersyaratkan.
  • Keempat, setelah dokumen diverifikasi dan pinjaman disetujui, pinjaman akan diposting pada sistem Koinworks agar pendana memulai proses bidding.
  • Kelima, pencairan pinjaman, setelah pinjaman sudah didanai 100%, dana ditransfer ke rekening bank peminjam.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Fintech Lending di Indonesia

Anda tiba-tiba memiliki kebutuhan mendadak yang tak bisa ditunda? Maka beberapa fintech pinjaman online di atas bisa menjadi solusi untuk Anda. Mana dari fintech di atas yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Comments are closed.